Pentingnya Support System Dalam Pemberian MPASI untuk Bayi

Support system bisa menjadi penentu keberhasilan MPASI

9 November 2020

Penting Support System Dalam Pemberian MPASI Bayi
pixabay.com/yalehealth
Varian menu MPASI bayi

Pemberian MPASI sering menjadi tantangan tersendiri bagi para mama. Tak cukup bermodalkan niat, memberikan MPASI juga harus dibarengi dengan ilmu dan pengetahuan yang mumpuni. Selain itu juga harus pintar dalam melawan mitos yang telah dipercaya turun temurun. 

Nah, salah satu yang bisa menguatkan para mama di masa pemberian MPASI adalah adanya support system yang mendukung.

Berikut Popmama.com merangkum sumber support system yang bisa Mama dapatkan dalam masa pemberian MPASI untuk bayi.

Editors' Picks

1. Keluarga terdekat

1. Keluarga terdekat
Unsplash/Nathan Dumlao

Mengasuh anak seringkali tidak dapat dilakukan sendirian. Mama tidak perlu segan untuk meminta bantuan pasangan. Selain itu, Mama juga bisa meminta dukungan pada keluarga terdekat lainnya, terutama yang sudah memiliki pengalaman memberikan MPASI. Tak perlu sungkan Ma, meminta bantuan bukan berarti Mama lemah.

Namun, Mama juga perlu memilih siapa yang ingin Mama minta bantuannya. Jangan sampai keterlibatan keluarga dalam pemberian MPASI justru menghambat Mama dalam mengasuh si Kecil.

2. Komunitas

2. Komunitas
Doc. Komunitas MPASI Homemade

Saat ini banyak komunitas pendukung orangtua dalam mengasuh anak. Salah satu komunitas pendukung pemberian MPASI adalah Komunitas MPASI homemade. Mama bisa bergabung dengan komunitas tersebut dengan mengikuti akun Instagram @komunitas_mpasi_homemade.

Menurut Luthfiyatul Mardiyah, pendiri Komunitas MPASI Homemade, komunitas ini dibentuk karena ingin menjadi wadah berbagi ilmu dan pengalaman MPASI maupun parenting yang nyaman untuk ibu di indonesia.

"Kami ingin bisa menjadi komunitas yg bisa saling support satu sama lain (dengan para orangtua)," ucap Luthfiyatul Mardiyah, kepada Popmama.com.

Untuk mendukung para mama, Komunitas MPASI Homemade juga sering mengadakan kelas edukasi, baik online maupun offline. Kelas edukasi tersebut diselenggarakan dengan harapan dapat memberikan pengetahuan baru bagi para mama yang sedang memberikan MPASI untuk bayinya. Mereka percaya bahwa pemenuhan nutrisi yang seimbang bisa membuat anak mencapai tumbuh kembang optimal.

3. Dokter

3. Dokter
Pixnio/James Gathany

Saat menghadapi kesulitan dalam memberikan MPASI, Mama sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Berkonsultasi dengan dokter dapat memberikan Mama solusi atas segala permasalahan yang Mama hadapi. Semakin cepat Mama mendapatkan solusi maka semakin cepat masalah tersebut dapat diatasi. Dengan begitu, Mama bisa memberikan MPASI pada si Kecil dengan tepat.

Nah, itulah pendukung Mama dalam pemberian MPASI untuk si Kecil. Pastikan Mama mendapatkannya agar dapat memberikan MPASI yang sehat dan tepat.

Semoga berhasil ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.