5 Cara Eksfoliasi Wajah yang Aman untuk Remaja, Bisa Lakukan di Rumah

Pastikan remaja menggunakan produk eksfoliasi yang sesuai dengan permasalahan kulitnya ya!

4 Agustus 2022

5 Cara Eksfoliasi Wajah Aman Remaja, Bisa Lakukan Rumah
Freepik/Vkstudio

Memasuki usia remaja, banyak anak-anak yang sudah mulai memerhatikan penampilan untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri. 

Namun sayangnya keinginan ini juga datang bersamaan dengan masa pubertas, di mana kerap muncul beragam permasalahan kulit., seperti jerawat, beruntusan, pori-pori besar, bekas jerawat, kemerahan, kulit mengelupas, dan sebagainya.

Alhasil bukan percaya diri, remaja justru jadi insecure dengan penampilannya. 

Selain menjaga kulit dengan skincare, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan wajah adalah dengan pengangkatan sel-sel kulit mati atau eksfoliasi. Menariknya, proses ini bisa dilakukan dengan aman di rumah lho!

Berikut Popmama.com telah merangkum cara eksfoliasi wajahyang amanuntuk remaja di rumah. Simak caranya sampai habis ya!

Apa itu Eksfoliasi?

Eksfoliasi adalah teknik perawatan kulit yang membantu menghilangkan sel-sel mati dari lapisan atas kulit.

Sehingga, hasilnya dapat mencerahkan dan memungkinkan produk perawatan kulit menembus lebih jauh ke dalam kulit, serta membuatnya bekerja lebih baik.

Perlu diketahui bahwa sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menyumbat pori-pori dapat menyebabkan jerawat dan komedo. Maka itu, proses eksfoliasi ini dapat mengurangi risiko jerawat dan membuat kulit remaja semakin halus.

Seiring bertambahnya usia remaja, pergantian sel melambat. Sehingga dengan eksfoliasi secara rutin, dapat membuat proses terus berjalan dan mencegah kulit terlihat kusam.

Setelah mengetahui apa itu eksfoliasi, berikut adalah cara melakukan eksfoliasi yang aman untuk remaja di rumah:

1. Ikat rambut atau jauhkan rambut dari wajah

1. Ikat rambut atau jauhkan rambut dari wajah
Freepik

Bukan rahasia umum lagi bila rambut termasuk sebagai bagian tubuh yang kotor. Terlebih lagi jika remaja selalu beraktifitas di luar ruangan. Terkena polusi, keringat, menggunakan helm, debu halus, dll. 

Sehingga, sebelum melakukan rangkaian eksfoliasi penting untuk menjauhkan rambut dari wajah. Terlebih jika memiliki rambut yang panjang. Tarik semua rambut dari wajah dan kencangkan dengan ikat rambut.

Atau jika memiliki poni, remaja dapat menggunakan ikat kepala atau jepitan untuk menahannya jauh dari wajah.

Editors' Picks

2. Bersihkan wajah dengan face wash

2. Bersihkan wajah face wash
Pexels/Ron Lach

Remaja akan mendapatkan hasil terbaik jika membersihkan wajahnya sebelum melakukan eksfoliasi.

Percikkan sedikit air hangat dan oleskan pembersih wajah dengan ujung jari Anda, lalu bilas dengan lebih banyak air hangat.

Untuk mencegah iritasi, pilih pembersih lembut yang bebas dari bahan keras seperti alkohol, parfum, atau pewarna.

Pastikan untuk tidak menggunakan air panas, karena dapat mengiritasi dan membuat kulit menjadi lebih kering.

3. Menggunakan waslap hangat untuk membuka pori-pori

3. Menggunakan waslap hangat membuka pori-pori
Thespruce.com

Salah satu cara untuk membuat hasil eksfoliasi semakin maksimal adalah dengan menggunakan waslap hangat. Waslap yang hangat berperan untuk membuka pori-pori wajah supaya proses eksfoliasi berjalan lebih mudah. 

Caranya pun cukup mudah. Rendam atau basahi waslap dengan air panas, kemudian peras hingga kandungan airnya hilang. Remaja dapat menutupi wajahnya dengan waslap tersebut dan tahan selama 1-2 menit agar pori-pori terbuka

4. Menggunakan produk eksfoliasi yang aman untuk kulit berjerawat

4. Menggunakan produk eksfoliasi aman kulit berjerawat
Press Release/NACIFIC

Proses eksfoliasi sangat penting untuk merawat tekstur dan skin barrier, tapi perawatan setelah melakukan exfoliate juga tak kalah penting, karena kulit dapat menjadi lebih sensitif.

"Setelah proses eksfoliasi, harus menenangkan dan melembapkan kulit dan untuk spot-spot pada wajah mesti diberikan produk intensive care," ujar CEO NACIFIC Kim Hyun Min.

Kim juga mengatakan bahwa proses eksfoliasi itu penting bagi wajah. Jika remaja sudah biasa melakukan eksfoliasi maka produk ini juga aman untuk menjadi salah satu pilihan ya.

Produk ini pun mengeluarkan rangkaian produk terbaru untuk eksfoliasi yang terdiri dari:

  • NACIFIC Origin Red Salicylic Acid Serum

Serum terbaru ini memiliki cara penggunaan yang berbeda dengan serum yang umumnya digunakan di malam atau pagi hari. Caranya adalah dengan mendiamkan serum selama 1 menit setelah diaplikasikan, kemudian bilas dengan air hangat.

Kandungan AHA, BHA, PHA, Derma Clera, dan Houttuynia Cordata Extract akan membantu proses eksfoliasi di wajah dengan cara membersihkan sebum dan sel kulit mati.

  • NACIFIC Origin Red Salicylic Acid Toner

Jika biasanya toner digunakan sebelum memakai serum, di rangkaian toner digunakan setelah pemakaian serum. Tujuannya untuk mendukung proses chemical eksfoliasi dengan lembut tanpa iritasi.

Kandungan Salicylic Acid, Derma Clera, dan 6 tipe Hyaluronic Acidnya dapat menenangkan kulit, membersihkan komedo dan pori-pori, menyeimbangkan kadar minyak, memperbaiki kerutan, serta meningkatkan skin barrier.

  • NACIFIC Origin Red Salicylic Acid Spot Cream

Untuk langkah terakhir, yaitu menggunakan spot cream di area tertentu yang terdapat permasalahan kulit. Seperti jerawat, komedo, dan kemerahan.

Selain dapat menghilangkan jerawat, cream ini juga bisa untuk mencerahkan dan memperbaiki kerutan di wajah karena terdapat kandungan 2 persen Niacinamide dan Adenosine.

5. Lakukan eksfoliasi dengan rutin sesuai jenis kulit

5. Lakukan eksfoliasi rutin sesuai jenis kulit
Pexels/Sora Shimazaki

Seberapa sering remaja melakukan eksfoliasi, tergantung pada jenis kulitnya.

Kim juga menjelaskan, apabila memiliki tipe kulit wajah berminyak, maka dianjurkan untuk menggunakan produk eksfoliasi 3-5 kali seminggu,

"Namun apabila kulitnya cenderung sensitif, maka maksimal cukup pakai 1-2 kali seminggu saja,” ungkap Kim.

Nah itulah 5 cara eksfoliasi wajah yang aman untuk remaja di rumah. Pastikan remaja juga memilih produk eksfoliasi yang ramah untuk acne prone skin atau kulit yang rentan berjerawat akibat bakteri atau pori-pori tersumbat.

Kini kamu dapat tampil lebih percaya diri, deh!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk