Nama Anak Ditiru Fansnya, Reaksi Franda di DM bikin Heboh Netizen

Dari kasus tersebut, ketahui juga tips tepat memilih nama bayi

8 September 2019

Nama Anak Ditiru Fansnya, Reaksi Franda DM bikin Heboh Netizen
Instagram.com/frandaaa87

Baru-baru ini, nama aktris sekaligus presenter, Franda tengah ramai menjadi perbincangan publik.

Hal ini bermula dari dirinya yang mengomentari foto seorang bayi yang disebut telah menjiplak namanya putrinya, Zylvechia Ecclesie Heckenbucker.

Usut punya usut, bayi tersebut juga memiliki nama depan yang persis dengan sang Anak, yakni Zylvechia Kimberly.

Mengetahui ada seseorang yang menjiplak nama anaknya, Franda pun merasa sangat kecewa dan marah hingga ia menuangkan rasa sakit hatinya tersebut di kolom komentar.

Tak disangka, hal tersebut pun sontak mengundang respon pro dan kontra dari netizen, bahkan tanggapan langsung dari orangtua anak tersebut.

Nah, penasaran bagaimana kelanjutan dari kasus yang satu ini?

Berikut Popmama.com telah merangkum 5 informasi menariknya.

1. Franda murka di kolom komentar saat nama anaknya ditiru

1. Franda murka kolom komentar saat nama anak ditiru
Instagram.com/zylvechia_kimberly

Dalam akun Instagram milik @zylvechia_kimberly, istri dari Samuel Zylgwyn ini menyinggung orangtua Zylvechia Kimberly yang mengikuti nama depan putrinya, baik dari ejaan, tulisan, maupun nama panggilan.

Baginya, sebelum memberikan nama kepada putri semata wayangnya itu, ia dan sang Suami telah memikirkannya dengan susah payah.

"Ini namanya ngikutin nama anak saya banget?? sampai tulisannya, sepanggilannya juga," tulis Franda pada kolom komentar.

Ia juga mengungkapkan bahwa sebaiknya orangtua Zylvechia Kimberly bisa lebih kreatif dalam mencari nama sehingga tidak sama persis, bahkan nama panggilannya pun sama.

"Lain kali mungkin bisa lebih kreatif. Saya bikin nama mikirinnya susah-susah lho. Cari nama yang bagus khusus buat anak saya. Lalu main dicomot aja sama orang lain buat namain anaknya," tutur Franda dalam kolom komentar.

Meski banyak warga net yang kecewa dengan sikap Franda, namun tetap saja sebagai orangtua, Franda dan Samuel pasti sakit hati ketika nama yang sudah dipikirkan makna dan tujuannya tersebut kemudian langsung dijiplak mentah-mentah oleh orang lain.

Editors' Picks

2. Franda sempat mengontak langsung Instagram orangtua yang mencontek nama anaknya

2. Franda sempat mengontak langsung Instagram orangtua mencontek nama anaknya
Instagram.com/zylvechia_kimberly

Tak hanya berkomentar di akun @zylvechia_kimberly, Franda juga mengontak langsung orang yang bersangkutan melalui direct message Instagram guna menyampaikan rasa marah dan kekecewaannya pada orang yang mencontek nama anaknya.

"Seriously your baby doesn't deserve that name!!! Saya bikin sendiri nama itu, nggak cari dari buku atau manapun. Saya BIKIN SENDIRIIII, berusaha cari nama bagus unik yang NGGAK ADA ORANG PUNYA buat anak saya," tulis Franda.

Franda juga melanjutkan alasannya mengapa tidak ingin nama Zylvechia dipergunakan oleh anak-anak yang lain.

"Terus kamu nyolong nama itu buat anak kamu yang umurnya nggak jauh dari anak saya. Plek setulisannya.. plek sepanggilannya.. dan kalian kelihatan bangga sekali. Ngerti nggak rasanya kaya apa sakitnya??" lanjut Franda.

Perempuan yang berprofesi sebagai presenter itu juga mengaku bahwa dirinya merasa sedih karena hadiah nama yang dia berikan khusus pada putrinya itu kini tak spesial lantaran ada anak yang memiliki nama yang sama.

"Sebagai orangtua pasti tahu kan rasanya pengen kasih terbaik buat anak kita? Nama ZYLVECHIA itu persembahan saya buat anak saya. Berbulan-bulan waktu hamil berusaha bikin-bikin nama. Cari yang terbaik buat anak saya. Yang nggak ada orang punya. Terus kalian dengan gampangnya ambil gitu aja," tulis Franda dengan emoji menangis dan hati yang retak.

3. Orangtua yang mencontek nama anak Franda akhirnya memberikan klarifikasi

3. Orangtua mencontek nama anak Franda akhir memberikan klarifikasi
Instagram.com/zylvechia_kimberly

Setelah ramai menjadi buah bibir, Papa dari Zylvechia Kimberly akhirnya memberikan klarifikasi.

Menurutnya, pemberian nama Zylvechia sendiri dilakukan lantaran sang Istri merupakan penggemar berat Franda dan menginginkan nama anaknya adalah Vechia.

Keduanya pun sepakat melengkapi nama Zylvechia tersebut dengan Kimberly dibelakangnya. Semula bayi tersebut dipanggil Kimi, namun lama-kelamaan Kimi lebih sering dipanggil dengan sebutan Vechia.

"Saya pikir lucu kali ya punya anak namanya Kimi, tapi karena istri tidak suka dan dia lebih tertarik dengan nama anak seorang public figure, dikarenakan istri saya ngefans sama si Artis," jelas sang Papa.

Kemudian, ia juga mengungkapkan bahwa dirinya tak habis pikir jika hal tersebut justru membuat petaka.

"Kita sama sekali nggak menyangka kalo nama ini akan berakibat dengan ketidak senangan si Publik figur. Serendah apa anak kami sehingga dianggap tidak layak memakai nama Zylvechia," tuturnya lagi.

Mengetahui penjelasan dari sang Papa, tak sedikit warganet yang memberikan kritikan mengenai Franda yang dinilai berlebihan mempermasalahkan nama anaknya sama dengan nama anak orang lain.

"Astaga Franda kenapa kayak gini sih jadi hilang respect," tulis @renrenyd.

"Mbak, memang mbak dan mas susah mencari nama anak, tapi mungkin kalau saya jadi mbak, saya senang, menginspirasi orang @frandaaa87 dengan cara dipakai namanya.. Coba dibuat positivethinking aja ya.. Rahayu," ujar @kenniweatherly_.

"Kenapa nggak dipatenkan aja mbak nama anaknya? Apa kabar yg namanya Sri, Siti, Budi, Ayu, Putri, Agus, Ahmad yang dipake jutaan orang emaknya pada demo nggak? Heran," sambung @laulau.collection.

4. Nama anak Franda sebelumnya juga pernah menuai pro kontra

4. Nama anak Franda sebelum juga pernah menuai pro kontra
Instagram.com/lambenyinyir

Diketahui, nama Zylvechia sendiri pada dasarnya diambil dari nama sang Papa, sedangkan untuk Ecclesia diambil dari salah satu ayat di Alkitab.

Kemudian, Heckenbucker sendiri adalah nama belakang dari Samuel. Nama yang sangat cantik itu nyatanya mendapatkan banyak pujian dari netizen.

Namun, tak jarang pula yang berkomentar negatif terhadap nama Zylvechia, pasalnya beberapa netizen mengaku kesulitan menyebutkan nama anak dari Franda dan Samuel tersebut.

Tak hanya itu, ada pula seorang netizen yang menuliskan komentar negatif hingga membuat Franda dan Samuel marah.

Ya, seorang netizen menuliskan bahwa nama dari anak Franda dan Samuel itu mengandung aura negatif.

Netizen itu mengatakan akan ada potensi anak Franda dan Samuel mengalami kecelakaan tragis juga menderita penyakit berat dalam waktu lama.

Sehingga netizen itu menyarankan Franda dan Samuel untuk segera mengganti nama anaknya. Melihat komentar netizen tersebut, Franda dan Samuel pun sakit hati dan geram.

"GAUSAH SOTOY YA!!! Saya cuma percaya sama Tuhan. Sapa yang suruh kamu ngurusin nama anak saya????" balas Franda.

Semakin geram, Samuel pun akhirnya turut angkat bicara dan memberikan komentar balasan. 

"Bukan baper!! Coba di liat sekali lagi lebih jelas deh kata-katanya. Asli SOK TAU banget ya anda, Kami percaya Tuhan kok dan nggak ada kaitannya dengan apa yang kamu post ini" ungkap Samuel geram.

Netizen lain yang melihat hal ini langsung ikut memarahi netter tersebut.

"Emang netizen itu sok tau banget. Heran gue. Nggak ada orangtua yang mau anaknya di sakiti atau dihina. Terutama ibunya. Gue yang bukan saudaranya aja nggak terima. Apalagi orangtuanya. Jahat banget," tulis @chantika1991.

"Nah siapa yang nggak marah kalau digituin , secara ini baby nggak tau apa-apa baru lahir udah diramal nggak jelas gitu, " ungkap @chyabidin.

"Kalau anak gue yang di sotoyin begitu juga dah nama binatang gue arahin ke tuh orang. musyrik !!!!" ujar @yuann_anggra.

5. Tips memilih nama bayi a la Popmama

5. Tips memilih nama bayi a la Popmama
Instagram.com/frandaaa87

Memilih nama bayi adalah hal yang paling disukai semua calon orangtua. Bisa jadi nama bayi bahkan sudah dipikirkan jauh-jauh hari sebelum kehamilan terjadi.

Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan saat memilih  nama bayi, karena selain menjadi doa, anak juga harus bangga menyandang nama tersebut.

Nah, agar tidak serupa dengan dengan kasus di atas, Mama dan Papa haruslah kreatif dalam memilih nama bayi.

Jika Mama dan Papa masih bingung, cobalah ikuti beberapa tips memilih nama anak berikut ini:

  • Memiliki makna dan arti yang baik,
  • mudah dieja,
  • jelas nama tersebut untuk anak laki-laki atau perempuan,
  • lihat arti dalam bahasa lain agar tidak memiliki arti negatif,
  • tidak akan membebani atau mengurangi kepercayaan diri anak di kemudian hari,
  • nama adalah kehormatan.

Itulah kelima informasi menarik seputar kasus Franda yang kecewa saat tahu nama anaknya ditiru oleh orang lain.

Semoga masalah ini dapat diselesaikan secepatnya serta dapat menjadi pelajaran bagi kita semua.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.