7 Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Hamil Tua

Jarang banyak yang tahu, kandungan nutrisi baik untuk kesehatan ibu hamil

9 April 2021

7 Manfaat Jagung Rebus Ibu Hamil Tua
Pexels/catscoming

Salah satu nutrisi yang penting dikonsumsi bagi ibu hamil, yakni karbohidrat. Bagi kebanyakan orang, karbohidrat didapatkan dan cukup tinggi apabila mengonsumsi nasi agar lebih berenergi menjalani aktivitas keseharian. 

Hanya saja perlu dipahami bahwa asupan karbohidrat tidak hanya bersumber dari nasi saja, melainkan bisa dari jagung. 

Mungkin bagi sebagian ibu hamil masih mempertanyakan keamanan mengonsumsi jagung selama masa kehamilan. Mama tidak perlu khawatir karena jagung merupakan salah satu sereal biji-bijian yang memiliki banyak nutrisi. Selain karbohidrat, jagung memiliki nutrisi lain yang tentunya baik dikonsumsi ibu hamil.

Jika Mama sedang ingin makan jagung rebus saat hamil tua, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa nutrisi serta manfaatnya. 

Disimak yuk, Ma!

1. Mampu memperlancar pencernaan

1. Mampu memperlancar pencernaan
Pexels/amina-filkins

Gangguan pencernaan menjadi salah satu masalah umum yang kerap dialami oleh ibu hamil, maka dari itu penting sekali untuk memilih makanan yang ingin dikonsumai. 

Jagung rebus bisa menjadi salah satu asupan bernutrisi yang kaya akan kandungan serat, sehingga mampu mencegah terjadinya gangguan pencernaan selama hamil.  

Dengan mengonsumsi asupan berserat, makanan bisa bergerak dengan lancar ke dalam saluran pencernaan. Ini tentunya akan membantu ibu hamil agar terhindar dari gangguan pencernaan. 

Cukup tingginya serat pada jagung rebus pun bisa bermanfaat untuk usus, sehingga kinerjanya menjadi lebih baik.

2. Menjaga kesehatan jantung

2. Menjaga kesehatan jantung
Pexels/punchbrandstock

Nutrisi yang bisa diperoleh dari jagung selanjutkan, yakni vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid. Perlu dipahami bahwa ketiga nutrisi ini membantu untuk mengontrol kadar kolestrol dalam darah ibu hamil.

Selain dapat mengontrol jumlah kolestrol, apabila jagung dikonsumsi secara rutin sesuai dengan porsinya bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung selama hamil. 

Editors' Picks

3. Membantu mencukupi asam folat

3. Membantu mencukupi asam folat
Pexels/flora-westbrook-820907

Perlu kembali diingat bahwa asam folat mampu memainkan peran penting untuk ibu hamil dan perkembangan janin dalam kandungan. Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, Mama bisa mengonsumi jagung rebus secara rutin dan sesuai dengan porsinya agar tidak berlebihan.

Jagung mengandung tinggi asam folat yang baik untuk tumbuh kembang janin, sehingga bisa dikonsumsi selama masa kehamilan. 

Selain itu, asam folat juga bisa membantu pembentukan sel, sistem saraf tulang serta tulang belakang janin di dalam kandungan. Apabila janin tidak mendapatkan nutrisi asam folat yang cukup, maka umumnya janin akan mengalami gangguan kesehatan.

Jadi, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi asam folat ya, Ma!

4. Mengingkatkan perkembangan dan fungsi otak janin

4. Mengingkatkan perkembangan fungsi otak janin
Pexels/jonathanborba

Selain menjadi sumber karbohidrat, jagung menjadi sumber tiamin yang cukup tinggi. Tiamin dalam jagung berperan untuk membentuk perkembangan sel-sel otak dan mampu mendukung fungsi kognitif si Kecil.

Perkembangan otak janin memang dimulai sejak dalam kandungan, sehingga asupan tiamin yang tinggi bagi ibu hamil akan membantu kecerdasan si Kecil dengan sangat baik.

5. Mencegah terjadinya cacat otot pada bayi

5. Mencegah terjadi cacat otot bayi
Pexels/laura-garcia-1667452

Dalam tumbuh kembang janin, kesehatan otot menjadi salah satu bagian penting yang perlu diperhatikan. Jagung rebus bisa membantu mencegah masalah cacat otot pada bayi karena mengandung zeaxanthin yang ada di dalamnya.

Perlu diketahui bahwa zeaxanthin di dalam jagung ini juga berperan dalam membentuk massa otot bayi sejak masih di kandungan.

Mungkin bagi sebagian orangtua pernah melihat bayi yang mengalami masalah cacat otot. Hal tersebut dikarenakan kurangnya asupan zeaxanthin selama dalam kandungan.

Maka dari itu, penting bagi Mama untuk mengonsumsi jagung rebus agar asupan zeaxanthin dapat terpenuhi dengan baik. 

6. Mampu menjaga kesehatan plasenta

6. Mampu menjaga kesehatan plasenta
Freepik/look-studio

Menjaga kesehatan plasenta memang terbilang cukup sulit, namun hal tersebut bisa diatasi dengan mengonsumi jagung rebus secara rutin. Ada kandungan di dalam jagung yang bisa bermanfaat untuk kesehatan janin, yakni kalium.

Nah, kalium yang terdapat dalam jagung rebus akan menjaga cairan tubuh, sehingga keamanan sel plasenta dapat terjaga dengan baik.

7. Menjadi sumber energi untuk melakukan kegiatan keseharian

7. Menjadi sumber energi melakukan kegiatan keseharian
Pexels/amina-filkins

Ya, seperti yang telah diketahui bahwa jagung rebus menjadi sumber karbohidrat. Adanya karbohidrat dapat membantu meningkatkan energi ibu hamil. Tubuh pun membutuhkan sekitar 50 kalori dan harus didapat dari makanan yang mengandung karbohidrat.

Sebagai sumber karbohidrat, jagung rebus bisa menjadi pengganti nasi. Selain karbohidrat, jagung rebus juga mengandung protein yang cukup tinggi. Dengan demikian, Mama bisa mengonsumsi jangung rebus sebagai camilan sehari-hari apalagi dengan kandungan karbohidrat di dalamnya.

Itulah deratan manfaat yang bisa didapatkan apabila mengonsumsi jagung rebus selama hamil tua. Jadi, jangan lupa untuk memenuhi asupan nutrisi baik selama masa kehamilan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.