Jokowi Soroti Kasus Bayi 7 Bulan Minum Kopi Instan

Jokowi berpesan agar bayi diberi makanan yang sehat dan bergizi

25 Januari 2023

Jokowi Soroti Kasus Bayi 7 Bulan Minum Kopi Instan
Instagram.com/@jokowi

Beberapa waktu lalu netizen sempat dihebohkan dengan video TikTok yang viral, yang memperlihatkan seorang bayi mengonsumsi kopi susu saset. Tak hanya menikmati kopi susu saset, bayi tersebut juga disuapi ayam pedas oleh ibunya.

Video ini pun sontak membuat banyak netizen geram pada aksi yang dilakukan oleh ibu si Bayi. Tak hanya netizen, rupanya video viral ini juga telah sampai ke telinga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam pidato sambutannya pada acara Rapat Kerja Nasional BKKBN tanggal 25 Januari 2023, Presiden Jokowi pun ikut menyoroti kasus ini dan menyampaikan pendapatnya.

Ini dia rangkuman informasi tentang Jokowi soroti kasus bayi 7 bulan minum kopi instan yang sudah Popmama.com rangkum untuk Mama.

1. Jokowi soroti kasus bayi minum kopi susu saset di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

@andikaskn

Jokowi sentil Kader Posyandu dan BKKBN karena lebih cepat Polri didalam menangani kasus Ibu beri bayi 7 bulan minum susu sachet. #presidenjokowi#jokowi#jokowidodo#jokowidodopresidenkita#jokowilagi#tetapjokowi#bkkbn#posyandu#fyp#fypシ#trending#viral#jakarta

♬ Perwiraku teruskan berjuang - Rilex Are Boh

Dikutip melalui akun TikTok @andikaskn, Presiden Jokowi terlihat menyampaikan rasa prihatinnya pada kejadian viral bayi yang diberi minum kopi susu saset.

Pada pidato pembukaan acara Rapat Kerja Nasional BKKBN tanggal 25 Januari 2023 itu, beliau bahkan menceritakan secara detail kejadian dalam video tersebut. Menurutnya, bayi seharusnya diberi makan makanan yang sehat dan bergizi.

Editors' Pick

2. Jokowi menekankan pentingnya penyuluhan agar tidak terulang lagi

2. Jokowi menekankan penting penyuluhan agar tidak terulang lagi
Instagram.com/@jokowi

Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi juga mengapresiasi Polri yang cepat tanggap dan langsung menemui orangtua bayi tersebut. Tetapi menurutnya hal ini seharusnya dilakukan oleh kader Posyandu atau BKKBN.

Jokowi juga menyampaikan bahwa melalui aksi viral tersebut menunjukkan betapa pentingnya penyuluhan dari BKKBN dan Posyandu. Tujuannya agar para ibu tidak sembarangan memberikan makanan atau minuman pada anak mereka.

Ia juga mengingatkan bahwa ginjal dan jantung anak-anak masih belum kuat sehingga orangtua harus berhati-hati saat akan memberikan makanan dan minuman.

3. Bayi tersebut diberi kopi saset karena mengandung susu

3. Bayi tersebut diberi kopi saset karena mengandung susu
TikTok.com/kayess9

Sebelumnya, sempat beredar di media sosial pemilik akun TikTok dengan nama akun @kayess9 membagikan video seorang ibu yang tampak membuat kopi susu saset. Setelah membuat kopi susu tersebut, sang ibu memberikan minuman tersebut pada bayinya.

Dalam video tersebut, sang ibu menuliskan alasannya memberi minuman tersebut kepada bayinya karena dianggap mengandung susu. 

Ia juga mengungkapkan bahwa sebelumnya si Bayi mengalami buang-buang air besar (BAB) hingga sepuluh kali dalam sehari. Tetapi setelah minum kopi susu saset, BAB-nya berkurang menjadi 9 kali sehari.

4. Tak hanya kopi susu saset, ibu tersebut juga menyuapi ayam pedas pada bayinya

4. Tak ha kopi susu saset, ibu tersebut juga menyuapi ayam pedas bayinya
TikTok.com/kayess9

Selain memberikan kopi susu saset, pada video lainnya ibu tersebut terlihat memberikan makanan yang tidak seharusnya ia berikan pada sang bayi.

Menurut keterangan dalam video tersebut, sang ibu memberikan nasi dan ayam pedas pada bayinya.

Nah, itulah tadi rangkuman informasi tentang Jokowi soroti kasus bayi 7 bulan minum kopi instan. Semoga kejadian seperti ini kelak tidak terjadi lagi, ya, Ma!

Baca juga:

The Latest