TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Manfaat Kedekatan Adik Perempuan dan Kakak Laki-Laki

Banyak hal yang dapat diajarkan kakak laki-laki pada adik perempuannya

4 April 2022

9 Manfaat Kedekatan Adik Perempuan Kakak Laki-Laki
Pexels/Artem Podrez

Apakah Mama memiliki dua orang anak, yang di mana anak sulungnya laki-laki dan anak bungsunya perempuan?

Mama mungkin sering melihat di mana kehadiran kakak laki-laki tampak seperti 'permen asam manis'. Meskipun terkadang perilakunya membuat mata adiknya berkedut dan bibirnya mengerut, Mama mungkin tak bisa melupakan kedekatan yang terjadi diantara mereka.

Kakaknya yang kerap suka menggoda adiknya dan mungkin membuat Mama kewalahan, tetapi pada akhirnya kakak laki-laki akan melindungi dan mencintai adiknya, seperti bagaimana Mama melindungi dan mencintainya.

Tak hanya itu saja, ada beberapa manfaat kedekatan adik perempuan dan kakak laki-laki yang jarang disadari. Berikut Popmama.com telah merangkum sembilan diantaranya. Yuk simak!

1. Mengajari adik cara bersabar

1. Mengajari adik cara bersabar
Freepik/Jcomp

Sebagai adik, anak perempuan mama mungkin terlalu akrab dengan lelucon dan permainan konyol yang dimainkan oleh kakaknya yang laki-laki.

Meski terkadang bisa menyebalkan dan membuat adiknya marah, sisi positifnya dari hal ini adalah, kakak dapat mengajari adiknya cara bersabar.

Entah itu bersabar dalam hal pekerjaan atau berurusan dengan orang lain, memiliki kakak laki-laki telah mengajari adiknya untuk tidak terlalu mudah marah atau frustrasi.

2. Mengajari adiknya cara untuk menjadi tangguh

2. Mengajari adik cara menjadi tangguh
Pexels/Vlada Karpovich

Anak perempuan yang memiliki kakak laki-laki cenderung menjadi pejuang yang baik, baik secara harfiah dan kiasan.

Anak perempuan belajar untuk membela diri sendiri dan membuat suaranya didengar, ia juga belajar untuk tidak didorong oleh siapa pun.

Pertandingan gulat yang Mama lihat diantara pasangan kakak beradik ini, meski terkadang menakutkan, sebenarnya ini juga mengajari si Adik untuk tetap kuat dan tidak pernah menyerah. 

3. Mengajari adik perempuannya untuk bersaing dengan sehat

3. Mengajari adik perempuan bersaing sehat
Pexels/Anna Shvets

Memiliki kakak laki-laki itu baik bagi adik perempuan, karena kakaknya dapat mengajari adik cara memanfaatkan sisi kompetitif. Saat anak mencoba untuk berhasil di jalur karier apa pun, keterampilan ini akan menjadi aset.

Kakak laki-laki juga dapat memberikan adiknya wawasan yang luar biasa tentang dunia persaingan yang dominan pria. Saat besar nanti, tak menutup kemungkinan juga kakak laki-laki juga akan membantu mengembangkan harga diri dan keterampilan kepemimpinan adiknya.

Editors' Picks

4. Mengajari adiknya untuk menjaga emosi agar tetap terkendali.

4. Mengajari adik menjaga emosi agar tetap terkendali.
Pexels/Thirdman

Bukan rahasia lagi bahwa anak perempuan biasanya lebih emosional daripada anak laki-laki. Namun, anak-anak perempuan yang tumbuh dengan saudara laki-laki lebih tua, dapat belajar untuk mengendalikan emosinya dengan baik.

Dilansir dari Life Hack, anak perempuan dapat belajar untuk memproses, membicarakan perasaan, dan melanjutkan. Selain itu, tumbuh di antara kakak laki-laki membuat adiknya kemungkinan besar akan belajar memainkan peran sebagai penghibur dalam situasi sulit atau tragis.

5. Seorang kakak akan selalu melindungi adik perempuannya

5. Seorang kakak akan selalu melindungi adik perempuannya
Freepik/Gpointstudio

Terkadang seorang adik perempuan tak hanya perlu dilindungi oleh orangtuanya saja. Seperti singa terhadap anaknya, kakak laki-laki mengambil sifat atau peran yang sangat protektif dalam hal kesejahteraan adik perempuannya.

Inilah juga yang membuat Mama nanti tak perlu khawatir jika ada anak laki-laki yang akan menyerang dan menyakiti si Bungsu. Karena kakaknya akan selalu datang bersama dan mengawasi adiknya.

6. Memberikan wawasan yang bagus tentang laki-laki

6. Memberikan wawasan bagus tentang laki-laki
Freepik/Gpointstudio

Anak laki-laki atau laki-laki dewasa bisa sulit untuk dihadapi dan bagi seorang anak perempuan. Sehingga, ketika Mama memiliki anak kakak laki-laki tertua, ini dapat memberikan wawasan yang bagus bagi anak bungsu perempuan untuk memahami.

Ketika anak perempuan mulai membangun hubungan pertemanan dengan anak laki-laki. Seorang kakak laki-laki dapat membantunya menavigasi dan melewati banyak kesalahpahaman awal yang mungkin dialami di awal hubungan.

Lambat laun, semakin usia anak perempuan bertambah, kakak laki-lakinya dapat memberikan nasihat dan dapat membantu adiknya menghindari banyak sakit hati dalam hubungan. Atau, setidaknya, melewati masa-masa ini dengan baik.

7. Mengajarkan adik untuk membuat lelucon atau menikmati humor

7. Mengajarkan adik membuat lelucon atau menikmati humor
Freepik

Tak dapat dipungkiri, hidup ini cukup serius dan keras yang terkadang bisa melelahkan fisik dan juga emosional.

Tetapi memiliki seorang kakak laki-laki dapat mengajari adik perempuannya untuk membuat lelucon dan menikmati humor. Seringkali, anak laki-laki akan mengerjainya, atau adiknya termasuk dalam kelompok yang sama untuk mengerjai orang lain.

Tertawa dan menikmati lelucon akan mengajari anak perempuan untuk tidak menganggap hidup terlalu serius dan bisa menertawakan diri sendiri.

8. Mengajari adiknya tentang banyak pengetahuan dan keahlian

8. Mengajari adik tentang banyak pengetahuan keahlian
Pexels/Tima Miroshnichenko

Sejak usia muda, seorang adik laki-laki mungkin banyak beralih ke kakak laki-lakinya yang tampaknya memiliki lebih banyak pengetahuan dan keahlian tentang dunia. Anak laki-laki mungkin akan mengajari adiknya tentang budaya pop dan acara dunia.

Inilah sebabnya, memiliki kakak laki-laki bisa menjadi pintu gerbang untuk anak perempuan agar bisa belajar banyak tentang dunia.

9. Kakak laki-laki menjadi sandaran ketika adiknya menangis

9. Kakak laki-laki menjadi sandaran ketika adik menangis
Pexels/Vlada Karpovich

Bagian dari sifat protektif seorang kakak laki-laki adalah menjadi pendengar yang baik atau bahu yang nyaman untuk menangis.

Mengetahui bahwa anak perempuan mama selalu dapat mengandalkan kakak laki-lakinya untuk mendengarkan tanpa kritik atau penilaian, ini menjadi perekat yang mengikat adik perempuan dengan kakak laki-lakinya.

Sama seperti cinta seorang Papa, seorang kakak laki-laki cenderung mencintai adiknya tanpa syarat.

Nah itulah beberapa manfaat kedekatan adik perempuan dan kakak laki-laki, yang jarang disadari. Jika kedua anak mama menunjukkan kedekatan, semoga kebersamaan dan kekompakkan itu akan terus berkembang sampai mereka dewasa ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk