10 Model Baju a la Idol Korea Selatan untuk Remaja

Pakaian kasual yang bisa disesuaikan dengan gaya berpakaian remaja

28 April 2021

10 Model Baju a la Idol Korea Selatan Remaja
Twitter.com/Archiveitzy, Lalisarchive, UKsecretnumber

The Korean Wave atau yang lebih lebih dikenal dengan sebutan Hallyu telah membawa budaya Korea Selatan secara global ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Hallyu pertama kali didorong oleh penyebaran K-drama dan K-Pop di Asia Timur, Selatan, dan Tenggara.

Tak hanya dari drama dan musiknya, Korean Wave ini juga mulai mempengaruhi dunia fashion. Sehingga tak jarang penggemar kebudayaan Hallyu yang merupakan remaja perempuan mulai mengikuti gaya berpakaian artis idolanya.

Jika anak mama salah satu penggemarnya, kali ini Popmama.com akan memberikan 10 referensi model baju a la idol Korea Selatan, yang bisa disesuaikan dengan gaya berpakaian anak sehari-hari. Yuk simak dibawah ini!

1. Oversized knit cardigan

1. Oversized knit cardigan
Twitter.com/jieundiaries

Oversized cardigan akhir-akhir ini menjadi salah satu model pakaian yang perlu dimiliki oleh setiap remaja. Mengapa? Karena kardigan dapat digunakan dalam kondisi apapun untuk melengkapi pakaian anak. Misalnya digunakan sebagai outer dari dress, t-shirt, ataupun tank-top seperti yang digunakan oleh penyanyi IU pada foto di atas.

Terlebih lagi, kardigan dengan bahan yang tidak terlalu tebal juga bisa digunakan dalam berbagai cuaca, saat musim panas untuk melindungi anak dari paparan sinar matahari langsung. Sedangkan saat musim dingin sebagai tambahan ekstra agar anak tidak mudah kedinginan

2. Houndstooth vest

2. Houndstooth vest
Twitter.com/PaintItBlack_JN

2021 menjadi tahun populernya rompi atau vest dengan motif houndstooth, sehingga anak tak boleh ketinggalan style ini.

Rompi rajut ini dapat dipadupadankan dengan berbagai atasan, seperti t-shirt, kaos berkerah, hingga kemeja oversize seperti yang digunakan oleh Jennie Blackpink. 

Dengan satu model pakaian, anak bisa mendapatkan berbagai style untuk formal hingga kasual.

3. Overall denim

3. Overall denim
pbs.twimg.com

Penampilan kasual dengan jumpsuit atau overall denim seperti yang digunakan oleh Dahyun TWICE bisa menjadi inspirasi remaja mama untuk pergi santai bersama keluarga atau teman-temannya.

Menggunakan overall ini juga menjadi solusi ketika anak bingung memilih baju dan celana yang cocok. Karena dengan memilih model baju overall, anak sudah mendapatkan gaya berpakaian yang kasual, tanpa perlu repot-repot lagi mencari celana yang cocok.

4. Kemeja putih oversize

4. Kemeja putih oversize
Officialkoreanfashion.blogspot.com

Kemeja putih kini tak hanya bisa digunakan untuk kegiatan formal saja. Karena jika digunakan bersama jeans, anak bisa mendapatkanstyle yang kasual namun tetap klasik, elegan, dan juga tetap rapi. Agar tidak terlalu formal, Mama bisa memilih kemeja remaja yang cukup besar alias oversize.

Kemudian masukkan beberapa bagian depan baju ke dalam jeans dan sedikit rapikan agar penampilan anak terlihat lebih natural. Setelah itu gulung dua bagian lengan hingga siku. Nah kini anak bisa tampil modis seperti SinB Gfriend!

Editors' Picks

5. Sweater cerah berlengan puffy

5. Sweater cerah berlengan puffy
Twitter.com/UKsecretnumber

Anggota girl group Korea Selatan yang berasal dari Indonesia, alias Dita Karang juga bisa jadi inspirasi anak dalam berpakaian khususnya saat anak berada di lingkungan dengan cuaca dingin atau di musim hujan. 

Pemilihan sweater warna warni dengan lengan bermodel puffy ini dapat membuat penampilan anak menjadi lebih cerah ditengah cuaca yang sedang mendung. Selain itu bahannya yang tebal, tak perlu membuat Mama khawatir anak terkena flu saat musim hujan.

6. Baju tie dye bermotif gelap

6. Baju tie dye bermotif gelap
Codipop.com

Baju tie dye juga menjadi tren akhir-akhir ini. Tak jarang beberapa remaja memilih berbagai model pakaian dengan motif tie dye dengan warna favoritnya. Motifnya yang dibuat secara langsung menggunakan tangan, membuat baju tie dye semakin unik dan berbeda dari yang lain.

Sehingga anak tak perlu takut ada temannya atau orang lain yang menggunakan baju yang sama dengannya di suatu acara. Jika baju tiedye seringkali menggunakan warna cerah, anak bisa tampil berbeda dengan pilih warna dan motif yang gelap seperti yang digunakan oleh Rosé Blackpink untuk membuat kulit anak terlihat lebih cerah dan lebih netral dipadukan dengan warna lain.

7. Dress denim

7. Dress denim
Twitter.com/Archiveitzy

Dress denim seperti yang digunakan oleh Yeji dari ITZY ini bisa menjadi salah satu solusi remaja yang ingin tampil elegan namun tidak mau terlalu berlebihan saat harus berpakaian kasual. Seperti yang Mama tahu, pakaian denim dapat digunakan kapanpun dan di manapun. Sehingga satu model pakaian bisa menjadi serbaguna.

Anak bisa menggunakannya untuk berjalan-jalan bersama teman-teman di siang hari, atau menggunakannya untuk makan malam bersama keluarga di restoran. Karena modelnya yang cukup unik, membuat remaja bisa jadi pusat perhatian tanpa meninggalkan kesan yang berlebihan.

8. Dress bermotif garis

8. Dress bermotif garis
Twitter.com/Sooyyaaa_

Pilihan dress kasual lainnya adalah dress strip a la Jisoo Blackpink. Walaupun beberapa remaja mungkin ragu menggunakan pakaian bergaris, ia bisa memilih model baju yang bodycon atau yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Hal ini juga mencegah tubuh anak terlihat lebih membesar ke samping.

Uniknya, dress kasual seperti ini bisa digunakan untuk beberapa penampilan. Seperti ketika ingin tampil santai dan cuek, anak bisa memadukannya dengan sepatu sneakers. Namun jika ingin terlihat lebih feminim, anak bisa memilih flat shoes atau sepatu sandal dengan sedikit hak.

9. Blouse putih dengan kerah ruffle

9. Blouse putih kerah ruffle
Twitter.com/little_kazaf

Atasan dengan aksen ruffle juga seringkali dipilih oleh idola K-Pop karena memberikan kesan yang feminim dan indah. Salah satu yang menggunakan model baju ini adalah Irene Red Velvet.

Ia memilih blouse dengan aksen ruffle di bagian kerahnya, dengan motif polkadot kecil dan tambahan pita membuat pakaian putihnya tetap terlihat mewah namun tetap sederhana.

Untuk menjaga agar penampilannya tetap kasual, Irene menggunakan jeans berwarna biru muda yang dipadukan dengan tas kecil putih yang senada dengan pakaiannya. 

10. Jaket baseball

10. Jaket baseball
Twitter.com/Lalisarchive

Jaket baseball atau yang dikenal dengan varsity mungkin menjadi tren yang sudah cukup lama tidak muncul lagi. Namun, penyanyi asal Thailand yang bergabung di girlgroup Blackpink, Lisa, kembali mengenalkan jaket baseball khususnya pada para penggemarnya.

Jaket baseball dapat membuat penampilan anak terlihat lebih edgy, kasual, dan tetap santai. Selain digunakan sebagai tambahan dalam berpakaian, jaket baseball ini tentunya bermanfaat untuk melindungi anak dari cuaca dingin lho, sehingga saat musim hujan anak tetap bisa tampil modis dan kece.

Nah itulah beberapa model baju a la idol Korea Selatan yang bisa menjadi referensi anak dalam berpakaian. Dalam memilih pakaian tentunya perlu disesuaikan dengan karakter anak, cuaca, serta lingkungannya, tentunya agar anak lebih nyaman saat bepergian dan tidak salah kostum.

Dari 10 model baju di atas, mana yang menjadi favorit Mama dan anak?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.