5 Tips Memasak Bersama si Kecil dengan Aman dan Nyaman

Selain bisa meningkatkan bonding, memasak bisa jadi pilihan kegiatan yang bermanfaat untuk anak lho

6 Agustus 2020

5 Tips Memasak Bersama si Kecil Aman Nyaman
Pexels/Elly Fairytale

Anak-anak mungkin saja memiliki keinginan untuk turut serta mengolah dan menyajikan makanan di rumah. Ketertarikan dalam diri si Kecil dapat muncul karena seringnya melihat Mama memasak atau menonton serial di TV. 

Mengajak anak memasak sebenarnya sah-sah saja, Ma. Asalkan keamanannya diperhatikan dengan baik.

Terlebih, memasak merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan hingga nanti dewasa. Jadi, akan ada banyak manfaat yang bida didapatkan oleh buah hati. 

Secara lebih lanjut, berikut Popmama.com berikan tips memasak bersama anak-anak. Dilansir dari berbagai sumber. 

1. Pilih waktu yang tepat, Ma

1. Pilih waktu tepat, Ma
Pexels/August de Richelieu

Jika Mama ingin sesi memasak dengan anak-anak berjalan dengan baik, maka pilihlah waktu saat anak tidak lelah, mampu fokus dan mampu menghadapi tantangan.

Sebaiknya, hindari mencoba sesi memasak dengan anak, terutama saat si Kecil merasa lelah, rewel atau lapar. Mama mungkin bisa mengajak anak untuk memasak di pagi hari saat persiapan sarapan.

Selain itu, Mama juga perlu menyiapkan waktu dan diri dengan baik untuk menghadapi anak selama proses memasak. Di mana anak bisa saja melakukan kesalahan saat memasak, seperti menumpahkan tepung, membuat dapur berantakan, atau lainnya yang menjengkelkan. 

Editors' Picks

2. Pastikan tempat memasak aman untuk anak

2. Pastikan tempat memasak aman anak
Pexels/Gustavo Fring

Dapur di rumah, tempat biasa Mama memasak mungkin saja dapat menyulitkan gerak anak jika ingin belajar memasak. Untuk itu, perhatikan tempat saat memasak bersama si Kecil. 

Misalnya, menggunakan bangku tinggi agar anak mudah menjangkau meja dapur atau bisa juga menyiapkan tempat khusus yang aman dan nyaman selain dapur. 

Jadi, anak dapat belajar memasak secara leluasa. Proses memasak pun akan terasa lebih mudah dan tetap menyenangkan, Ma. 

3. Gunakanlah resep masakan sesuai kebutuhan

3. Gunakanlah resep masakan sesuai kebutuhan
Pexels/Cotton Bro

Tak perlu masakan yang istimewa untuk mengajak anak-anak belajar memasak. Mama cukup menggunakan resep masakan sederhana karena yang penting adalah proses memasaknya, bukan hanya hasilnya saja.  

Pilihlah resep yang sesuai dengan usia sehingga anak-anak percaya diri dan mampu melewati proses memasak dengan baik. Pastikan juga seluruh bahan dan peralatannya telah siap, ya.  

4. Jadikan proses memasak sebagai pembelajaran

4. Jadikan proses memasak sebagai pembelajaran
Pexels/Gustavo Fring

Proses memasak dapat menjadi salah satu kesempatan bagi anak untuk belajar, lho. Anak-anak dapat memelajari banyak hal saat memasak. 

Misalnya, belajar cara koordinasi dengan baik dan kemampuan motorik yang didapat dari pembagian tugas saat mengolah sesuatu. Selain itu, anak bisa belajar matematika dari beragam satuan atau takaran bahan masakan. 

Si Kecil pun dapat belajar tentang kebersihan. Dengan cara mencuci bahan masakan, mencuci tangan dan membersihkan peralatan sebelum dan sesudah memasak, Ma. 

5. Bersiap untuk kekacauan setelah memasak

5. Bersiap kekacauan setelah memasak
Pexels/Andrea Piacquadio

Memasak bersama anak-anak di rumah akan menghasilkan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. Hingga dari persiapan hingga proses setelah memasak usai.

Dengan demikian, Mama perlu bersiap untuk menghadapi kekacauan yang akan datang. Misalnya, tempat dan alat memasak yang sangat kotor. 

Untuk itu, sebaiknya jangan memasak bersama anak saat dapur telah selesai dibersihkan. Kemudian, persiapkan juga apron agar pakaian anak tidak kotor saat memasak. 

Itulah 5 tips memasak bersama buah hati agar tetap aman dan juga nyaman. Semoga dapat bermanfaat, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.