TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Cara Meredakan Gigi Goyang dan Sakit pada Anak, Yuk Lakukan Ini Ma!

Gigi anak goyang dan Mama bingung bagaimana meredakan sakitnya? Yuk lakukan hal ini ya, Ma!

11 Juni 2022

6 Cara Meredakan Gigi Goyang Sakit Anak, Yuk Lakukan Ini Ma
Freepik.com/@freepik

Gigi goyang adalah kondisi ketika gigi mudah goyah atau bergerak ketika kamu merabanya dengan lidah atau jari tangan. Gigi goyang termasuk hal yang umum dan wajar terjadi pada anak-anak. 

Disaat seperti ini, Mama perlu bersiap untuk menghadapi keluhan rasa sakit yang diderita oleh si Anak. 

Dilansir dari Nurture Life, penyebab gigi anak goyang adalah karena akan digantikan dengan gigi dewasa yang memang terkadang suka menimbulkan gejala seperti ngilu pada area telinga dan rahang, sakit kepala, gusi yang sedikit membengkak dan demam ringan. 

Walaupun tidak berbahaya, tetapi Mama perlu untuk membantu meredakan sakit gigi anak yang goyang agar tidak merasakan sakit dan mengganggu aktivitas anak. 

Lantas, bagaimana cara meredakan gigi goyang dan sakit pada anak? Berikut Popmama.com telah merangkumnya.

1. Goyangkan gigi menggunakan jari

1. Goyangkan gigi menggunakan jari
Pinterest.com/@eatthisnotthat

Mama bisa langsung memberitahukan anak untuk menggoyangkan giginya menggunakan tangan agar cepat lepas. Namun,tetap perlu pastikan tangan dalam keadaan bersih ya. Agar tidak ada kontaminasi dari virus dan bakteri.

2. Berikan makanan lembut dan dingin

2. Berikan makanan lembut dingin
Pinterest.com/@eatthisnotthat

Karena gigi anak goyang, selera makan anak kerap kali juga ikut berubah karena khawatir rasa sakit yang akan bertambah bila mengunyah dengan gusi yang bengkak atau makanan menyenggol gigi yang goyang.

Nah, supaya si Anak tetap mendapatkan cukup energi dan nutrisi, Mama bisa memberikan makanan lembut yang dingin, seperti: sup krim, bubur sumsum, sereal dengan susu atau oatmeal.

Selain itu, Mama juga bisa memotong makanan dengan ukuran yang lebih kecil dari biasanya agar ia tak perlu terlalu banyak mengunyah agar tidak merasakan sakit berlebihan. 

Editors' Picks

3. Tarik gigi dengan benang

3. Tarik gigi benang
Pinterest.com/@cottagemarket

Gigi anak yang sudah goyang juga bisa Mama tarik menggunakan benang ya. Menarik benang ini termasuk metode yang paling sering dilakukan sebagai cara mengatasi gigi goyang pada anak-anak.

4. Konsumsi es krim

4. Konsumsi es krim
Freepik.com/@nakaridore

Mama bisa minta si Anak untuk konsumsi es krim batangan agar giginya tertinggal di es krim tersebut. Karena hal ini merupakan metode terbaik untuk untuk meredakan gigi goyang dan menghilangkan rasa sakit di gigi dengan menggunakan es krim batangan. 

5. Splinting gigi

5. Splinting gigi
Pinterest.com/@panhandledental

Dilansir dari orami.co.id, splinting gigi adalah metode mengikat gigi ke gigi-gigi sebelahnya yang masih kuat. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan apabila gigi masih memiliki pegangan ke gusi dan tulang rahang, meskipun hanya sedikit.

Prosedur splinting gigi merupakan cara mengatasi gigi goyang karena benturan. Kondisi ini biasanya akan dilakukan karena kondisi gigi yang masih bagus dan tidak perlu ditanggalkan.

6. Menggunakan bahan alami atau obat

6. Menggunakan bahan alami atau obat
Healthline.com

Ada beberapa cara mengatasi gigi goyang dengan bahan alami yang perlu perlu Mama ketahui, dilansir dari hellosehat menggunakan:

  • Air garam: Saat gigi mulai terasa goyang dan tak nyaman, segera kumur dengan air garam. Berbagai penelitian pun berhasil membuktikan bahwa garam memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang efektif membantu mempercepat penyembuhan luka.
  • Kunyit: Supaya gejala penyerta gigi goyang cepat mereda, kamu bisa pakai kunyit. Penelitian menemukan bahwa senyawa curcumin dalam kunyit memiliki sifat antiradang, antiseptik, dan antibiotik yang dapat meringankan sakit gigi atau radang gusi. 
  • Cengkeh: Bahan alami lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi gigi goyang adalah cengkeh.

Nah itulah cara meredakan gigi goyang dan sakit pada anak. 

Jika ada tips atau cara lain yang Mama miliki dan ingin dishare boleh langsung tulis melalui kolom komentar bawah ya, Ma! Semoga cara ini bermanfaat.

Baca Juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk