Macam-Macam Gaya dalam Ilmu Fisika untuk Anak Ketahui

Mobil yang direm merupakan salah satu bentuk gaya gesek yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari

11 Oktober 2021

Macam-Macam Gaya dalam Ilmu Fisika Anak Ketahui
Pexels/Dariusz Grosa

Menurut hukum fisika, gaya terbagi atas berbagai macam. Namun, pada penjelasan kali ini jenis gaya yang akan dibahas terdiri dari 3 macam yaitu, gaya gravitasi, gaya gesek, dan gaya magnet.

Gaya merupakan sebuah interaksi yang terjadi pada sebuah benda dan dapat menyebabkan benda yang memiliki massa akan mengalami perubahan gerak dalam bentuk arah ataupun konstruksi geometris.

Secara fisika, gaya adalah tarikan atau dorongan yang dapat memengaruhi gerakan suatu benda serta memiliki arah ataupun besar dari suatu benda tertentu.

Berbagai jenis gaya memiliki manfaatnya masing-masing. Secara tidak sadar, gaya pun dapat ditemui pada kehidupan sehari-hari.

Lalu, apa saja jenis gaya serta bagaimana contohnya?

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum penjelasan mengenai macam-macam gaya dalam fisika beserta contohnya.

Simak penjelasannya, yuk!

Editors' Picks

1. Gaya gravitasi bumi

1. Gaya gravitasi bumi
Pexels/Zura Narimanishvili

Gaya yang terdapat dalam fisika yang pertama adalah gaya gravitasi. Bumi mempunyai gaya gravitasi sendiri. Gaya gravitasi merupakan jenis gaya tak sentuh yang terjadi karena adanya gravitasi bumi.

Disebut gaya gravitasi karena semua benda yang dilempar ke segala arah akan kembali jatuh ke bawah atau ke bumi.

Walaupun semua benda yang dilemparkan akan jatuh ke bawah, namun proses kecepatan saat benda tersebut jatuh memiliki perbedaan antara satu dan lainnya.

Hal ini disebabkan karena setiap benda mempunyai berat, bentuk, tinggi dan ukuran yang berbeda-beda. Inilah yang membuat benda memiliki waktu kecepatan yang berbeda saat jatuh ke bawah.

Salah satu contoh gaya gravitasi bumi yang terdapat pada kehidupan sehari-hari adalah buah yang jatuh dari pohon ke permukaan tanah. Hal sederhana ini termasuk dalam gaya gravitasi.

Contoh lainnya dalam melihat cepat atau lambatnya suatu benda ketika jatuh yakni, anak mama dapat membandingkan batu dengan dengan kayu atau barang-barang yang memiliki perbedaan bentuk dan ukuran.

Benda yang memiliki massa lebih ringan biasanya akan lebih cepat sampai ke tanah.

2. Gaya gesek

2. Gaya gesek
Freepik/brgfx
Ilustrasi

Gaya gesek merupakan gaya yang terjadi akibat adanya hambatan antara dua permukaan benda yang saling bergesekan atau bersentuhan satu sama lainnya.

Gaya gesek memiliki sifat yang memperlambat laju dari sebuah benda.

Contoh gaya gesek yang sering terjadi pada kehidupan sehari-hari adalah pada saat kendaraan yang melaju dan kemudian menginjak rem sehingga kendaraan tersebut menjadi berhenti. Tindakan seperti ini termasuk dalam gaya gesek.

Terdapat cara lain untuk membuktikan adanya gaya gesek, yaitu dengan menggelindingkan dua buah benda di atas permukaan yang berbeda-beda.

Misalnya pada area pertama memiliki permukaan yang datar dan yang kedua memiliki permukaan yang kasar. Pada saat menggelindingkan bola pada permukaan yang datar maka bola akan melaju dengan cepat tanpa adanya hambatan.

Tetapi, pada bola yang digelindingkan pada permukaan yang kasar maka bola tersebut akan menggelinding lebih lambat. Hal ini terjadi karena adanya gesekan yang terjadi pada bola dan permukaan yang kasar sehingga membuat benda menggelinding lebih lambat.

3. Gaya magnet

3. Gaya magnet
Pixabay/pithonius

Magnet merupakan sebuah benda yang dapat menarik suatu barang tertentu. Gaya magnet adalah salah satu jenis gaya tidak sentuh dan berasal dari benda yang magnetis.

Gaya magnet biasanya timbul karena adanya tarikan atau dorongan yang terjadi pada benda logam, seperti besi dan baja serta memiliki kutub yang sama.

Apabila kutub dari magnet sama, maka benda tersebut akan menolak dan terjadi dorongan yang menyebabkan benda tidak menyatu. Namun, apabila memiliki kutub yang berbeda maka benda tersebut akan terjadi proses tarik menarik.

Pada perkembangannya, magnet memiliki beberapa bentuk, yaitu magnet jarum, magnet batang dan magnet tapal kuda. Sementara berdasarkan dari asalnya, magnet terdiri dari dua jenis, yaitu magnet alam dan juga magnet buatan.

Contoh magnet alam yaitu magnet bumi, sedangkan magnet buatan terdapat pada magnet batang, jarum dan magnet yang berbentuk U.

Salah satu contoh gaya magnet yang terdapat pada kehidupan sehari-hari yaitu pada saat besi tertarik dengan suatu magnet.

Nah, itulah berbagai macam gaya yang terdapat pada fisika. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu anak mama untuk mengetahui fungsi dan penjelasan dari masing-masing gaya tersebut ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.