7 Karakteristik Remaja dengan Shio Kambing yang Penyayang

Sikapnya yang lembut dan penyayang membuat anak mudah membantu orang lain

20 September 2021

7 Karakteristik Remaja Shio Kambing Penyayang
Freepik/Freepik

Menurut astrologi Cina, setiap tahun dikaitkan dengan tanda binatang, atau yang kerap disebut sebagai Shio. Sebuah Shio muncul dalam siklus 12 tahun. Shio Kambing adalah kedelapan dalam siklus zodiak Cina, yang muncul pada tahun 1931, 1943, 1955, 1967, 1979, 1991, 2003, 2015, 2027...

Shio dikatakan dapat memengaruhi karakteristik seseorang, misalnya remaja yang lahir di Tahun Kambing umumnya memiliki karakter yang lembut, santun, pemalu, stabil, simpatik, ramah, dan penuh dengan rasa kebaikan hati dan keadilan yang kuat.

Tak hanya itu, ada beberapa karakteristik remaja dengan Shio Kambing lainnya yang perlu Mama ketahui. Apa saja karakteristiknya? Yuk simak informasinya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini ya!

Karakteristik Shio Kambing Berdasarkan Lima Elemen

Karakteristik Shio Kambing Berdasarkan Lima Elemen
Travelchinaguide.com

Dalam teori elemen Cina, setiap Shio dikaitkan dengan salah satu dari lima elemen, yaitu Emas (Logam), Kayu, Air, Api, atau Tanah, dan setiap elemen dalam Shio muncul satu kali dalam periode 60 tahun. Misalnya, Shio Kambing Kayu muncul sekali dalam siklus 60 tahun.

Diteorikan bahwa karakteristik seseorang ditentukan oleh Shio dan elemen hewan zodiak tahun kelahirannya. Jadi ada lima jenis Kambing yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut adalah karakteristik Shio Kambing berdasarkan lima elemennya:

Jenis ElemenTahun KelahiranKarakteristik
Kambing Tanah28 Januari 1979 – 15 Februari 1980Jujur, lugas, dan tidak akan pernah menyakiti teman-temannya.
Kambing Logam 15 Februari 1991 – 3 Februari 1992Ambisius, baik hati, rasa tanggung jawab yang kuat, suka keras kepala.
Kambing Air1 Februari 2003 – 21 Januari 2004Suka membantu orang lain, dan mendahulukan kepentingan orang lain diatas dirinya
Kambing Kayu19 Februari 2015 – 7 Februari 2016Ramah, lembut, dan penyayang.
Kambing Api6 Februari 2027 – 25 Januari 2028Ramah, terus terang, jujur, dan suka menjaga kebersihan dan kerapihan.

Nah itulah karakteristik Shio Kambing berdasarkan lima elemennya. Jika Mama ingin mengetahui bagaimana karakteristik remaja dengan Shio Kambing secara umum dan lebih dalam, baca di bawah ini ya!

1. Lembut dan penuh perhatian

1. Lembut penuh perhatian
Freepik

Dalam kalender Cina, Kambing adalah Shio yang paling lembut. Dalam kehidupan sehari-hari, remaja yang lahir dengan Shio ini pun dikenal lembut, penuh perhatian, jujur, dan baik hati.

Ia juga dapat dengan mudah memaafkan kesalahan dan memahami kesulitan orang lain. Anak juga senang bergaul dengan orang lain dan memperlakukannya dengan segala ketulusan.

Ketika seseorang memiliki kesulitan, remaja dengan Shio Kambing tidak akan pernah ingin melihat mereka dalam dilema, dan langsung menawarkan bantuan.

2. Memiliki kreativitas yang kuat dalam seni

2. Memiliki kreativitas kuat dalam seni
Freepik

Umumnya, anak dengan Shio Kambing tertutup dan pemalu, namun ia memiliki kemampuan dalam bidang seni yang gigih. Meskipun anak tak pandai berkomunikasi dengan orang lain, ia memiliki kreativitas yang kuat dalam seni.

Selain itu, anak juga memiliki perilaku yang anggun, dan selalu meninggalkan kesan positif meskipun tidak berusaha berlebihan. Anak juga sangat peduli dengan perilakunya, suka tersenyum, dan memiliki hati yang murni serta baik.

Editors' Picks

3. Hanya ingin terikat dengan orang-orang yang sudah berada di lingkaran kecilnya

3. Ha ingin terikat orang-orang sudah berada lingkaran kecilnya
Freepik/Pressphoto

Anak dengan Shio Kambing ini sangat ingin menarik perhatian orang, dan akan senang dengan pujian atas kemampuan dan kelebihannya.

Namun, walaupun suka menarik perhatian orang lain, anak justru suka suka terikat dalam lingkaran kecilnya sendiri dan tidak dapat dipisahkan dari keluarga, bahkan makanan favoritnya.

Misalnya pada hari-hari istimewa, seperti ulang tahunnya, anak ingin sekali merayakannya dengan cara yang mencolok. Ini disebabkan karena ia sangat sensitif terhadap hari-hari pentingnya sendiri.

Dan jika orang-orang sekitarnya lupa mengucapkan selamat ulang tahun atau lupa menjenguk anak saat sakit, ia akan merasa sedih dan patah hati, dan mungkin tidak akan pernah melupakannya seumur hidup.

4. Kebaikannya membuat anak menjadi terlalu polos dan mudah ditipu

4. Kebaikan membuat anak menjadi terlalu polos mudah ditipu
Pixabay/talibabdulla

Seperti yang sudah dibahas di atas, anak dengan Shio Kambing adalah seseorang yang lembut, penyayang, dan siap membantu orang lain. Tetapi sayangnya hal ini membuat anak jadi terlalu polos atau naif.

Terlalu bersimpati dengan orang lain cenderung membuat anak menjadi lebih mudah ditipu. Anak memang baik, jujur, namun ia sering terpengaruh oleh kemalangan orang lain.

Bahkan ketika ada orang lain yang tidak berbicara jujur padanya, anak masih membantunya tanpa ragu-ragu. Hal inilah yang membuatnya mudah tertipu.

5. Suka memanjakan diri dan tidak bisa ketat dengan diri sendiri

5. Suka memanjakan diri tidak bisa ketat diri sendiri
Freepik

Anak yang lahir di Tahun Kambing ini suka memanjakan diri, sehingga membuatnya tidak bisa ketat dengan diri sendiri. Ia juga mendambakan kehidupan yang bebas. Terkadang, anak menjadi pekerja keras atau malas dalam kehidupan sehari-hari.

Walaupun dalam kebanyakan waktu anak menunjukkan perilaku yang rajin, tetapi tak jarang juga anak memanjakan dirinya sendiri terlalu banyak dalam aspek lain. Sehingga mengembangkan banyak kebiasaan buruk, seperti bermain sepanjang malam, dan pergi tidur tanpa mandi.

6. Seringkali pesimis yang berdampak buruk bagi kondisi mentalnya

6. Seringkali pesimis berdampak buruk bagi kondisi mentalnya
Unsplash/Nicolò Canu

Remaja di bawah Shio Kambing cenderung muram, atau sentimental, dan pesimis terhadap apa pun. Tak jarang ia sering melihat sesuatu dengan buruk. Semangat pesimis ini seringkali membawa beberapa dampak negatif bagi orang-orang di sekitarnya, dan berdampak buruk bagi kondisi mental anak.

Sayangnya, ini juga menjadi salah satu kekurangannya. Yaitu anak tidak dapat dengan mudah menghilangkan depresi, dan cenderung tenggelam dalam rasa sakit, sementara remaja yang lain mungkin dapat mudah melupakannya.

7. Bisa cocok dengan orang lain yang memiliki Shio Kelinci, Babi, dan Kuda

7. Bisa cocok orang lain memiliki Shio Kelinci, Babi, Kuda
Freepik

Mama mungkin akan melihat bahwa anak remaja bershio Kambing akan akrab dengan orang lain yang memiliki Shio Kelinci, Babi, dan Kuda. Tak jarang juga, anak cenderung bergaul dengan orang lain yang memiliki Shio Kambing, Macan, Monyet, dan Anjing.

Namun, kepribadian anak cenderung bertentangan dengan seseorang yang memiliki Shio Tikus, Ular, Naga, Ayam, dan Kerbau.

Itulah beberapa informasi seputar karakteristik anak remaja yang memiliki Shio Kambing. Seperti yang Mama ketahui, ada banyak faktor yang memengaruhi seorang anak. Ini bisa dari bimbingan orangtua, nilai moral dan budaya yang ditanamkan, lingkungan, dan sekolah.

Sehingga jadikanlah informasi seputar karakteristik remaja dengan Shio Kambing ini hanya sebagai referensi atau penambah informasi yang mungkin dapat membuat Mama mengenal anak lebih dalam.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.