TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Keluarga Inspiratif: Andhika Pratama & Ussy Sulistiawaty

Ussy larang anak-anak bermain media sosial, bagaimana dengan Mama?

19 Desember 2017

Keluarga Inspiratif Andhika Pratama & Ussy Sulistiawaty
Instagram.com/@ANDHIIIKAPRATAMA

Meski hidup sudah sangat terkenal, tidak semuanya artis Indonesia membebaskan kehidupan anaknya dan menginginkan mereka mengikuti jejaknya untuk berkarier dalam bidang yang sama. Beberapa dari mereka tetap memberi aturan ketat pada anak dan melarangnya ikut terjun ke dunia hiburan di usia yang terlalu dini. Seperti keluarga pasangan Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty misalnya.

Hidup dengan empat orang putri, pola asuh keluarga ini cukup inspiratif dan menarik untuk disimak. Keempat putrinya tak satupun yang terjun ke dunia hiburan, mereka difokuskan untuk menempuh pendidikan dan menjalani kegiatan layaknya anak-anak biasa. Yuk, Ma intip harmonisnya keluarga artis yang satu ini!

Editors' Picks

Sering Tampil Kompakan adalah Cara Bijak Memupuk Keharmonisan

Sering Tampil Kompakan adalah Cara Bijak Memupuk Keharmonisan
Instagram.com/@ANDHIIIKAPRATAMA

Sebelum menikah dengan Andhika Pratama, Ussy Sulistiawaty sudah pernah membina rumah tangga dengan pengusaha Yusuf Sugianto dan dikarunia seorang putri bernama Syafa Al Zahra atau Ara. Sebelum Ara lahir, Ussy mengangkat anak seorang bayi perempuan bernama Nur Amalia Putri yang kini akrab disapa Amel.

Di tahun 2012, Ussy kemudian menikah lagi dengan Andhika Pratama dan dikarunia dua orang putri bernama Shakeela Eleanor Ameera atau Elea, dan Sheva Elmira Lorrenia atau Sheva. Bersama keempat putrinya, Ussy sering tampil kompakan dengan baju-baju bermotif atau warna sama. Kadang meski tanpa Ussy, ketiga putrinya juga terbiasa tampil kompakan sejak sebelum Sheva lahir.

Terkesan sepele, memakai baju kompakan termasuk cara yang bijak dalam memupuk keharmonisan antar anak. Banyak kasus di masyarakat yang dilatarbelakangi kecemburuan antara anak sulung dengan adiknya, lalu berujung menjadi petaka di kemudian hari. Itu saja saudara sekandung, sementara Ussy dan Andhika mengemban tugas yang lebih berat karena putri mereka memiliki latar belakang orangtua yang berbeda.

Dilarang Bermain Media Sosial dan Terjun ke Dunia Hiburan

Dilarang Bermain Media Sosial Terjun ke Dunia Hiburan
Instagram.com/@USSYPRATAMA

Kini banyak artis yang sengaja membuatkan akun Instagramkhusus untuk anak mereka. Dari media sosial, tak jarang mereka mendapat pemasukan tambahan karena kelucuan dan popularitas anaknya dilirik jasa endorse. Beberapa bayi artis malah berhasil meraup jumlah pengikut yang hampir menyaingi orangtuanya, seperti Nastusha (putri Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia), Gempita (putri Gading Marten dan Gisella), atau Arsyi dan Arsya (anak Anang Hermansyah dan Ashanty).

Berbeda dengan kebanyakan artis tersebut, Andhika dan Ussy memutuskan untuk tidak mengizinkan anak-anak mereka memiliki akun media sosial pribadi. Mereka diperbolehkan bermain dengan smartphone, asal masih sebatas mengakses game atau berkomunikasi dengan teman dan saudara. Keempat putri cantik ini juga tidak ada yang diizinkan menerima tawaran terjun ke dunia hiburan, baik membintangi iklan atau mendapat peran di sinetron.

Menurut Ussy, kehidupan di dunia digital saat ini kurang bersahabat untuk anak-anak. Banyak ujaran kebencian, konten pornografi, dan pengaruh negatif lainnya. Akan tiba waktunya mereka boleh mengakses media sosial secara bebas, tapi tidak di usia yang sekecil ini.

Kalau Ussy dan Andhika melarang anak bermain media sosial, menurut Mama bagaimana? Apakah Si Kecil sudah pantas memiliki media sosial pribadi dan berinteraksi dengan banyak orang?

Potret Keluarga yang Harmonis dan Inspiratif

Potret Keluarga Harmonis Inspiratif
Instagram.com/@ANDHIIIKAPRATAMA

Menikahi Ussy Sulistiawaty yang usianya beberapa tahun lebih tua dan berstatus janda dengan dua orang anak, tak membuat Andhika pilih kasih atau merasa terbebani. Perlakuannya kepada keempat putrinya sama rata, tak ada yang diistimewakan satupun. Potret keharmonisan mereka terlihat jelas melalui unggahan-unggahan Andhika dan Ussy di media sosial. Sering berlibur bersama, menikmati waktu santai di rumah, dan selalu berusaha tampil kompak.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk