Panduan untuk Meningkatkan Berat Badan Bayi Usia 7-12 Bulan

Amati perkembangan berat badan bayi sehingga Mama dapat mengambil tindakan cepat jika ada masalah

11 Agustus 2020

Panduan Meningkatkan Berat Badan Bayi Usia 7-12 Bulan
Freepik

Tumbuh kembang setiap bayi berbeda-beda, Ma. Ada yang lebih cepat dalam beberapa hal seperti menambah berat badan, ada juga yang tidak.

Berat badan bayi biasanya menjadi tolak ukur seberapa sehat kondisinya. Karena itu sangat penting untuk mengikuti perkembangan berat badannya. Selain itu, sejak bayi dilahirkan, pertambahan berat badan merupakan perubahan yang sangat jelas terlihat.

Idealnya, berat badan akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia bayi. Mama perlu memantau dan mencatat pertumbuhan bayi. Hal ini diperlukan untuk menghindari munculnya gangguan kesehatan yang tidak terdeteksi sehingga menimbulkan efek jangka panjang.

Setelah Mama memiliki catatan perkembangan yang lengkap, dokter anak dapat merekomendasikan cara-cara untuk menambah berat badan bayi.

Berikut cara meningkatkan berat badan bayi usia 7-12 bulan yang dirangkum oleh Popmama.com untuk Mama.

Usia 7 bulan

Usia 7 bulan
Freepik/master1305

Berat bayi akan terus bertambah 1 kg sebulan. Konsultasikan dengan dokter jika berat badan bayi Mama bertambah kurang dari 1 kg atau lebih dari 2.7 kg. Dokter akan mencari tahu apakah ada masalah kesehatan pada bayi.

Di usia 7 bulan, bayi dapat mencoba campuran daging, sayuran, dan buah-buahan juga diselingi dengan ASI atau susu formula. Jika Mama membuat makanan bayi sendiri, jangan takut untuk bereksperimen dengan bumbu. Bayi terbiasa dengan berbagai rasa dalam ASI Mama.

Editors' Picks

Usia 8 bulan

Usia 8 bulan
katalogibu.com

Selanjutnya, di usia bayi 8 bulan, bobot tubuh bayi ideal untuk bayi laki-laki sekitar 6,9-9,6 kg dan bayi perempuan 6,3-9,0 kg.

Mama dapat mencoba variasi menu MPASI bayi. Di usia ini, bayi mulai mencoba makanan dengan tekstur lebih kasar. Namun Mama harus mengawasi agar bayi tidak tersedak. Selain ASI dan susu formula, Mama dapat mencoba puree yang lebih kasar dan beberapa finger food.

Cobalah telur orak-arik atau pasta yang dibentuk kotak. Sayuran, bakso, keju, dan buah juga bisa dikenalkan di usia 8 bulan.

Usia 9 bulan

Usia 9 bulan
babyearth.com
baby snacks

Untuk mempertahankan kenaikan berat badan, beri bayi camilan ringan antara sarapan dan makan siang, juga antara makan siang dan makan malam.

Hingga tiba di usia bayi 9 bulan, berat badan bayi ideal untuk laki-laki seharusnya berkisar 7,1-9,9 kg dan bayi perempuan 6,5-9,3 kg.

Selain ASI atau susu formula, bayi dapat mengonsumsi puree yang bertekstur lebih kasar dan banyak makanan ringan. Jangan ragu untuk memberikan segala macam makanan yang ada di piring Mama. Tetap awasi bayi agar tidak tersedak ya, Ma.

Usia 10 bulan

Usia 10 bulan
Freepik/Tortoon

Di usia ini bayi Mama mungkin sudah mulai merangkak dan menjelajahi rumah. Ia akan mulai berpetualang di dapur, mencoba berdiri dengan bantuan meja, kursi, atau bahkan kaki Mama. Aktivitas ini tentu membakar banyak kalori. Sehingga penambahan berat badan biasanya mulai sedikit melambat.

Coba perkenalkan bayi dengan sayuran hijau serta buah-buahan yang lebih keras seperti apel. Mama dapat memotongnya kecil-kecil sehingga lebih mudah dimakan oleh bayi.

Di usia 10 bulan bayi masih menyusu ASI atau susu formula.

Usia 11-12 bulan

Usia 11-12 bulan
Pixabay/timkraaijvanger

Mama sudah bekerja keras selama hampir setahun! Menjelang ulang tahun pertama bayi, berat badannya kemungkinan akan menjadi 3 kali lipat berat badan saat lahir. Di usia ini biasanya bayi mulai belajar berjalan dan siap memasuki usia balita.

Pada usia bayi 11 bulan, bobot bayi laki-laki idealnya ada di kisaran 7,6-10,5 kg dan 6,9-9,9 kg untuk bayi perempuan.

Sedangkan di usia bayi 12 bulan, bobot badan bayi ideal untuk laki-laki secara normal yaitu memiliki berat badan di rentang 7,7-10,8 kg dan bayi perempuan 7,0-10,1 kg.

Berat badan ideal bayi dapat menjadi tolak ukur. Namun Mama juga harus memantau tinggi badan dan lingkar kepala bayi sebagai indikator kesehatan dan pertumbuhan bayi.

Tumbuh kembang setiap bayi unik dan berbeda-beda, namun apabila berat badan bayi kurang atau lebih dari rentang tolak ukur ideal tersebut, sebaiknya Mama berkonsultasi ke dokter.

Dokter akan memberikan saran terkait pola makan dan perbaikan gizi yang dapat dilakukan untuk mencapai berat badan ideal bayi.

Itulah cara meningkatkan berat badan bayi usia 7-12 bulan. 1000 hari pertama kehidupan bayi sangat penting, Ma. Di masa ini terjadi pembentukan otak dan organ penting lainnya.

Nah, itulah mengapa Mama harus terus memantau pertumbuhannya sehingga bila pertumbuhannya tidak normal, Mama dapat dengan cepat mengambil tindakan.

Semoga tetap sehat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.