5 Cara Mudah Menjaga Postur Tubuh Tetap Baik saat Hamil

Jaga postur agar lentur dan tidak mudah cedera yuk, Ma

24 Mei 2020

5 Cara Mudah Menjaga Postur Tubuh Tetap Baik saat Hamil
freepik.com/reportazh

Salah satu hal yang berubah ketika Mama hamil, tentu saja, bentuk tubuh mama. Semakin bertambah besar si Kecil dalam kandungan, tubuh Mama pun mengalami penambahan beban yang signifikan. Hal ini berpengaruh pada postur tubuh mama. 

Meski tampaknya sepele, nyatanya terus-menerus menuruti postur tubuh yang jelek dapat berdampak pada kehamilan lho, Ma. Yang paling sering terjadi adalah cedera otot atau pun tulang. Tidak ingin 'kan tersiksa karena cedera? Apalagi semakin bertambah usia kandungan, tubuh mama harus lebih ekstra kerja keras.

Berikut Popmama.com punya panduan memperbaiki postur tubuh selama kehamilan, dilansir dari MomJunction:

1. Berdiri dan duduk tegak

1. Berdiri duduk tegak
Freepik/v.ivash

Tahan kepala dan leher mama tetap lurus saat berdiri dan duduk tegak. Hindari memiringkan kepala. Jaga lutut tetap lurus, baik saat berdiri maupun duduk.

Mama bisa berlatih berdiri tegak di dinding dan luruskan tulang belakang. Sementara itu, ketika duduk di kursi, tempatkan sebuah bantal di belakang punggung bawah sebagai penunjang. 

Editors' Picks

2. Biarkan bahu rileks

2. Biarkan bahu rileks
Freepik

Hindari membungkuk atau pun 'melemparkan' bahu jauh ke belakang. Tindakan ini hanya akan membuat punggung bagian bawah terasa makin tegang. Biarkan bahu turun secara alami dan rileks. Posisi bahu yang santai ini akan menjaga postur tubuh mama dalam posisi yang benar.

3. Kencangkan perut

3. Kencangkan perut
Freepik

Tarik perut dan kencangkan sebisa mungkin. Hindari memiringkan panggul ke depan atau belakang. Begitu juga hindari berdiri dengan perut dimajukan ke depan dan punggung ke belakang yang terayun.

4. Jangan berdiri terlalu lama

4. Jangan berdiri terlalu lama
Freepik/Wavebreakmedia

Hindari berdiri dalam waktu yang lama. Hal ini memengaruhi sirkulasi darah dan membuat pergelangan kaki serta telapak kaki membengkak. Studi menemukan, wanita hamil yang sering berdiri dalam waktu lama akan melahirkan bayi yang kecil. 

Jika Mama diharuskan berdiri lama, istirahatkan kaki di atas bangku selama beberapa waktu secara bergantian. Lakukan latihan kaki untuk mempertahankan sirkulasi darah yang baik di otot betis mama.

5. Posisikan kaki yang benar

5. Posisikan kaki benar
Freepik

Hindari berdiri dengan posisi kaki di mana lutut mengunci. Posisi ini bisa membuat punggung bawah menjadi tegang. Berdirilah dengan kedua kaki terbuka lebar dan tekuk lutut agar paha dapat menopang berat tubuh mama secara merata. 

Selain posisi berdiri, penting pula memerhatikan posisi kaki saat duduk. Hindari menyilangkan kaki karena bisa menyebabkan sirkulasi darah tak lancar dan memicu timbulnya varises.

Selain lima hal di atas, pastikan Mama menghindari gerakan yang menyentak karena dapat menyebabkan ketegangan dan cedera pada ligamen yang sedang melemah. 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk menjaga postur tubuh selama kehamilan ya, Ma.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.