6 Doa agar Janin Berkembang dengan Baik Jelang Persalinan

Doa-doa berikut ini baik dibaca ibu hamil agar janin berkembang dengan sehat!

4 Juli 2021

6 Doa agar Janin Berkembang Baik Jelang Persalinan
Pexels/Jonas Kakaroto

Setiap ibu hamil tentu menginginkan janin yang sedang berada dalam kandungannya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, bahkan tanpa ada permasalahan hingga proses persalinan.

Usaha untuk menjaga kesehatan janin tidak hanya dari mengonsumsi makanan bernutrisi dan menerapkan gaya hidup sehat saja, melainkan berserah diri serta membaca doa-doa sesuai dengan ajaran agama yang diyakini.

Dalam ajaran agama Islam terdapat beberapa doa yang bisa dipanjatkan ibu hamil, sehingga janin di dalam kandungan dapat berkembang sempurna dan sehat. 

Nah, apalagi saat usia kehamilan sudah di atas minggu ke-18, indera pendengar janin sudah mulai berkembang ke arah yang lebih sempurna lagi. Doa-doa baik yang didengar janin bisa membuatnya memberikan respons di dalam perut.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa kumpulan doa agar janin berkembang dengan baik jelang persalinan.

1. Doa agar janin selalu sehat di dalam kandungan

1. Doa agar janin selalu sehat dalam kandungan
Pexels/Leah Kelley

Kesehatan janin dalam kandungan menjadi hal yang akan selalu diperhatikan bagi setiap orangtua. Demi perkembangan dan agar janin bisa selalu sehat, Mama bisa bacakan doa berikut ini:

Allahummah fazh waladii maa daama fii bathnii. Wasyfihi ma'ii. Anta asy-syaafii laa syifaa 'an illaa syifaa 'uka syifaa 'an laa yughaadiru saqama.

Artinya: "Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku. Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain."

2. Doa agar terhindar dari keguguran

2. Doa agar terhindar dari keguguran
Pexels/leah-kelley-50725

Jika ada sesuatu yang terjadi saat masa kehamilan, Mama tak perlu khawatir. Pasrahkan semuanya pada Allah SWT dan dianjurkan untuk membaca surat Fatir ayat 41, yakni: 

Innallaha yumsikus-samawati wal-arda an tazula, wa la'in zalata in amsakahuma min ahadim mim ba'dih, innahu kana haliman gafara.

Artinya: "Sungguh, Allah yang menahan langit dan bumi agar tidak lenyap; dan jika keduanya akan lenyap tidak ada seorang pun yang mampu menahannya selain Allah. Sungguh, Dia Maha Penyantun lagi Maha Pengampun." - (QS.Fatir 35:41)

Editors' Picks

3. Membaca surat Al Fatihah

3. Membaca surat Al Fatihah
Pexels/negativespace

Surat pertama dalam Alquran ini dikenal sebagai salah satu surat yang memiliki berbagai manfaat, salah satunya bagi kesehatan.

Dalam surat Al Fatihah tertulis berbagai harapan bahwa Allah SWT selalu sayang dan menjaga hamba-hambaNya, sehingga surat ini menjadi surat yang wajib dibaca oleh ibu hamil supaya janin bisa berkembang dengan baik dan sehat.

Mama bisa membacakan surat Al Fatihah setelah selesai salat subuh, lalu meniupkannya ke perut. 

4. Membaca surat pendek Al Insyirah

4. Membaca surat pendek Al Insyirah
Pexels/amina-filkins

Surat Al Insyirah bisa Mama amalkan sembari menanti kehadiran si Kecil. Perlu diketahui bahwa surat ini memiliki makna bahwa setiap kesulitan juga akan ada kemudahan yang didapat.  

Nah, makna yang terkandung dalam surat ini sesuai dengan kondisi ibu hamil yang kemungkinan akan mengalami rintangan seperti gangguan kehamilan. Selain itu, maknanya pun tentu membuat ibu hamil merasa lebih tenang.

Namun, Mama tak perlu khawatir karena melalui surat ini, Allah SWT menjanjikan pada ibu hamil yang telah berjuang selama proses kehamilan sembilan bulan dengan suatu kemudahan di masa mendatang.

5. Membaca ayat kursi di setiap pagi dan petang

5. Membaca ayat kursi setiap pagi petang
Pexels/pixabay

Ayat kursi menjadi salah satu ayat yang sangat dianjurkan untuk dibaca setiap harinya bagi umat muslim. Hal ini dikarenakan dalam ayat ini berisi puji-pujian atas betapa agung Allah SWT.

Bagi calon orangtua, dianjurkan membaca ayat kursi setiap pagi dan petang. Ini bertujuan agar ibu hamil dan janin terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Berikut lafalnya, antara lain: 

allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

6. Doa menjelang persalinan

6. Doa menjelang persalinan
Pexels/jonathanborba

Dalam kisah Fathimah RA yang dalam masa persalinan, Rasulullah SAW memerintahkan Ummu Salamah serta Zainab binti Jahsyin R.A untuk membantu mendampinginya. Lalu, Rasul meminta keduanya membaca beberapa ayat Alquran, salah satunya surat Al A’raf ayat 54:

Inna rabbakumullāhullażī khalaqas-samāwāti wal-arḍa fī sittati ayyāmin ṡummastawā 'alal-'arsy, yugsyil-lailan-nahāra yaṭlubuhụ ḥaṡīṡaw wasy-syamsa wal-qamara wan-nujụma musakhkharātim bi`amrihī alā lahul-khalqu wal-amr, tabārakallāhu rabbul-'ālamīn  

Artinya: “Sungguh, Tuhanmu adalah Allah, yang menciptakan langit dan bumi dalam enam hari, lalu Dia bersemayam di atas Arasy. Dia menutup malam dengan siang yang mengiringinya dengan segera. Dia menciptakan matahari, bulan dan bintang-bintang yang tunduk di bawah perintah-Nya. Ingatlah, hanya milik Allah segala penciptaan dan segala urusan. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.”

Itu dia beberapa kumpulan doa agar janin berkembang dengan baik jelang persalinan. Semoga doa-doa di atas bisa memberikan ketenangan tersendiri dan membantu janin tumbuh sehat ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.