10 Aplikasi Permainan Catur di Android untuk Remaja

Bagi remaja yang baru tertarik belajar bermain catur

23 Maret 2021

10 Aplikasi Permainan Catur Android Remaja
Freepik/Master1305

Catur adalah salah satu permainan papan tertua yang hingga saat ini masih dimainkan oleh banyak orang. Anak remaja mama dapat bermain permainan santai ini dengan keluarga atau teman-teman atau tergabung dalam dengan komunitas catur yang aktif.

Hal yang membuat anak tertarik tentang catur adalah mudah dipelajari namun sulit untuk dikuasai.

Anak dapat mungkin dapat mempelajari dan menguasai hal-hal baru tentang permainan ini selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun setelah pertama kali memulai.

Untuk melatih anak bermain catur di mana saja dan kapan saja, anak bisa mendownload beberapa permainan catur di smartphone Android-nya.

Jika anak tertarik, berikut ini Popmama.com akan membahas 10 aplikasi permainan catur untuk remaja di smartphone android. Yuk asah kemampuan anak!

1. Chess Free

1. Chess Free
Pardolabs.com

Chess by AI Factory Limited merupakan salah satu game catur yang populer di Android. Permainan ini memiliki semua hal dasar catur, yang juga mencakup 12 tingkat kesulitan, mode permainan kasual dan pro, pencapaian, papan peringkat, dan bahkan penyimpanan cloud.

Permainan ini memiliki penampilan antarmuka yang sederhana.

Selain itu jugaada delapan tema papan catur. Versi gratis permainan ini tidak memiliki pembelian dalam aplikasi, tetapi memiliki iklan. Anak dapat membeli versi pro nya seharga Rp.34.000 untuk menghapusnya.

2. Chess Tactic Pro

2. Chess Tactic Pro
Apkpure.com

Chess Tactics Pro tidak seperti kebanyakan game catur, dan tidak banyak cara yang digunakan dalam catur standar. Namun, ada banyak teka-teki catur, seperti fitur paket puzzle offline yang tersedia dalam bentuk pembelian dalam aplikasi, puzzle online harian, dan banyak lagi.

Permainan ini memiliki tingkat kesulitan beberapa tantangan sehingga mencapai ELO 2000+. Chess Tactic Pro menjadi permainan yang tepat untuk menantang keterampilan anak dan mempelajari beberapa taktik baru.

Permainan ini gratis untuk diunduh, namun anak dapat membeli konten tambahan melalui pembelian dalam aplikasi.

3. Chess Trainer Free- Repertoire Builder

3. Chess Trainer Free- Repertoire Builder
Apkmonk.com

Chess Trainer Free- Repertoire Builder adalah aplikasi yang melatih anak dalam bermain catur secara gratis. Ini membantu anak belajar bagaimana melakukan permainan catur yang baik dan bagaimana beralih dari bukaan ke permainan tengah.

Permainan ini juga mengawasi gerakan anak, dan kemudian segera bergerak secara khusus untuk menargetkan kelemahan anak. Sehingga, anak menjadi lebih baik dari waktu ke waktu dengan aplikasi permainan ini.

Ada juga kartu flash dengan bukaan acak untuk dimainkan, dukungan file PNG, dan menggunakan mesin catur Stockfish yang populer. Versi pro-nya seharga Rp.61.000 juga menambahkan beberapa fitur tambahan dari versi gratisnya.

4. CT-ART 4.0 (Chess Tactics 1200-2400 ELO)

4. CT-ART 4.0 (Chess Tactics 1200-2400 ELO)
Apkmonk.com

CT-ART adalah salah satu permainan catur terbaik bagi anak yang baru ingin belajar. Game menampilkan 2.200 latihan dasar, 1.800 latihan tambahan, dan 50 topik untuk dipelajari. Setiap latihan memiliki tujuan yang berbeda dan dimaksudkan untuk mengajari anak tentang taktik yang berbeda.

Selain itu, permainan ini akan melacak peningkatan ELO yang dimiliki anak ketika maju melalui aplikasi ini. CT-ART 4.0 lebih diklasifikasikan sebagai aplikasi instruksional daripada permainan. Namun, aplikasi Android ini mempelajari semua taktik kecil di mana mengharuskan anak lakukan dalam bermain catur.

Editors' Picks

5. DroidFish Chess

5. DroidFish Chess
Apkpure.com

Droidfish adalah permainan catur Stockfish yang populer dengan GUI di atasnya. Muncul dengan metrik ton fitur pengguna daya, termasuk dukungan PGN, FEN, dan EPD.

Game DroidFish Chess ini juga memiliki dukungan untuk tablebases Syzygy dan Gaviota dan dukungan untuk aplikasi lainnya.

Seperti kebanyakan game lainnya, anak juga dapat menyesuaikan kesulitan dengan mengubah tingkat permainannya.

Ini adalah salah satu permainan catur yang disukai oleh para calon pecatur yang serius. Ini juga sepenuhnya gratis tanpa pembelian atau iklan dalam aplikasi. Namun permainan ini dianggap menjadi salah satu permainan catur tersulit di ponsel.

6. iChess - Chess Tactics/Puzzle

6. iChess - Chess Tactics/Puzzle
Twitter.com/onlinechessless

iChess adalah salah satu permainan catur untuk pemain baru. Permainan ini hampir mirip dengan Chess Tactics Pro. Anak sebagian besar akan menyelesaikan teka-teki yang berhubungan dengan catur. Semua teka-teki bersifat offline, sehingga anak dapat menggunakannya tanpa internet.

Permainan Ini mendukung file puzzle PGN, tetapi tidak CBH. Teka-teki di game ini mengatur permainannya sendiri berdasarkan kesulitan, dan ada tiga kesulitan total untuk dipilih. Versi gratis berisi iklan sedangkan versi pro tidak, namun selain iklan kedua versi iChess tetap identik.

7. Lichess

7. Lichess
Twitter.com/Lichess

Lichess adalah salah satu game catur populer di smartphone Android. Kelebihan utamanya adalah bermain catur online melawan pemain lain. Permainan ini menawarkan pemain lebih dari 150.000 pemain seluruh dunia.

Namun jangan khawatir karena, anak dengan mudah menemukan permainan dengan seseorang yang memiliki tingkat keahlian yang sama dengannya. Lichess juga memiliki beberapa mode permainan, turnamen, dan anak dapat melihat statistik permainannya.

Selain itu anak juga dapat bermain offline melawan komputer jika mau. Aplikasi ini juga tersedia dalam 80 bahasa. Aplikasi Lichess ini gratis tanpa iklan atau pembelian dalam aplikasi. Aplikasi ini juga tersedia open source jika anak ingin melihat cara kerjanya.

8. Play Magnus

8. Play Magnus
Play.google.com

Mainkan Magnus Chess sesuai dengan judulnya, merupakan aplikasi untuk bermain seperti catur Grandmaster Magnus Carlsen. Permainan ini memiliki kemampuan untuk memilih usia Magnus dan permainan ini bermain seperti yang anak pilih pada usianya.

Ini juga berfungsi sebagai pilihan kesulitan yang meningkat seiring bertambahnya usia. Menurut deskripsi aplikasi, beberapa pemain bahkan mungkin memenuhi syarat untuk bermain bersama Magnus sendiri.

9. Really Bad Chess

9. Really Bad Chess
Puregames.io

Really Bad Chess adalah salah satu game catur terbaru untuk Android. Ini terlihat seperti permainan catur yang cukup standar. Namun, game ini memungkinkan anak bermain dengan bidak yang benar-benar acak.

Anak bisa memiliki 5 ksatria dan 3 gajah atau 3 ratu dan 2 pion di papan untuk semua level permainan. Versi gratisnya memungkinkan anak bertarung dengan AI dalam beberapa mode permainan yang berbeda.

Versi premium menambahkan mode versus, menghapus iklan, menambahkan tema, dan beberapa perubahan kecil lainnya. Really Bad Chess ini merupakan permainan catur bagi pemain yang selalu bertanya-tanya seperti apa jadinya jika keseimbangan yang rumit dan strategi yang sempurna tidak menjadi masalah.

10. Shredder Chess

10. Shredder Chess
Apk.support

Shredder Chess bukanlah permainan catur yang populer, permainan ini memiliki lebih dari 1.000 teka-teki yang berhubungan dengan catur, kekuatan bermain yang dapat disesuaikan, dan bahkan menyimpan dan memuat status seperti emulator konsol gim video.

Game ini juga memiliki versi desktop. Jika anak membeli versi desktop/komputer, ia sebenarnya bisa mendapatkan versi Android secara gratis, tetapi tidak berfungsi sebaliknya.

Nah itulah beberapa rekomendasi aplikasi permainan catur untuk smartphone Android.

Anak yang memiliki banyak pengalaman bermain catur sebenarnya memiliki kemampuan berpikir yang sangat berkembang di dua bidang, kecepatan pemrosesan dan mampu mempertimbangkan jenis masalah baru dengan menggunakan penalarannya.

Jika anak tertarik belajar catur, jangan ragu mengunduh salah satu atau beberapa aplikasi di atas ya Ma! Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.