5 Hal yang Jangan Dilakukan Setelah Facial

Apakah kamu rajin treatment wajah? Coba perhatikan ini ya, Ma!

27 November 2018

5 Hal Jangan Dilakukan Setelah Facial
Freepik

Kamu rutin melakukan facial? Facial merupakan perawatan kecantikan wajah, di mana kulit wajah akan dikelupas dengan tujuan membersihkan kulit wajah, komedo, serta jerawat. 

Facial tak dilakukan setiap hari, karena jika dilakukan setiap hari malah akan merusak kulit.

Tapi tahukah kamu kalau ada hal-hal yang sebaiknya dihindari setelah facial? Nah, ternyata nggak boleh sembarangan memberlakukan kulit wajah setelah facial lho.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu pun perlu menghindari hal-hal yang sebaiknya nggak kamu lakukan seusai melakukan treatment wajah. Yuk, cari tahu apa saja yang tak boleh dilakukan untuk perawatan wajah sehabis facial:

1. Hindari wajah terkena paparan sinar matahari

1. Hindari wajah terkena paparan sinar matahari
Pexels/Bruce Mars

Setelah facial, kulit akan lebih sensitif lho. Jika terkena paparan sinar matahari langsung, kulit kamu bisa makin sensitif.

Sebaiknya hindari dulu rencana duduk-duduk di pinggir pantai atau melakukan aktivitas di luar ruangan. Tunggulah 3 hingga 4 hari setelah facial. Sebab kulit yang baru dieksfoliasi jadi lebih sensitif dan lemah terhadap sinar UV.

Kamu bisa menunggunya beberapa hari setelah melakukan facial dan selalu kenakan sunscreen dengan SPF 30 saat keluar rumah untuk melindungi kulit dari bahaya kanker.

2. Tidak menyentuh wajah

2. Tidak menyentuh wajah
Pexels/Bruce Mars

Kedua, hal yang patut dihindari kapan pun adalah menyentuh wajah atau memencet jerawat, apalagi setelah facial.

Keadaan kulit yang lebih sensitif setelah facial akan membuat luka bekas jerawat yang kamu pencet jadi lebih dalam dan sulit dihilangkan.

Pastinya setelah melakukan facial kamu masih menemukan whitehead atau blackhead yang tak diekstraksi, itu artinya jerawat kamu itu belum “matang” dan siap dikeluarkan.

Beri jeda satu minggu seusai facial jika kamu ingin memijat wajah. Jangan juga memencet jerawat, karena kemungkinan akan terjadi infeksi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel Secara Alami

Editors' Picks

3. Hindari menggunakan makeup

3. Hindari menggunakan makeup
Pexels/Pixabay

Setelah facial atau laser treatment tentunya wajah akan terlihat kemerahan. Tenang, kemerahan akan mereda dengan sendirinya pada keesokan harinya.

Yang tak boleh kamu lakukan dalam kurun waktu 72 jam setelah facial yaitu menahan diri untuk menutupi wajah dengan concealer atau foundation.

Biarkan kondisi kulit wajah membaik terlebih dahulu setelah facial, karena efek deep cleanse dari facial adalah pori-pori kulit terbuka lebih besar dibanding biasanya. Hal ini memudahkan kulit untuk menyerap bakteri.

Maka hindari penggunaan makeup untuk menutupi pori-pori. Sementara itu penghentian penggunaan perias wajah memberi kesempatan untuk serum, krim atau peeling cream agar bekerja lebih efektif.

4. Tidak menggunakan eksfoliator atau face scrub

4. Tidak menggunakan eksfoliator atau face scrub
thehealthsite.com

Ada alasannya kenapa kamu disarankan untuk menggunakan face scrub atau produk eksfoliasi hanya dalam satu atau dua kali per minggu.

Alasannya adalah karena over-exfoliating bisa merusak lapisan perlindungan kulit yang bisa mengakibatkan inflamasi, dan mengakibatkan kerusakan yang permanen.

Sebaiknya hindari penggunaan produk untuk wajah yang bisa mengiritasi kulit kamu, kamu tetap boleh menggunakannya selama 3 hingga 4 hari setelah facial.

5. Menunda perawatan wajah di rumah

5. Menunda perawatan wajah rumah
Pexels/Pixabay

Langkah selanjutnya yang nggak boleh kamu lakukan ialah memberi jeda 3 hingga 4 hari untuk kulit kamu sebelum melakukan perawatan kulit wajah di rumah seperti face mask.

Meski memakai masker merupakan salah satu cara merawat wajah, tapi jangan dilakukan setelah facial ya.

Jika kamu memakai masker setelah facial, dikhawatirkan akan mengubah kulit cerah dan berkilau setelah facial kamu jadi merah. Jadi kalau mau pakai masker lagi, lakukan perawatan setelah beberapa hari. 

Nah, itu tadi 5 hal yang sebaiknya dihindari setelah facial agar treatment wajah yang sudah kamu jalankan bekerja dengan optimal.

Baca juga: Hindari Malas Membersihkan Wajah Jika Tak Ingin Alami Seperti Ini