TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Rekomendasi Vitamin D untuk Program Hamil

Ketahui vitamin yang harus dikonsumsi saat promil berikut ini

Vitamin D memiliki peranan yang sangat penting untuk kesuburan dan kehamilan, oleh karena itu kekurangan vitamin D dianggap sebagai masalah kesehatan di seluruh dunia.

Melansir laman MDPI, studi observasional menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D menjadi penanda risiko untuk penurunan kesuburan dan berbagai hasil kehamilan yang merugikan.

Tidak hanya itu, kekurangan vitamin D juga dapat berhubungan dengan rendahnya kandungan vitamin D pada ASI.

Dikutip dari penelitian yang dilakukan Infertility Unit of the Fondazione Ca’ Granda di Ospedale Maggiore Policlinico menemukan bahwa vitamin D merupakan faktor baru yang dapat mempengaruhi fertilitas perempuan dan hasil IVF.

Perempuan yang cukup kadar vitamin D nya memiliki kemungkinan dua kali lebih sukses untuk hamil, sebaliknya jika kekurangan vitamin D selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan bentuk infeksi tertentu.

Berikut Popmama.com, berikan 8 rekomendasi vitamin D untuk program hamil. Simak ulasannya!

1. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Shopee.co.id

Rekomendasi yang pertama ada dari vitamin Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold yang mengandung asam folat dan juga zat besi. Vitamin dari Blackmores ini diklaim unggul untuk orang sedang melakukan program hamil, karena tidak menimbulkan efek sembelit.

Dengan kandungan lebih dari 20 zat gizi didalamnya seperti omega-3, vitamin B kompleks, D3, E, A, kalsium, dan magnesium, Blackmores juga dapat dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui.

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold dijual dalam 3 varian ukuran, yaitu 60 kapsul, 120 kapsul, dan 180 kapsul yang dijual dengan harga mulai dari Rp 180.000 sampai Rp 484.000.

2. Blackmores Conceive Well Gold

Shopee.co.id

Rekomendasi selanjutnya masih dari produk Blackmores, namun yang membedakan adalah beberapa kandungan didalamnya.

Blackmores Conceive Well Gold mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk mempersiapkan kehamilan seperti asam folat, vitamin D 400, IU, zinc, vitamin C dan yodium. Tidak hanya itu saja, vitamin ini juga memiliki kandungan minyak ikan alami yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Satu kemasan Blackmores Conceive Well Gold terdiri dari 28 kapsul dan 28 tablet yang dijual dengan kisaran harga Rp 299.000.

3. Vitamin Cavit D3 yang dapat menjaga kesehatan janin

Shopee.co.id

Mengandung kombinasi 500 mg kalsium fosfat dan 133 IU cholecalciferol atau vitamin D3, vitamin ini dapat membantu mengatasi sekaligus mencegah kekurangan kalsium dan vitamin D termasuk pada ibu hamil dan menyusui. Kombinasi nutrisi yang ada didalamnya memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, otot, dan saraf.

Terlebih pada masa kehamilan, suplemen ini bermanfaat untuk mencegah pre-eklamsia dan menjaga kesehatan janin. Suplemen vitamin D ini tersedia dalam kemasan strip yang berisi 10 tablet, dan dijual dengan harga Rp 26.500.

4. Garden of Life Mykind Organics Prenatal

Shopee.co.id

Suplemen dari Garden of Life Mykind Organics Prenatal merupakan suplemen program hamil yang terbuat dari makanan utuh asli.

Dengan mengonsumsi suplemen ini, Mama dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dan asam folat yang diperlukan saat merencanakan kehamilan yang sehat karena bebas dari kedela, susu,gluten, dan non-GMO.

Dalam satu botol Garden of Life Mykind Organics Prenatal terdapat 120 buah suplemen gummy yang dijual dengan harga Rp 655.000.

5. Nutrimax Vitamin D3 1000 IU 60 Tablet

Shopee.co.id

Kandungan 400 IU cholecalciferol yang ada dalam suplemen Nutrimax Vitamin D3 1000 IU 60 tablet ini setara dengan 10 mcg.

Manfaatnya sangat bagus untuk memelihara kesehatan tulang, gigi, otot, saraf, paru-paru, dan jantung, serta menjaga daya tahan tubuh terutama di masa kehamilan.

Nutrimax Vitamin D3 1000 IU tersedia dalam kemasan botol yang berisi 30 tablet, 60 tablet, 90 tablet, 120 tablet, dan 360 tablet, yang dijual dengan harga Rp 98.000.

6. Nutrimax Mother mampu mencukupi kebutuhan gizi

Shopee.co.id

Selanjutnya masih dengan produk dari Nutrimax, suplemen yang kali ini adalah Nutrimax Mother yang diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi perempuan saat dalam program hamil.

Dengan kandungan vitamin D sebanyak 200 IU, Nutrimax Mother mampu membantu penyerapan kalsium dan fosfor, serta mengoptimalkan kondisi kesehatan reproduksi perempuan. 

Di dalam botol Nutrimax Mother, terdiri dari 30 tablet yang dijual dengan harga Rp 250.000.

7. Promavit membantu memperkuat janin

Shopee.co.id

Vitamin dari Promavit ini memiliki kandungan omega-3, vitamin A, vitamin D3, vitamin B12, asam folat, vitamin B, kalsium, magnesium, dan zat besi yang dapat menjadi pilihan vitamin yang tepat saat sedang program hamil.

Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan gizi sebelum hamil, namun vitamin Promavit juga dipercaya mampu menunjang perkembangan janin selama kehamilan.

Satu box Promavit terdiri dari 6 strip yang masing-masing terdiri dari 10 kapsul, dan dijual dengan harga Rp 49.920.

8. Vitamin dari Vitafusion Prenatal yang mudah dikonsumsi

Shopee.co.id

Rekomendasi vitamin D untuk program hamil yang terakhir adalah dari Vitafusion Prenatal  yang mengandung vitamin dan mineral dengan banyak manfaat selama masa kehamilan.

Tidak hanya mengandung vitamin D, Vitafusion Prenatal juga mengandung nutrisi lainnya seperti asam folat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta Omega-3.

Satu kemasan Vitafusion Prenatal terdiri dari 90 gummy vitamin, yang dijual dengan harga Rp 600.000.

Demikian 8 rekomendasi vitamin D untuk program hamil. Sebelum mengonsumsi berbagai suplemen dan vitamin, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter ya Ma. 

Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

The Latest