TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

12 Letak Pintu Rumah yang Membawa Berkah bagi Pemiliknya

Tak banyak yang tahu, letak pintu rumah yang tepat dapat membawa berkah bagi pemiliknya, lho

Unsplash/Michal Matlon

Sebagian orang lebih menyukai membangun sebuah rumah sendiri daripada membeli yang sudah jadi. Selain bisa mendesain rumah sesuai keinginan, dengan membangun rumah sendiri, kita juga bisa menambahkan berbagai macam dekorasi sesuai kesukaan.

Saat mendesain sebuah hunian impian yang nyaman, kamu jangan sampai lupa memperhatikan tata letak di setiap ruangan, termasuk pintu-pintu yang nanti akan dipasangkan pada rumah.

Walau tampak terlihat sangat sepele, letak pintu di dalam rumah rupanya memiliki aturan tersendiri. Dengan meletakkan pintu di rumah sesuai aturan, maka berkah, hoki, hingga rezeki bisa saja mendatangi kediaman pemilik serta penghuni rumah.

Dilansir dari berbagai sumber, kali ini Popmama.com telah merangkum informasi tentang letak pintu rumah yang membawa berkah bagi pemiliknya.

Penasaran? Yuk Ma, simak informasinya!

1. Ukuran pintu terbesar di rumah harus menjadi pintu utama

Unsplash/Jilbert Ebrahimi

Bila melihat dari segi ukuran, maka pintu yang memiliki ukuran paling besar di rumah harus menjadi pintu utama.

Dengan menempatkannya, maka orang yang ada di rumah akan secara langsung menyadari bahwa pintu tersebut merupakan pintu utama untuk akses keluar masuk tamu.

Tak hanya itu saja, dengan menempatkan pintu berukuran besar sebagai pintu utama, tamu yang datang akan tahu dan dapat bertamu secara sopan dengan menunggu di depan pintu.

2. Dua daun pintu sebaiknya dijadikan sebagai pintu utama

Unsplash/Jennvmy_

Tidak hanya sekadar berukuran besar, mengingat bahwa pintu utama harus sesuai dengan aturan, maka lebih baik memilih dua daun pintu sebagai pintu utama.

Dengan demikian, hal tersebut berarti ada dua pintu yang terletak di sebelah kanan dan kiri, kemudian bertemu dan berpisah pada bagian tengah.

Pegangan atau handle pintu dapat kamu letakkan di bagian kanan dan kiri pintu, namun lubang kunci harus berada di sebelah pintu kiri.

Hal ini bukan tanpa alasan, meletakkan lubang kunci di sebelah kiri dapat memudahkan kamu dalam membuka atau menutup pintu.

3. Pintu utama mengarah ke ruang tamu

Pexels/Max Vakhtbovych

Sebagai tuan rumah yang baik, tentu pemilik rumah harus menghormati tamu yang datang berkunjung. Untuk itu, jangan sampai biarkan tamu yang datang menunggu atau duduk di luar terlalu lama.

Oleh sebab itu, pintu utama pada rumah harus mengarah ke bagian ruang tamu. Hal ini bertujuan agar tamu yang datang ke rumah bisa langsung di arahkan masuk ke dalam.

Dengan pengaturan seperti ini, tamu yang datang juga tidak akan sungkan untuk masuk, lho.

4. Daun pintu di rumah harus dibuka ke dalam

Pexels/Caio

Salah satu yang perlu diingat oleh pemilik rumah, daun pintu yang ada harus terbuka ke arah dalam.

Menurut Feng Shui, hal ini ternyata dapat menciptakan kesan ramah dan mengundang. Tak hanya itu, pintu terbuka ke arah dalam ternyata dapat menarik energi chi ke dalam rumah.

Sebaliknya, jika pintu rumah terbuka ke arah luar, maka akan dapat merusak Feng Shui rumah secara keseluruhan dan mengganggu arah rezeki. Selain itu, posisi pintu seperti ini juga terkesan kurang sopan dan tampak seperti mengusir tamu yang datang ke rumah.

5. Pintu rumah harus memperlihatkan area yang luas

Pexels/Vecislavas Popa

Untuk menciptakan kenyamanan, letak pintu utama juga harus dibuat memberi kesan yang luas pada ruangan. Itu berarti jangan sampai pada saat membuka pintu utama langsung melihat ruangan yang sempit dan dipenuhi dengan barang.

Sebagai solusi, kamu bisa meletakkan beberapa kursi dan furnitur-furnitur penting saja di dalam ruangan. Selain itu, kamu juga perlu menyingkirkan barang-barang yang sekiranya tidak terpakai dari ruang tamu.

Dengan demikian, tamu yang datang bertamu maupun pemilik rumah dapat menempati area ruang tamu dengan rasa nyaman.

6. Pintu rumah tidak boleh menghadap langsung ke arah kamar mandi

Pexels/Christa Grover

Pintu utama yang ada di rumah sebaiknya diletakkan tidak langsung menghadap ke arah kamar mandi. Hal ini bukan tanpa alasan, meletakkan pintu utama menghadap kamar mandi akan memberikan kesan yang tidak sopan pada tamu yang datang.

Kamu dan anggota keluarga lainnya juga pasti akan merasa tidak nyaman jika tamu yang datang melihat ada anggota keluarga yang keluar dan masuk ke kamar mandi.

Oleh sebab itu, kamu perlu memastikan ada batasan antara bagian ruang tamu dan akses ke ruang lainnya, termasuk ruang keluarga.

7. Pintu rumah tidak boleh menghadap langsung ke arah dapur

Pexels/Max Vakhtbovych

Selain kamar mandi, pintu utama yang ada di rumah juga sebaiknya diletakkan tidak menghadap langsung ke bagian dapur.

Perlu diingat, aktivitas yang dilakukan oleh anggota keluarga di dapur jangan sampai terlihat siapa pun. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari meletakkan pintu dengan cara seperti itu.

Bayangkan saja jika kamu sedang membuat makanan atau minuman di dapur dan itu dilihat oleh tamu yang datang dari pintu utama, tentu rasanya sangat tidak nyaman.

Tamu yang datang pun akhirnya menjadi enggan karena merasa merepotkan pemilik rumah.

8. Posisi pintu utama tidak boleh menghadap tangga

Pexels/Curtis adams

Selain kamar mandi dan dapur, tangga rupanya juga tidak boleh terlihat secara langsung dari depan pintu utama. Pasalnya menurut Feng Shui, hal ini dianggap tidak menguntungkan bagi pemilik rumah.

Hal ini dikarenakan aliran energi yang mengalir menuruni tangga akan dapat menekan energi yang mengalir ke dalam rumah dari pintu utama. Keadaan ini disebut akan menciptakan medan energi yang tidak stabil dan dapat memengaruhi anggota rumah.

Jangan khawatir jika hal ini sudah terlanjur terjadi, sebab kamu masih bisa mengatasi masalah ini dengan mudah.

Untuk mengatasinya, kamu disarankan untuk menempatkan beberapa sekat pemisah antara tangga dan pintu masuk rumah.

Perlu diingat, hal ini hanya mungkin bisa kamu lakukan jika memiliki ukuran ruangan yang besar. Jika tidak memiliki, maka sekat tersebut akan membuat ruangan jadi terlalu sempit.

9. Posisi pintu utama tidak boleh menghadap garis lurus dalam rumah

Pexels/Faruk Tokluoğlu

Keterbatasan ruang di dalam rumah tentu menjadi salah satu yang dihadapi jika kamu membeli rumah yang sudah dibangun dengan luas yang terbatas.

Seolah menjadi pemecahan masalah, banyak orang yang mencoba mengakali tata ruang di dalam rumah agar bisa terlihat luas, seperti meletakkan pintu tepat di garis lurus sampai ke dinding batas belakang rumah.

Tak banyak yang menyadari, meletakkan pintu dengan posisi tersebut dapat memberikan kesan yang tidak nyaman dan kurang sopan bagi tamu yang datang.

Oleh sebab itu, sebaiknya hal ini perlu dihindari oleh pemilik rumah.

10. Pintu utama tidak langsung berhadapan dengan benda yang ada di luar rumah

Unsplash/Clarissa Budiman

Bila ada benda di luar rumah yang diletakkan tepat menghadap pintu utama, sebaiknya segera dipindahkan olehmu.

Hal ini bukan tanpa alasan, menaruh benda yang ada di luar rumah tepat persis menghadap pintu utama dipercaya dapat menghalangi rezeki maupun keberuntungan yang akan masuk ke dalam rumah.

Namun, bila kamu masih tetap ingin meletakkan sesuatu di depan pintu untuk mempercantik tampilan rumah, kamu bisa meletakkan barang-barang tersebut dengan jarak sekitar 4-5 meter dari pintu masuk.

Selain itu, kamu sebagai pemilik rumah juga disarankan untuk tidak meletakkan benda atau hiasan pada pintu utama.

Hal ini dikarenakan benda-benda yang diletakkan tersebut bisa saja suatu saat nanti menyakiti tamu yang datang atau bahkan pemilik rumah sendiri.

11. Pintu kamar tidak boleh langsung menghadap pintu lainnya

Pexels/Max Vakhbovych

Sebagai pemilik rumah tentu kamu harus ketahui bahwa pintu kamar tidur jangan diletakkan secara langsung berhadapan dengan pintu lainnya.

Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, pintu yang diletakkan berhadapan dengan pintu lainnya dipercaya dapat mengundang pertengkaran dan permasalahan di dalam keluarga lebih mudah.

Selain itu, kamu perlu hindari pula meletakkan pintu kamar berhadapan dengan pintu kamar mandi sebab hal ini dipercaya dapat membuat orang yang tidur di kamar tersebut jadi sering mengalami sakit.

12. Hindari meletakkan dua pintu sejajar dalam satu ruangan

Pixabay/qimono

Meski tidak terlalu sering ditemukan, rupanya masih ada beberapa orang yang meletakkan dua pintu sejajar dalam satu ruangan. Bila hal ini belum kamu lakukan, sebaiknya dihindari saja.

Perlu kamu ketahui, meletakkan dua pintu secara sejajar dalam satu ruangan dan dengan tembok yang sama dipercaya dapat membuat rezeki sang pemilik rumah jadi sulit untuk terkumpul.

Namun, bila hal ini sudah terlanjur terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan mengunci salah satu pintu memakai lemari berukuran besar supaya tidak terlihat oleh seorang pun.

Jadi, itulah rangkuman informasi yang berhasil dihimpun tentang letak pintu rumah yang bisa membawa berkah bagi pemiliknya.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Baca juga:

The Latest