Mucos Drops: Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya

Obat batuk yang dapat membantu mengencerkan lendir atau dahak

30 April 2022

Mucos Drops Manfaat, Dosis, Efek Sampingnya
Blibli.com

Batuk juga bisa menyerang anak kecil yang daya tahan tubuhnya masih lemah, sehingga butuh pengawasan ekstra dan juga obat untuk menyembuhkannya. 

Namun terkadang batuk ini sering diabaikan oleh para orangtua atau bahkan orang dewasa karena jenis penyakit ini sudah biasa dialami. Meskipun begitu, jika terjadi batuk pada anak, alangkah baiknya untuk segera memberinya obat.

Mama bingung obat apa yang ingin diberikan jika si Kecil terserang batuk? Jangan bingung Ma. Ada obat bernama Mucos Drop yang dikenal dengan kandungan ambroxol HCL. 

Sebelum membelinya di apotek terdekat, alangkah baiknya untuk mengetahui dulu manfaat, dosis serta efek samping dari Mucos Drop. Langsung simak saja informasinya yang sudah Popmama.com rangkum ya, Ma. 

1. Apa itu Mucos Drops?

1. Apa itu Mucos Drops
Freepik

Mucos Drop adalah obat batuk yang mengandung ambroxol. Digunakan untuk membantu mengencerkan lendir atau dahak di beberapa penyakit yang terletak pada saluran pernapasan atas seperti bronkitis, asma, dan kondisi serupa. Mucos berkhasiat mukolitik dan juga  sekretolitik.

Obat ini tidak dianjurkan bagi pasien yang memiliki riwayat alergi obat ambroxol. Pasien yang menderita ulkus pada lambung penggunaan obat ini harus dilakukan secara hati-hati.

Bila perlu berkonsultasi dengan yang ahli di bidangnya terlebih dahulu untuk menghindari efek-efek samping lainnya. 

Editors' Picks

2. Apa saja manfaat dari Mucos Drops?

2. Apa saja manfaat dari Mucos Drops
Freepik

Mucos Drops memiliki manfaat yaitu memperlancar pengeluaran sekresi yang kental dan lengket di dalam saluran pernapasan dan mengurangi stagnasi lendir. Pengeluaran lendir dipermudah sehingga melegakan pernapasan.

Selama pengobatan dengan Mucos, sekresi lendiri menjadi normal, demikian juga batuk dan volume dahak menjadi berkurang. Dengan demikian sekresi yang berupa selaput pada permukaan mucosa pernapasan akan berfungsi sebagai protektif secara normal. 

3. Bagaimana dosis dari Mucos Drops?

3. Bagaimana dosis dari Mucos Drops
Freepik

Setiap obat tentunya memiliki dosis dalam pemakaiannya, begitu pun dengan Mucos Drops.

Pemberian mucos hanya dapat digunakan selama kehamilan, terutama trimester awal dan ibu menyusui jika benar-benar diperlukan. Serta di bawah ini anjuran dosis untuk anak-anak. 

  • Untuk anak usia di bawah 2 tahun diberikan 2 kali sehari sebanyak 0,5 ml (10 tetes)
  • Untuk anak-anak usia 2-6 tahun diberikan 2-3 kali sehari sebanyak 2.5 ml.
  • Untuk anak usia 6-12 tahun diberikan sehari 2-3 kali sehari 5 ml. 
  • Untuk dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun diberikan 2-3 kali sehari sebanyak 10 ml. 

4. Apa saja efek samping dari Mucos Drops?

4. Apa saja efek samping dari Mucos Drops

Efek samping penggunaan Mucos pada umumnya masih bisa ditoleransi dengan baik. Efek samping yang timbul yaitu kadang-kadang pada saluran pencernaan makanan yang ringan seperti mual, nyeri ulu hati, muntah, dan adanya reaksi alergi.

Efek-efek samping tersebut memungkinkan, tetapi tidak selalu terjadi. Konsultasi pada dokter dibutuhkan apabila efek samping tersebut terjadi dalam jangka waktu yang lama atau bahkan tidak hilang. 

Itulah informasi dari obat batuk Mucos Drops beserta manfaat, dosis dan efek sampingnya. Semoga ini bisa membantu para mama untuk menentukan obat batuk bagi anak nantinya. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk