3 Bacaan Zikir sebagai Doa untuk Kesehatan saat Hamil

Bacaan zikir ini bisa bermanfaat untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungan

1 Juni 2021

3 Bacaan Zikir sebagai Doa Kesehatan saat Hamil
Unsplash/cahiwak

Kehamilan menjadi anugerah terindah yang diberikan Allah SWT bagi seseorang setelah menikah. Meski menjadi sebuah kebahagiaan, ibu hamil juga akan mengalami beberapa perubahan baik pada tubuh maupun emosi.

Salah satu perubahan yang signifikan, yakni pada kaki karena harus menopang beban janin dalam kandungannya. Aktivitas yang dijalani sehari-hari pun akhirnya dilakukan berdua karena sudah ditemani si Kecil, walau masih di dalam perut.  

Islam memberikan petunjuk bagi ibu hamil agar rasa sakit yang dirasakan tidak menjadi keluhan, melainkan bisa diterima sebagai bentuk rasa syukur dengan membaca ayat Alquran setiap harinya.

Selain ayat Alquran yang dibacakan sebagai doa, ternyata Mama juga bisa melafalkan zikir sebagai doa ketika hamil

Nah, kali ini Popmama.comtelah merangkum beberapa bacaan dizikir sebagai doa ketika hamil. Cek yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Lafadz istighfar

1. Lafadz istighfar
Unsplash/withdashka

Istighfar adalah hadiah bagi umat Islam untuk mencari pengampunan. Inilah cara umat Islam untuk kembali kepada Allah SWT setiap kali membuat langkah yang keluar dari batasan yang telah ditetapkan. 

Salah satu manfaat membaca lafadz istighfar setiap hari yakni meredakan hati dari kekhawatiran. Ketika menjelang persalinan, mungkin sebagian ibu hamil merasa khawatir dengan proses persalinan yang nantinya akan dilakukan. Dengan membaca lafadz istighfar hati Mama akan jauh lebih tenang.

Berikut lafadz istighfar yang perlu dibaca sebanyak tiga kali setiap harinya:

"Astaghfirullaahal ‘adziim"

2. Lafadz tasbih

2. Lafadz tasbih
Unsplash/zuizuii

Salah satu fenomena yang tertulis dalam Alquran adalah seluruh jagat raya telah bertasbih kepada Allah SWT sejak diciptakan hingga hari akhir nanti. Bertasbih kepada Allah SWT menjadi fitrah seluruh makhluk, di mana semua makhluk diciptakan dengan naluri bertasbih untuk menyucikan Sang Pencipta.

Banyak manfaat yang akan didapatkan ketika ibu hamil rutin membaca lafadz tasbih, salah satunya adalah membuat hati gembira dan tenang. Keadaan emosi ibu hamil sangat berpengaruh terhadap janin di dalam kandungan, misal saat ibu hamil merasa senang janin juga akan merasakannya.

Lafadz bacaan tasbih ternyata juga bermanfaat sebagai doa kepada Allah SWT yang berfirman dalam QS. Al Anbiya' ayat 87-88:

"Dan (ingatlah kisah) Żun Nūn (Yūnus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka ia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap: "Tidak ada tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sungguh aku termasuk orang-orang yang zalim." Maka Kami kabulkan (doa)nya dan Kami selamatkan dia dari kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman."

Lafadz tasbih perlu dibaca sebanyak 33 kali, yakni:

“Subhaanallaah”

3. Lafadz zikir

3. Lafadz zikir
Unsplash/freestocks

Setiap umat Islam yang membaca zikir setiap harinya, tentu akan mendapatkan manfaat yang berlimpah. Salah satu manfaat yang didapat ketika rutin membaca zikir adalah menghilangkan perasaan gundah.

Dalam Alquran surat Ar-Rad ayat 28, telah dituliskan bahwa: "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram." - (QS. Ar-Rad: 28)

Ketika ibu hamil memperbanyak zikir dan mengingat Allah SWT, hati kembali terasa tenang dan damai.

Lafadz zikir yang dibaca sebanyak 33 kali adalah sebagai berikut:

“Laa hawla walaa quwwata illa billah,”.

Nah, itulah bacaan zikir yang bisa Mama bacakan setiap hari sebagai doa saat hamil. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.