8 Karakter Positif Selena Gomez yang Bisa Menjadi Inspirasi Remaja

Selena memberikan contoh untuk menggunakan media sosial secara positif

11 Maret 2021

8 Karakter Positif Selena Gomez Bisa Menjadi Inspirasi Remaja
Variety.com

Siapa yang tak mengenal penyanyi yang satu ini? Selena Marie Gomez merupakan seorang penyanyi, aktris, dan produser asal Amerika yang lahir dan dibesarkan di Texas. Selena Gomez memulai karirnya dengan tampil di serial televisi anak-anak di tahun 2004.

Hingga saat ini, Selena telah mengukir karir suksesnya dengan berbagai film dan album yang dikeluarkannya. 

Selena juga menjadi salah satu selebriti yang paling banyak diikuti di media sosial.

Di media sosial instagram, ia telah memiliki 215 juta pengikut.

Tak hanya itu saja, dilansir dari vanityfair.com, Selena juga dikenal sangat menarik dalam wawancara. Ada beberapa alasan lainnya yang membuat Selena Gomez menjadi idola dan inspirasi bagi anak remaja.

Kali ini Popmama.com akan membahas 8 karakter positif Selena Gomez yang bisa menjadi panutan untuk anak remaja mama. Yuk simak!

1. Memulai kariernya sejak usia muda

1. Memulai karier sejak usia muda
Teenvogue.com

Aktris dan penyanyi Selena Gomez memulai kariernya pada usia sembilan tahun pada acara televisi Barney and Friends di tahun 2002-2004. Kemudian ia melakukan debut layar lebar di film keluarga Spy Kids 3-D: Game Over di tahun 2003.

Pengalamannya tersebut membuat Selena Gomez mengikuti audisi untuk Disney Channel, yang akhirnya membawanya menjadi pemain di serial TV The Suite Life of Zack and Cody. Kemudian pada 2007, Selena melanjutkan sitkom di Disney, Wizards of Waverly Place.

Pada acara tersebut, Selena juga menyanyikan lagu temanya, yang sempat menjadi hit di antara anak remaja. Sambil terus membintangi sitkom tersebut, Selena lanjut berakting dalam berbagai video dan film televisi untuk remaja.

Karirnya dibidang industri perfilman ini terus berkembang setiap tahunnya, hingga pada tahun 2019 Selena muncul dalam film zombie Jim Jarmusch The Dead Don Not Die, dan dalam Woody Allen's A Rainy Day di New York.

2. Tak ragu mencoba hal-hal baru

2. Tak ragu mencoba hal-hal baru
Selenagomezinstagrams.blogspot.com

Selain menjadi penyanyi dalam lagu tema salah satu tayangan televisinya, Selena Gomez pada akhirnya menunjukkan keseriusan di bidang musik.

Selena terjun ke dunia musik sebagai pemimpin band-nya yang bernama “Selena Gomez & the Scene”, sebuah band dengan genre pop yang dipengaruhi elektronik, dan menghasilkan beberapa lagu dance yang hits dikalangan remaja.

Grup ini pertama kali merilis album Kiss & Tell (2009), A Year Without Rain (2010), dan When the Sun Goes Down (2011), namun band ini harus berakhir pada tahun 2012.

Berakhirnya “Selena Gomez & the Scene” tak membuat Selena berhenti berkarir, ia kemudian bersolo karir dengan album Stars Dance (2013), yang mana menampilkan single "Come & Get It". Album solo berikutnya termasuk Revival (2015) dan Rare (2020), yang terakhir menghasilkan balada hit "Lose You to Love Me."

3. Membantu dan memberikan dukungan bagi orang-orang yang membutuhkan

3. Membantu memberikan dukungan bagi orang-orang membutuhkan
Unicefusa.org

Selena bekerja giat untuk membantu mereka yang membutuhkan dan juga memberikan dukungan besar.

Selama karirnya Selena telah menjadi mitra UNICEF, menjadi bagian dari UR VOTE COUNTS, FRIENDS FOR CHANGE, juru bicara dosomething.org, duta untuk Ryan Seacrest Foundation, pemberi Make-A-Wish Foundation.

Sebagai duta untuk Ryan Seacrest Fondation, Selena juga tidak ragu melakukan kunjungan rumah sakit untuk memberikan kejutan pada para penggemarnya, ia pun dikenal selalu meningkatkan partisipasinya pada kegiatan ini.

Editors' Picks

4. Menggunakan popularitasnya untuk meningkatkan kesadaran pengikutnya pada masalah dunia

4. Menggunakan popularitas meningkatkan kesadaran pengikut masalah dunia
Allure.com

Pada akhirnya Selena berkembang jauh melampaui masa-masa awalnya sebagai selebriti remaja, dan setelah mendapatkan popularitas yang besar, Selena menggunakan statusnya untuk meningkatkan kesadaran akan masalah yang menjadi minatnya.

Selena juga memberikan pengaruh yang besar melalui media sosialnya dan upayanya untuk terbuka dan jujur. Selena menjadi salah satu suara terbesar dan telah memilih untuk menggunakannya di berbagai masalah yang kurang terwakili.

Yang terbaru ini, Selena ikut menyuarakan dukungannya terhadap Gerakan Black Lives Matter dan bahkan bermitra dengan Organisasi Plus1 untuk membuat Dana Kesetaraan Kulit Hitam untuk "memperkuat organisasi di garis depan dalam memastikan suara Kulit Hitam didengar."

Kemudian Selena juga memberikan kesadaran tentang penyakit autoimun dan kesehatan mental, kesetaraan untuk komunitas LGBT, penyakit Hispaniknya, dan memberdayakan para siswa untuk membuat perbedaan.

Selena menggunakan platform media sosialnya, terutama Instagram, untuk berbagi tentang minat ini dan bagaimana orang dapat membuat perbedaan setiap hari berkatnya.

5. Menunjukkan kasih sayang pada hewan

5. Menunjukkan kasih sayang hewan
Twitter.com/Worldwideselg

Dilansir dari billboard.com, saat syuting film Wizards of Waverly Place di Puerto Rico, Selena kesal mengetahui tentang jumlah anjing liar dan terlantar yang berjejer di pantai.

"Itu menghancurkan hati saya, pergi bekerja setiap hari dan tidak dapat melakukan apa pun. Mama saya dan saya meneliti organisasi yang dapat membantu kami melakukan sesuatu tentang semua hewan," kata Selena yang mengingat hal tersebut

Selena akhirnya menemukan Island Dog, sebuah organisasi yang menyelamatkan anjing liar yang dapat diadopsi di Puerto Rico dan pulau-pulau lain di Karibia. Organisasi nirlaba juga memberi makan, mengobati, dan merawat hewan yang tidak mampu mereka pelihara di tempat penampungan.

Tergerak oleh misi mereka, Selena menyelenggarakan acara sukarela pada 7 Maret di dekat San Juan yang membantu mengumpulkan $ 17.000.

Selena mengatakan tim nya berhasil memvaksinasi anjing dan mengoleskan minyak ke punggung anjing-anjing liat tersebut sehingga mereka tidak terkena kutu. Bahkan Selena juga merekam video pendidikan untuk menjelaskan situasi tersebut.

"Kami harus memberi mereka makan dan bermain dengan mereka. Rasanya manis dan memilukan pada saat yang sama." ujar Selena.

Rasa kasih sayang dan dedikasinya ini pun juga ditunjukkan ketika Selena bahkan mengadopsi satu anjing untuk dibawa pulang bersamanya.

6. Terbuka tentang kesehatan mentalnya

6. Terbuka tentang kesehatan mentalnya
Consequenceofsound.net

Bukan rahasia lagi bahwa Selena mengalami banyak pasang surut dalam hidup, dan ia tidak ragu untuk membagikan perjuangannya yang sulit dan melelahkan.

Selena menceritakan tentang perjuangannya dengan kecemasan dan depresi. Ia mulai menjalani terapi pada usia awal 20an dan menghabiskan waktu di fasilitas perawatan. Saat Selena mencapai 100 juta pengikut Instagram, ia mengatakan "agak ketakutan,".

Sejak itu Selena mulai mengambil beberapa jeda panjang dari media sosial sebagian karena komentar negatif. Pada April 2020, Selena mengungkapkan bahwa dirinya menderita gangguan bipolar

Selena sangat terbuka dengan penggemarnya tentang apa yang dia perjuangkan secara mental dan fisik sehingga membuat penggemarnya yang kebanyakan usia remaja tidak bisa tidak terinspirasi olehnya.

Banyak orang yang merasakan dan bahkan menderita masalah kesehatan mental itu sendiri, jadi ketika remaja memiliki seseorang yang diidolakan begitu terbuka tentang perjuangannya dalam kesehatan mental, membuat anak tidak merasa sendirian.

7. Membuat donasi untuk membantu mengatasi kesenjangan dalam layanan kesehatan mental

7. Membuat donasi membantu mengatasi kesenjangan dalam layanan kesehatan mental
Beautypackaging.com

Selena juga membuka merek kosmetiknya sendiri yaitu Rare Beauty, dan ia mengumumkan Rare Impact Fund, yang akan mengumpulkan 100 juta dollar selama 10 tahun ke depan untuk membantu mengatasi kesenjangan dalam layanan kesehatan mental dan menghubungkan komunitas yang tidak layak dengan akses ke layanan kesehatan mental.

Satu persen dari penjualan kosmetiknya dan donasi dari para mitra digunakan untuk membentuk salah satu dana terbesar yang diketahui untuk mendukung kesehatan mental dari entitas korporat.

Dengan donasi yang dikumpulkan, perusahaan kosmetik Selena mengembangkan kemitraan dengan yayasan terkemuka, organisasi nirlaba, dan perusahaan untuk membuat dampak pada kesehatan mental.

Dengan membantu orang merasa lebih terhubung secara otentik dengan menyediakan alat, sumber daya, dan dukungan untuk mereka butuhkan agar bisa berkembang.

8. Selena juga selalu meluangkan waktu memotivasi penggemarnya di media sosial

8. Selena juga selalu meluangkan waktu memotivasi penggemar media sosial
Elle.com

Sebagai seseorang yang merasakan gangguan mental, Selena juga selalu meluangkan waktu untuk memberikan beberapa kata penyemangat kepada penggemarnya.

Baik melalui balasan atau hanya status di media sosial, Selena memberi tahu para penggemarnya betapa ia mencintai dan sangat menghargai mereka!

Nah itulah beberapa karakter positif Selena Gomez yang menginspirasi para penggemarnya. Selena juga bisa menjadi contoh bagi para remaja untuk memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk menyayangi diri sendiri dan mendorong sesama untuk berbuat kebaikan juga pada orang lain.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.