Anak Suka Main TikTok? Ini Cara Mudah Biar Masuk FYP, Ma!

Ternyata ada beberapa triknya nih supaya konten bisa masuk beranda orang-orang

7 September 2020

Anak Suka Main TikTok Ini Cara Mudah Biar Masuk FYP, Ma
Freepik/User9736801

TikTok merupakan platform berbagi video yang digunakan untuk mengekspresikan diri dan kreatifitas banyak orang. Aplikasi satu ini tentu sudah tak asing bukan, Ma?

Tak hanya orang dewasa, banyak anak usia remaja memanfaatkan waktu luang mereka untuk mengakses dan berbagi video yang mereka buat pada platform tersebut. Terlebih selama pandemi, kegiatan di rumah saja tentu membuat anak semakin sering mengakses TikTok.

Tak melulu membawa dampak negatif, Ma. Mama dan anak bisa lho membuat konten bersama anak selama di rumah saja. Mulai dari membuat konten positif yang melatih kreatiftas anak, hingga konten yang dapat menghibur.

Namun tahukah Mama, bahwa TikTok memiliki sejumlah istilah yang harus diketahui. Salah satunya FYP atau "For You" Page. 

FYP merupakan laman yang muncul saat pertama kali kamu membuka aplikasi tersebut. Laman ini menunjukkan konten-konten dari pengguna lain yang direkomendasikan untukmu.

Ketika konten yang Mama dan anak buat muncul di FYP, ini menjadi suatu keuntungan agar video tersebut cepat populer dan ditonton banyak orang. Lantas bagaimana caranya agar video yang Mama dan anak buat bisa masuk FYP? 

Ada beberapa cara yang bisa Mama coba. Simak rangkuman Popmama.com berikut ini ya, Ma!

1. Buat video yang singkat namun dengan tujuan yang jelas

1. Buat video singkat namun tujuan jelas
Stayhipp.com

Langkah awal yang bisa Mama perhatikan adalah durasi video. Dilansir Influencer Marketing Hub, video yang berdurasi panjang rawan untuk dilewati oleh para pengguna. 

Jadi, sebaiknya Mama dan anak membuat video yang singkat namun dengan tujuan yang jelas. 

Jangan lupa, Mama juga bisa menyertakan element of surprise atau buatlah penonton penasaran dengan video yang kamu buat agar mereka betah menontonnya. 

Biasanya durasinya sekitar 15 detik, 30 detik, atau 60 detik ya Ma.

2. Pakai musik yang sedang viral di TikTok

2. Pakai musik sedang viral TikTok
Freepik

Selain durasi yang tak terlalu panjang, tips penting lainnya adalah gunakan musik untuk menarik pengguna lain menonton konten yang Mama buat. 

TikTok menyediakan begitu banyak pilihan musik untukmu dan kamu tidak akan terkena copyright saat menggunakannya.

Mama bisa menggunakan musik yang ramai digunakan ke dalam video TikTok, ini menjadi peluang untuk difitur di dalam FYP.

Kok bisa ya?

Hal ini karena algoritma TikTok akan membaca konten tersebut dan menawarkannya ke FYP orang-orang yang selera musiknya sesuai dengan video yang Mama dan anak buat. 

Editors' Picks

3. Buat video yang kreatif dan berkualitas tinggi

3. Buat video kreatif berkualitas tinggi
depositphoto/gsdonlin

Syarat penting untuk bisa diatur di FYP adalah dengan menyiapkan video yang kreatif dan memiliki daya tarik. Ide yang unik dan tidak meniru orang lain akan membuat daya tarik tersendiri bagi pengguna lain yang menonton.

Tak hanya itu, Ma. Pastikan juga video yang diunggah memiliki kualitas yang tinggi. Gambar yang jernih, diambil dengan angle yang bagus, dan memiliki warna menarik tentu akan lebih memikat.

Tak perlu ponsel atau kamera yang bagus kok dalam membuat konten di TikTok. Mama dan anak hanya perlu memoles hasil video dengan editing yang bagus dan menarik.

Tapi jangan heran Ma, kadang video dengan kualitas gambar yang biasa aja juga bisa lolos masuk FYP jika kontennya memiliki nilai yang banyak dicari orang.

4. Mengikuti tren yang sedang diminati pengguna TikTok

4. Mengikuti tren sedang diminati pengguna TikTok
TikTok/cix_official

Setiap harinya tentu akan ada banyak tren TikTok yang populer dan viral di platform tersebut. Untuk itu Mama dan anak harus pintar membaca tren tersebut.

Tak harus selalu mengikuti tren tersebut, Mama dan anak bisa memilih tren yang sesuai dengan preferensi untuk dibuat karya yang unik dari tren yang dipilih. Mama juga bisa memberikan elemen berbeda agar lebih menarik dari video pengguna lain.

5. Video yang relatable dan engaging akan terlihat lebih menarik

5. Video relatable engaging akan terlihat lebih menarik
Facebook.com

Agar video yang Mama dan anak buat ingin masuk ke FYP, penting untuk membuat video yang relatable dan engaging untuk orang lain. Maksudnya, pastikan pengguna lain yang menonton dapat mengerti, memahami, dan mungkin mengalami hal yang sama denganmu.

Jika dua kriteria ini sudah terpenuhi, biasanya akan lebih mudah mengundang banyak penonton. Kesempatan untuk masuk FYP pun tentunya semakin besar, Ma.

6. Saling berinteraksi dengan pengguna lain

6. Saling berinteraksi pengguna lain
Kinstacdn.com

Agar video dapat cepat masuk FYP, pastikan juga akun Mama dan anak sudah melakukan interaksi dengan followers dan kreator lainnya. Misalnya dengan memberikan likes, saling berbalas komentar, dan lain-lain. Dengan melakukan ini, orang-orang akan semakin mengenal dan tertarik mengikuti konten yang Mama dan anak buat.

7. Jangan lupa tambahkan hashtag di videomu

7. Jangan lupa tambahkan hashtag videomu
Kinstacdn.com

Tips terakhir, jangan lupa tambahakan hashtag ya, Ma! Ini adalah salah satu cara paling mudah untuk menemukan konten kita di TikTok.

Mama bisa menambahkan tagar yang sedang populer TikTok bisa menambahkan video tersebut ke dalam FYP orang yang sedang mencarinya.

Nah, itu tadi 7 tips yang bisa Mama dan anak terapkan agar konten yang kalian buat bisa diatur di FYP. Meskipun tak semuaya dapat berhasil lantaran algoritma setiap orang berbeda-beda, tapi tidak ada salahnya mencoba Ma.

Mana nih cara masuk FYP TikTok yang paling mudah, menurut kamu? Yuk, ajak anak berkarya dengan membuat konten yang positif dan penuh kreativitas!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.