Unik! Ini 5 Respon dan Hasil Positif Bayi Ketika Mendengarkan Musik

Musik menjadi stimulus untuk lebih meningkatkan perkembangan otak dan motorik si Bayi. Hebat ya?

16 Maret 2020

Unik Ini 5 Respon Hasil Positif Bayi Ketika Mendengarkan Musik
evybaby.com

Musik adalah bahasa universal. Lewat musik, orang-orang berbeda suku dan bahasa bisa bersatu dan "bicara" dalam bahasa yang sama. Itulah kekuatan musik untuk manusia. Jadi apa kehebatan musik untuk bayi?

Dilansir dari babycenter.com, musik dapat menjadi bagian dari terapi untuk bayi prematur. Menurut penelitian, dengan mendengarkan musik, kamu dapat meningkatkan berat badan dan juga kesehatan si Bayi.

Satu studi menemukan bahwa bayi berusia 34 minggu yang diberi dot sambil didengarkan musik sebelum tidur, akan lebih cepat pulang saat sedang dirawat inap di rumah sakit.

Ketika si Bayi mulai mendengarkan lagu, ia mungkin akan bergerak seiring dengan berjalannya lagu atau ia bisa jadi hanya diam seolah-olah mendengarkannya. 

Saat lagu berhenti, si Bayi pun akan menunjukkan gerakan tertentu sebagai respon. Seperti contoh ketika si Bayi sedang tertidur dan lagu yang diputar berubah, secara otomatis ia akan kaget disertai munculnya gerakan pada tangan atau kakinya tanpa sadar.

Terkadang sulit untuk mengenali respon pada bayi ketika mendengarkan musik. Namun, jangan khawatir sebab kamu masih bisa melihat cara si bayi merespon ketika didengarkan musik yang telah Popmama.com rangkum:

1. Bayi akan tersenyum dan tertawa ketika didengarkan musik

1. Bayi akan tersenyum tertawa ketika didengarkan musik
familyminded.com

Ketika si Bayi mulai tersenyum dan tertawa saat mendengerkan musik, hal itu berarti ia sangat menyukai musik tersebut. Respon ini juga menjadi sinyal agar kamu terus mendengarkan jenis musik tersebut kepada si Bayi, dengan kata lain ia ingin dengar musik itu lagi.

Mainkan lagu-lagu favorit kamu, terutama yang memiliki melodi dan musik yang catchy, kamu juga dapat memutar lagu berjenis slow yang bagus untuk didengarkan ketika sudah memasuki waktu tidur si Bayi.

Editors' Picks

2. Si Bayi pun turut ikut bernyanyi dan belajar berkomunikasi

2. Si Bayi pun turut ikut bernyanyi belajar berkomunikasi
smartparenting.com.ph

Saat bayi mulai merasa menyukai lagu-lagu tertentu, besar kemungkinan ia akan mengeluarkan suara seperti gumaman atau coletahan sepanjang lagu tersebut diputar. Hal tersebut merupakan respon si Bayi dalam mendengarkan musik.

Hindari lagu bergenre rock, rap, dan sejenisnya. Penelitian menunjukkan bahwa bayi lebih suka musik yang harmonis dan menyenangkan daripada musik yang kasar dan berisik. 

3. Si Bayi akan berubah fokus dengan bergerak ke arah sumber suara

3. Si Bayi akan berubah fokus bergerak ke arah sumber suara
integratedlistening.com

Lihatlah matanya! ketika si Bayi menyukai musik tertentu, matanya akan terlihat bersinar dan ia pun akan bergerak lebih condong ke arah sumber musik tersebut.

Musik juga dapat memunculkan emosi yang kuat. Dengan mendengarkan musik, bayi akan mengasah kemampuannya untuk mendeteksi suasana hati dan emosi orang lain.

4. Bayi akan mulai melatih motoriknya sambil merespon irama

4. Bayi akan mulai melatih motorik sambil merespon irama
quora.com

Kaki menendang, tangan terkepal atau melambai, tubuh bergerak berirama merupakan tanda bahwa si Bayi ingin menari saat kamu menyetelkan musik untuknya. Agar dapat memunculkan respon ini, putarlah musik yang menyenangkan dan memiliki ritme yang bagus.

Cobalah untuk beri dukungan kepadanya dengan ikut menari bersamanya ya, Ma?

5. Musik mempererat bonding

5. Musik mempererat bonding
kidssongs.info

Saat kamu menyetel musik untuk si Bayi atau bernyanyi untuknya, ia akan menggerakkan lidah dan mulutnya sesuai dengan ritme musik. Ini berarti bayi kamu ingin ikut bernyanyi bersamamu.

Dengan mendengarkannya musik, kamu dapat menumbuhkan kecintaan si Bayi terhadap musik. Jadi, jika bayi kamu bergumam, ikutlah bergumam dengannya. Hal ini akan membuat kamu dan si Bayi memiliki ikatan yang kuat. 

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk