6 Fakta Unik Tentang Kucing, Dari Hobi Tidur Sampai Jadi Walikota

Ada kucing yang diangkat sebagai walikota lho!

18 Oktober 2021

6 Fakta Unik Tentang Kucing, Dari Hobi Tidur Sampai Jadi Walikota
Pexels/Cottonbro

Di Indonesia, kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara. Banyak orang tertarik dengan hewan manja ini sehingga bisa jadi teman saat berada di rumah.

Tingkah laku kucing memang lucu. Tak heran kalau banyak orang jatuh cinta terhadap hewan berbulu ini. 

Populasi kucing di sekitar kita banyak, baik itu yang dipelihara di rumahan maupun yang hidup liar di jalan-jalan.

Dengan begitu banyaknya kucing yang hidup di sekitar, apakah kamu sudah tahu fakta dan cerita unik tentang kucing yang belum banyak diketahui orang? 

Kali ini Popmama.com akan mengajak kamu berkenalan lebih dekat dengan kehidupan kucing, dilansir dari Purina.

1. Kucing sudah ada sejak ribuan tahun lalu

1. Kucing sudah ada sejak ribuan tahun lalu
Pexels/Cats Coming

Kucing peliharaan tertua yang diketahui sejarah ternyata sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, lho! Para arkeolog Prancis menemukan sebuah kuburan kucing di Siprus yang setelah diteliti telah berusia 9.500 tahun. 

Penemuan ini menjadikannya sebagai kucing peliharaan tertua yang diketahui, bahkan mendahului seni di Mesir tentang kucing yang ditemukan 4.000 tahun yang lalu.

2. Hobi kucing: tidur!

2. Hobi kucing tidur
Freepik/freestockcenter

Kalau kamu sering mendapati kucing di sekitarmu tidur dan bermalas-malasan, ternyata itu memang menjadi kebiasaannya.

Menurut Veterinary Hub, kucing menghabiskan 70 persen hidupnya untuk tidur. Itu berarti sekitar 13-16 jam sehari hanya untuk tidur. 

Editors' Picks

3. Seekor kucing menjadi walikota selama puluhan tahun

3. Seekor kucing menjadi walikota selama puluhan tahun
Pexels/Arina Krasnikva

Seekor kucing oranye bernama Stubbs diangkat sebagai walikota Talkeetna, sebuah kota kecil di Alaska. Stubbs menjabat sebagai walikota selama 20 tahun. Ia memenangkan beberapa kali pemilihan umum meskipun tidak memegang kekuasaan perundang-undangan. 

Ini bukan dongeng, tapi benar-benar nyata. Fakta lainnya tentang kucing yang memiliki karier ini adalah Stubbs dicintai semua rakyatnya, dan juga turis-turis yang datang ke Talkeetna.

4. Saudara dekat harimau

4. Saudara dekat harimau
Freepik/Wirestock

Percaya atau tidak, sebuah studi menemukan bahwa kucing yang imut menggemaskan ini ternyata punya kesamaan genetik 95,6 persen dengan harimau.

Baik kucing maupun harimau punya kebiasaan yang sama, aroma air seni dan cara menandai teritorinya, cara mengintai mangsa, dan menerkam mangsanya. Hmm, siapa sangka ya?

5. Kucing adalah hewan yang sangat gesit

5. Kucing adalah hewan sangat gesit
Pexels/Marko Blazevic

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan perilaku kucing yang suka berlarian ke sana kemari. Ya, kucing adalah hewan yang mampu berlari dengan sangat cepat.

Mereka bisa mencapai kecepatan sekitar 30 mph atau 108 km/jam. Saking cepatnya bahkan mereka mungkin bisa mengalahkan rekor Usain Bolt, sprinter tercepat di dunia.

6. Kucing terkaya di dunia

6. Kucing terkaya dunia
Pexels/Tomas Ryant

Guiness World Record mencatat Blackie sebagai kucing terkaya di dunia. Ketika pemilik jutawannya meninggal, sang Pemilik menolak mengakui keluarganya dalam surat wasiat. Malahan, ia memberikan kekayaannya senilai 7 juta poundsterling atau setara dengan Rp135.562.490.000.

Luar biasa kaya ya!

Itulah beberapa fakta tentang kucing yang menarik untuk diketahui. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuanmu seputar kucing ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.