Terus Belajar, Mona Ratuliu Punya Persiapan untuk MPASI Anak Keempat 

Sudah 8 tahun tidak mempunyai pengalaman MPASI, Mona Ratuliu terus belajar dari berbagai sumber

9 November 2020

Terus Belajar, Mona Ratuliu Pu Persiapan MPASI Anak Keempat 
Instagram.com/monaratuliu

Mona Ratuliu dan Indra Brasco sedang menjalani pengalaman seru ketika mengurus anak keempatnya. Numa Kamala Srikandi yang lahir di tanggal cantik pada 20 Mei 2020 ini pun sebentar lagi akan berusia enam bulan. 

Di tanggal 20 November 2020, usia Numa resmi memasuki enam bulan dan sudah diperbolehkan untuk diberikan MPASI. Sebagai seorang mama, Mona pun memiliki banyak cerita terkait proses persiapannya menjelang MPASI perdana untuk Numa.

Jika Mama ingin mengetahui beberapa cerita persiapan MPASI yang dilakukan oleh Mona Ratuliu untuk putri kecilnya, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Simak informasi seru dari Mona Ratuliu yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Mona Ratuliu terus memperkaya diri setelah terakhir kali memberikan MPASI delapan tahun yang lalu 

1. Mona Ratuliu terus memperkaya diri setelah terakhir kali memberikan MPASI delapan tahun lalu 
Instagram.com/monaratuliu

Sebagai orangtua milenial, Mona Ratuliu termasuk yang terus memperkaya diri agar semakin update dengan berbagai ilmu baru di dunia parenting

Pada hari Sabtu (7/11/2020) lalu, Mona pun baru melakukan wawancara dengan dr. Meta Herdiana Hanindita SpA(K), Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik, dalam sesi Mona Indra ChitChat melalui Instagram Live. Mama empat anak ini sedang belajar kembali terkait MPASI untuk Numa. 

"Karena jarak Numa sama Nala, kakak terakhirnya itu delapan tahun, jadi musti belajar dari awal lagi tentang MPASI. Kebijakan MPASI sekarang ternyata bedanya lumayan jauh sama delapan tahun yang lalu," cerita Mona dalam salah satu unggahannya. 

Walau harus belajar dari awal lagi dan kembali mengingat berbagai hal terkait MPASI, namun Mona tetap terus memberikan yang terbaik untuk putri bungsunya. 

2. Mona Ratuliu dan suami melakukan sesi tanya jawab dengan dr. Meta 

2. Mona Ratuliu suami melakukan sesi ta jawab dr. Meta 
Instagram.com/monaratuliu

Disela-sela mengurus anak keempatnya, Mona Ratuliu berusaha memperkaya ilmu lagi mengenai MPASI dengan melakukan sesi tanya jawab bersama dr. Meta. 

Mona pun menampung banyak pertanyaan dari para orangtua lainnya yang sedang mempersiapkan atau sedang memberikan MPASI ke anak-anak mereka. Di sesi diskusi, ada banyak pembahasan yang dibahas Mona dan dr. Meta mulai dari waktu tepat pemberian MPASI, jadwal MPASI dan berbagai topik lainnya. 

"MPASI pertama kali diberikan kepada anak itu dua kali makan utama, lalu pelan-pelan ditingkatkan sampai tiga kali. Kemudian boleh ditambahkan dengan snack atau selingan satu sampai dua kali, selingan ini bisa berupa ASI serta makanan camilan," jelas dr. Meta saat membahas soal jadwal pemberian makan. 

Terkait dengan camilan untuk selingan MPASI, dr. Meta mengatakan bahwa si Kecil bisa diberikan puree buah atau puree yang mengandung berbagai gizi seperti lemak, karbohidrat dan protein.

Selain itu, dr. Meta dan Mona juga sempat membahas terkait pemberian air putih ketika si Kecil sudah mulai MPASI. 

"Air putih boleh diberikan kepada anak ketika sudah mulai MPASI. Perlu diingat bahwa cairan yang dibutuhkan oleh bayi, sebenarnya jumlahnya bisa dicukupi dari ASI. Kalau mau dikasih air putih saat MPASI tidak masalah, hanya saja jangan sampai air putihnya kebanyakan," ucap dr. Meta.

dr. Meta juga menambahkan bahwa kapasitas lambung bayi masih sangat terbatas. Jadi usahakan bayi tidak merasa kekenyangan hanya karena air putih, hingga berat badannya tidak bertambah dengan baik. 

3. Memperbanyak referensi buku-buku terkait MPASI 

3. Memperbanyak referensi buku-buku terkait MPASI 
Instagram.com/monaratuliu

Menjelang perkenalan MPASI perdana untuk Numa, Mona Ratuliu pun mempelajari banyak buku-buku terbaru. Selain berkonsultasi ke dokter, dirinya juga terus berusaha mencari ilmu baru mengenai MPASI. 

Dari sesi diskusi yang dilakukan oleh Mona kali ini, dr. Meta mengingatkan kepada orangtua bahwa penelitian baru terkait MPASI akan terus berkembang. Maka dari itu, orangtua perlu untuk terus belajar dan mencari informasi-informasi terbaru agar lebih siap ketika si Kecil sudah mulai untuk MPASI.  

Nah, itulah beberapa cerita terkait persiapan MPASI yang sempat dibagikan oleh Mona Ratuliu dan dr. Meta dalam sesi Instagram Live. 

Semoga ada pelajaran yang bisa diambil dari informasi kali ini ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.