Ketahui 7 Ciri-Ciri Bayi Sudah Siap Menerima MPASI

Perlu banget nih, Mama tahu tanda bayi sudah siap menerima MPASI

9 Juli 2018

Ketahui 7 Ciri-Ciri Bayi Sudah Siap Menerima MPASI
Freepik/prostooleh

Si Kecil di rumah sudah siap untuk menerima MPASI belum nih, Ma?

Jika di usia nol hingga 6 bulan pertama, Si Kecil sudah cukup memenuhi kebutuhan ASI itu berarti sudah waktunya untuk memperkenalkan makanan pendamping. 

Setelah 6 bulan, Si Kecil dapat mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI) sebagai penunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya.

Meski dianjurkan untuk melakukan MPASI saat usia Si Kecil 6 bulan, namun tidak semua bayi sudah siap. Mama perlu mengetahui ciri-ciri yang menandakan dirinya sudah siap menerima MPASI.

Untuk Mama yang belum begitu paham Si Kecil sudah siap atau belum, berikut rangkuman dari Popmama.com yang harus dibaca.

1. Memiliki ketertarikan dengan makanan yang dimakan orang lain

1. Memiliki ketertarikan makanan dimakan orang lain
Unsplash/Tanaphong Toochinda

Si Kecil yang sudah siap menerima MPASI biasanya akan menunjukkan rasa ketertarikan lain di sekitarnya. Dirinya juga akan semakin lebih sering melihat dan mamandangi setiap suapan dari makanan yang sedang Mama makan. 

Tak hanya itu, Si Kecil juga akan berusaha untuk mengambil makanan Mama. Bahkan bisa merengek seolah tertarik ingin mencicipi makanan yang sedang Mama makan.  

2. Memiliki koordinasi anggota tubuh yang baik

2. Memiliki koordinasi anggota tubuh baik
Pexels/freestocks.org

Si Kecil yang pelan-pelan mulai meraih makanannya sendiri dan dimasukan ke dalam mulut  bisa menjadi salah satu tanda dirinya siap untuk MPASI nih, Ma.

Ini menandakan dirinya sudah belajar berkoordinasi antara mata, mulut, serta tangannya. Hanya saja ini perlu dilatih agar ia terbiasa dan mampu mengatur anggota tubuhnya dengan baik.

3. Memperlihatkan gerakan mengunyah

3. Memperlihatkan gerakan mengunyah
Pexels/Alex Smith

Seiring berkembangnya pertumbuhan, Si Kecil pasti akan memperlihatkan gerakan-gerakan baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. 

Si Kecil yang mulai melakukan gerakan mengunyah ke atas dan bawah menjadi ciri kesiapannya untuk diberikan MPASI. Selain itu, dirinya sudah dapat mengendalikan lindahnya sendiri. Jika sudah begini, pelan-pelan ia bisa belajar menelan makanan dengan baik. 

Editors' Picks

4. Sudah bisa duduk di high chair

4. Sudah bisa duduk high chair
Pexels/amsw photography

Untuk bisa menerima MPASI itu berarti Si Kecil harus bisa menikmati sendiri makanan yang tersedia di hadapannya. 

Ciri lain Si Kecil sudah bisa untuk MPASI yaitu saat dirinya sudah bisa duduk sendiri di high chair, kursi khusus anak-anak untuk makan. Kemampuannya untuk terbiasa duduk sendiri ini bisa dilatih dengan kebiasaan Mama memangku dirinya. Dengan begitu, ia pelan-pelan akan terbiasa dengan duduk meskipun dengan kondisi kursi yang tinggi. 

Selain melatihnya sudah terbiasa duduk di high chair, Mama harus membiasakan diri Si Kecil untuk merasa nyaman dengan lingkungan meja makan.

Ini menjadi tahapan awal yang bisa dilakukan dalam mendidik Si Kecil saat untuk bersama keluarga di meja makan.

5. Mampu menegakkan kepalanya sendiri

5. Mampu menegakkan kepala sendiri
Freepik/freepic.diller

Selain sudah bisa duduk sendiri di high chair, seharusnya Si Kecil juga sudah menunjukkan tanda-tanda jika sudah mampu menegakkan kepalanya sendiri. 

Bayi di usia 4-5 bulan pada umumnya memang sudah bisa menegakkan kepala dan duduk tegak sendiri. Kesiapan Si Kecil menerima MPASI harus ditandai dengan kesiapan-kesiapan seperti ini. Dengan kepala Si Kecil yang sudah bisa tegak dan leher lurus, tentu akan mempermudah dirinya dalam menelan makanan. 

Jika kepala Si Kecil belum bisa tegak, ada baiknya pemberian MPASI ditunda dulu ya. Jangan terlalu memaksakan kondisi yang memang belum siap.

6. Membuka mulut lebar-lebar saat didekatkan dengan sendok

6. Membuka mulut lebar-lebar saat didekatkan sendok
Freepik/prostooleh

Mama bisa mencari tahu sendiri nih mengenai kesiapan Si Kecil dalam menerima MPASI. 

Coba sesekali mendekatkan Si Kecil dengan sendok. Bila ada reaksi membuka mulut dan mendekatkan ke sendok itu berarti dirinya sudah siap untuk diberikan MPASI.

Kebiasaan Si Kecil meniru apa yang dilakukan orangtuanya saat makan bisa membantu Mama dalam mengetahui kesiapan MPASI. 

Lagipula bayi berusia 6 bulan akan lebih sering bertingkah dan mengikuti apa yang dilakukan kedua orangtuanya.

  

7. Hobi memasukkan apapun ke dalam mulut

7. Hobi memasukkan apapun ke dalam mulut
Unsplash/Colin Maynard

Kebiasaan Si Kecil yang hobi memasukkan apapun ke dalam mulut bisa memberikan tanda ke Mama kalau dirinya sudah bisa diberi MPASI. Bahkan sesuatu yang bukan makanan pun bisa saja dimasukkan ke dalam mulut. 

Ini dikarenakan Si Kecil sudah memiliki minat terhadap rasa-rasa baru, sehingga dirinya ingin memakan segalanya. Kondisi ini harus Mama perhatikan ya, jangan sampai ia memakan sesuatu makanan yang berbahaya.