Utamakan Kesehatan, Inilah Rekomendasi Merek Vitamin K untuk Anak

Jaga kesehatan jantung anak dengan mengonsumsi vitamin K.

18 Januari 2021

Utamakan Kesehatan, Inilah Rekomendasi Merek Vitamin K Anak
Freepik

Dibandingkan dengan sejumlah vitamin lainnya, vitamin K termasuk salah satu yang paling jarang terdengar. Meskipun begitu, sebenarnya vitamin K juga memegang peranan yang penting bagi kesehatan tubuh si Kecil, tidak jauh berbeda dengan vitamin A, B, ataupun C. 

Peran utama vitamin K ialah untuk membantu proses pembekuan darah. Vitamin K membantu menghentikan darah mengalir ketika anak terluka.

Selain itu, vitamin ini juga berfungsi untuk memperlancar aliran darah, membantu menguatkan tulang, dan menjaga kesehatan jantung. 

Ada banyak cara bagi si Kecil untuk memperoleh manfaat vitamin K, seperti melalui makanan brokoli, kale, kiwi, buncis, alpukat, tomat, juga kol. Selain itu, ada juga sejumlah vitamin atau suplemen yang dapat meningkatkan vitamin K dalam tubuh si Kecil.

Ini sangat diperlukan khususnya bagi anak yang mengalami kondisi kekurangan vitamin K dalam tubuh. 

Yuk jaga kesehatan anak, Popmama.com memberikan rekomendasi merek vitamin K untuk anak. Perhatikan baik-baik ya Ma, sebab ada beberapa produk yang hanya dapat anak mama konsumsi dengan surat keterangan dari dokter saja.

1. Perhatikan hal ini terlebih dahulu

1. Perhatikan hal ini terlebih dahulu
Freepik/Ali-production

Ada hal-hal mendasar mengenai pemberian vitamin K yang Mama perlu ketahui sebelumnya. Mama perlu memperhatikannya dengan baik agar pemberian vitamin tersebut benar-benar bermanfaat baginya. 

Pertama-tama perhatikan dosis pemberian setiap produk Vitamin K. Ada produk yang dapat diberikan secara rutin, ada vitamin lainnya yang perlu diberikan hanya ketika si Kecil mengalami kondisi tertentu.

Vitamin K berbentuk obat dosis per harinya biasanya ditentukan oleh resep dokter. Perhatikan juga berat badan dan kondisi anak sebelum memberikan vitamin K pada anak. 

Vitamin K sebaiknya tidak diberikan pada anak-anak yang memiliki gangguan pankreas, diare kronis, gangguan kandung kemih, juga gangguan pencernaan.

Pemberian vitamin K berbentuk obat ini diutamakan pada anak-anak yang tubuhnya kesulitan untuk membekukan darah atau dikenal dengan kondisi hermofilia. 

2. Mykind Organics Kids Multi Gummies

2. Mykind Organics Kids Multi Gummies
pureformulas.com

Mykind Organics Kids Multi Gummies merupakan produk multivitamin berbentuk gummy yang sangat lengkap. Di dalamnya terdapat vitamin A, B kompleks, C, D, E, dan K. Obat ini sebaiknya diberikan pada anak berusia 4 tahun ke atas. 

Produk luar negeri satu ini termasuk produk vegan, karena dibuat sepenuhnya menggunakan sayur-sayuran dan buah-buahan tanpa adanya campuran produk hewani. Vitamin ini juga dibuat tanpa adanya pewarna, perasa, dan pemanis buatan. 

Karena merupakan produk impor, multivitamin anak yang lengkap ini tersedia dengan harga yang tinggi, yaitu Rp 1.000.000,00. 

Editors' Picks

3. Pentavite vitamin D3 & K2

3. Pentavite vitamin D3 & K2
authenticstore.vn

Pentavite Vitamin merupakan produk vitamin terpercaya dari Australia. Sesuai dengan namanya, produk vitamin ini mencukupi kebutuhan vitamin D3 dan K2 anak. 

Pemberian Pentavite Vitamin dapat memperkuat tulang dan gigi anak mama. Kandungan vitamin D3 di dalamnya membantu penyerapan kalsium putih dalam tubuh. Dibantu dengan vitamin K2, vitamin D3 juga berperan dalam mendukung proses mineralisasi tulang.

Produk Pentavite memiliki rasa berry yang pasti disukai si Kecil. Tidak hanya itu. vitamin ini juga dibuat tanpa gula, pewarna buatan, perasa buatan juga tidak mengandung susu. 

Anak mama dapat yang berumur 4-8 tahun dapat mengonsumsinya 3 kapsul sehari. Oh ya, produk ini tersedia dalam bentuk cair (liquid) ataupun vitamin kunyah. Mama dapat memperolehnya seharga Rp300.000,00 di toko online

4. Phytomenadione

4. Phytomenadione
shopee.co.id

Phytomenadione merupakan obat vitamin K yang dapat diberikan pada anak dengan resep dokter. Obat ini digunakan untuk mencegah pendarahan anak-anak yang mengalami kekurangan vitamin K dan mengatasi pendarahan yang disebabkan akibar obat antikoagulan. 

Obat ini membantu memenuhi kebutuhan vitamin K. Kondisi ini umumnya diakibatkan oleh  gangguan dalam penyerapan vitamin K ataupun berkurangnya bakteri yang mensintesis vitamin K pada usus.  

Untuk dosis pemakaiannya, ada baiknya Mama mengikuti dosis yang diberikan dokter. Hindari juga penggunaan obat ini jika anak memiliki kondisi yang hipersensitif terhadap Phytomenadione. Obat ini dapat dikonsumsi sebelum ataupun setelah makan. 

5. Sundown Naturals Kids Complete Multivitamin Gummies

5. Sundown Naturals Kids Complete Multivitamin Gummies
momsmeet.com

Sundown Naturals Kids merupakan multivitamin berbentuk gummy yang pasti disukai anak-anak. Produk ini cocok untuk dikonsumsi setiap hari karena mengandung berbagai macam vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin A, B6, B12, C, D, E, dan K. 

Di dalam satu botol Sundown Naturals Kids terdapat tiga rasa yang berbeda sehingga si Kecil tidak akan merasa bosan mengonsumsinya. Multivitamin ini juga dibuat tanpa gula berlebih dan tidak mengandung susu. 

Anak mama yang berumur 4 tahun dapat mengonsumsi 2 gummy per harinya. Sundown Naturals Kids tersedia dengan harga Rp180.000,00. 

6. Supravit kaplet

6. Supravit kaplet
halodoc.com

Supravit kaplet merupakan suplemen kesehatan yang mengandung multivitamin dan mineral sebagai zat aktif. Mengonsumsinya dapat membantu anak mama memelihara kesehatan tubuh. 

Suplemen pemelihara kesehatan tubuh ini mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, E, K, dan berbagai zat yang penting bagi tubuh. 

Penggunaan Supravit ini perlu diberikan setelah makan sesuai pentunjuk pemakaian ataupun sesuai dengan anjuran dokter. Perhatikan juga untuk tidak memberikan obat ini pada anak yang tengah mengonsumsi warfarin ataupun obat sejenisnya.

Mama dapat memperoleh suplemen vitamin ini seharga Rp30.000,00 dengan isi 60 kaplet per botolnya.

Itulah dia beberapa rekomendasi merek vitamin K untuk anak mama. Selalu perhatikan pemberian vitamin berdasarkan anjuran dan cara pemakaiannya ya, Ma! Semoga bermanfaat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.