Alami Penyakit Langka, Anak Oki Setiana Dewi Memakai Alat Poligrafi

“Lagi dipasang alat poligrafi, doain Sulaiman ya,” tulis Oki

6 April 2021

Alami Penyakit Langka, Anak Oki Setiana Dewi Memakai Alat Poligrafi
Instagram.com/sulaimanaliabdullah

Anak keempat aktris Oki Setiana Dewi, Sulaiman Ali Abdullah, diketahui menggunakan alat poligrafi saat tidur. Kabar tersebut disampaikan oleh Oki melalui akun Instagram pribadi sang Anak yang dikelola oleh Oki dan suaminya. 

Lagi dipasang alat poligrafi, doain Sulaiman ya,” tulis Oki dalam akun Instagram @sulaimanaliabdullah. 

Beberapa hari lalu, Oki memang mengumumkan bahwa sang Anak menderita penyakit langka Prader-Willi Syndrome. Penyakit tersebut merupakan kelainan genetik yang menyebabkan gangguan pada fisik, mental, dan perilaku. 

Selain itu, Sulaiman juga diketahui mengidap hipotonia atau sindrom bayi lemas. Lantas, apa fungsi dari alat poligrafi itu? Apakah ada hubungannya dengan penyakit yang diidap Sulaiman? 

Di bawah ini Popmama.com telah merangkum penjelasan seputar alat poligrafi. 

1. Poligrafi untuk memantau kadar oksigen

1. Poligrafi memantau kadar oksigen
Instagram.com/sulaimanaliabdullah

Oki menjelaskan, Sulaiman menggunakan alat poligrafi agar kadar oksigen dalam tubuhnya tetap terpantau, terutama ketika tidur. 

Alat poligrafi untuk melihat selama tidur ada lupa napas atau enggak, saturasi turun atau enggak,” tulis Oki. 

Alat tersebut dipasang pada hidung dan terdapat alat pemantau kadar oksigen yang menempel pada dada. Kakak dari Ria Ricis itu menyatakan, Sulaiman baru bisa melanjutkan sesi pengobatan berikutnya apabila tidak terdeteksi masalah tidur dari alat poligrafi. 

Ini untuk melihat semalam Sulaiman tidur, ada masalah atau enggak. Kalau enggak ada masalah, Sulaiman bisa lanjut pengobatan berikutnya, doain ya,” kata Oki. 

Editors' Picks

2. Alat poligrafi untuk bayi yang mengidap sleep apnea

2. Alat poligrafi bayi mengidap sleep apnea
Freepik/gerain0812

Dalam pengobatan medis, alat poligrafi digunakan untuk memantau kadar oksigen pada bayi atau anak yang mengidap Obstructive Sleep Apnea Syndrome (OSAS). OSAS adalah penyakit akibat terjadinya penyumbatan jalan napas saat tidur. 

Itulah sebabnya, penderita OSAS harus menggunakan alat poligrafi guna dipantau kadar oksigennya selama tidur. Jika terjadi penurunan kadar oksigen, maka dokter bisa menangani dan memberikan pertolongan medis sesegera mungkin.

3. Penyebab OSAS

3. Penyebab OSAS
Freepik/freepic.diller

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bayi mengidap OSAS yakni lemah otot, sering mengalami infeksi saluran napas, obesitas, dan mengalami refluks gastroesofagus. Ciri-ciri bayi yang mengidap OSAS adalah sering mengorok saat tidur dan pernapasannya terlihat tidak teratur pada malam hari. 

Mama tidak dapat langsung mendiagnosis si Kecil mengidap OSAS atau tidak. Mama perlu membawa si Kecil ke dokter terlebih dahulu. Dokter umumnya akan melakukan uji tidur terlebih dahulu kepada bayi, salah satunya dengan memasang alat poligrafi. 

4. Oki Setiana Dewi tetap tegar

4. Oki Setiana Dewi tetap tegar
Instagram.com/sulaimanaliabdullah

Walaupun anak keempatnya didiagnosis mengidap sejumlah penyakit, Oki dan suami tetap tegar dan menyebarkan energi positif melalui akun Instagramnya. Oki selalu membagikan kegiatan sehari-hari Sulaiman, termasuk kegiatan terapi untuk penyakit lemah ototnya. 

Aku lagi fisioterapi supaya ototku kuat, tapi abang Ibrahim bilang kok nangis enggak ada air matanya,” tulis Oki sambil mengunggah sebuah video yang menampilkan Sulaiman sedang menjalani terapi. 

Itulah informasi mengenai alat poligrafi yang digunakan oleh anak keempat Oki Setiana Dewi. Semoga Sulaiman tetap diberi kesehatan dan dilindungi oleh Allah SWT, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.