5 Tips yang Harus Kamu Perhatikan sebelum Membeli Berlian

Berencana investasi berlian? Perhatikan dulu hal ini!

3 Juli 2022

5 Tips Harus Kamu Perhatikan sebelum Membeli Berlian
Dok. Adelle Jewellery

Apa yang kamu ketahui tentang berlian? Ya, sudah pasti tentang perhiasan dengan harga yang mahal. Biasanya berlian tidak hanya dibeli sebagai riasan di jari saja, tetapi juga investasi di masa depan.

Di toko perhiasan, biasanya ada banyak perhiasan yang tersedia. Mulai dari kalung, cincin, hingga gelang. Harganya tentu berbeda-beda, ada yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Tapi, bagaimana cara memilih berlian yang tepat? Nah, sebelum kamu memutuskan untuk membelinya, baiknya perhatikan lima hal ini dulu sebelum beli. Simak selengkapnya yang Popmama.com rangkum di bawah ini.

1. Kenali dulu berlian sebelum kamu membelinya

1. Kenali dulu berlian sebelum kamu membelinya
Dok. Adelle Jewellery

Pada saat sedang di toko perhiasan, ada banyak perhiasan yang tersedia di sana. Tapi, bila kamu ingin membelinya baik itu untuk investasi atau dipakai, sebaiknya kenali dulu berlian yang kamu inginkan.

Kenali juga warna dan bentuknya, asli atau palsu perhiasan yang dijualnya. Jangan sampai kamu tertipu. Penting analisis dulu sebelum membeli.

Ada banyak faktor untuk menilai keindahan dan nilai berlian. “Pertama, sebelum memutuskan memeli berlian, pemula sebaiknya mengecek 4C secara detail dari berlian tersebut,” kata jewellery designer of Adelle Jewellery, Michelle Lo saat ditemui dalam jumpa pers yang diadakan beberapa waktu lalu. 

4C sendiri adalah Carat, Cut, Clarity dan Color, kriteria ini menjadi penilaian sentimental dan emosional yang identik dengan berlian.  

Michelle menjelaskan berat atau Carat berlian bisa disesuaikan dengan keinginan juga dana dari pembelinya. Sedangkan untuk color, Michelle memberikan saran belilah berlian yang menggunakan penilaian colorless dengan skala DEF. 

Selanjutnya, untuk cut terdapat lima skala penilaian, diantaranya exelent, very goodgood, fair, poor. Nah, agar tak salah membeli, kamu bisa memilih skala exelent. Clarity, pilihlah berlian dengan sedikit tanda lahir alami dari berlian tersebut atau skala penilaian VVS2. 4C ini biasanya dinilai dengan sertifikat GIA (pedoman untuk menilai kualitas berlian).

Namun ada pula elemen lain yang membuat performa berlian semakin bernilai, di antaranya adalah light performance. Salah satu label perhiasan yang dikenal mengedepankan teknologi untuk menghasilkan produk berlian dan emas berkualitas tinggi sejak 2013, Adelle Jewellery memperkenalkan, The Eternal Flame Diamond, yang dikenal sebagai “the most beautiful diamond in the world” beberapa waktu lalu. 

"Selain 4C, light performance juga sangat penting dalam membeli berlian. Light performance ialah kemampuan berlian membiaskan dan memantulkan cahaya," tambah Michelle Lo.

Light performance memengaruhi keindahan berlian. Semakin tinggi light performance dari berlian, maka akan semakin indah pantulan cahaya yang dihasilkan dari berlian tersebut.

Editors' Picks

2. Sebelum beli, kenali juga apakah perhiasan bersertifikat atau tidak

2. Sebelum beli, kenali juga apakah perhiasan bersertifikat atau tidak
unsplash.com/tahliaclaire

Seperti halnya membeli emas batangan atau logam mulia, berlian juga perlu kamu perhatikan tingkat keasliannya. Biasanya, berlian yang asli memliki sertifikat resmi, yang memiliki ukuran di atas 0,5 karat.

Selain itu, berlian asli juga memiliki identitas nomor seri khusus. Nah bagi kamu yang pemula dan ingin membeli berlian, perhatikan dulu ya bersertifikat atau tidak.

Koleksi The Eternal Flame Diamond dari Adelle telah memiliki sertifikasi yang diterbitkan oleh laboratorium yang dikenal sebagai institusi terdepan dalam industri berlian di dunia.

Koleksi ini selain memiliki sertifikat GIA (pedoman untuk menilai kualitas berlian), juga dilampiri sertifikasi light performance dari GemEx, sebuah institusi berlian bereputasi. 

3. Ketahui karakteristik berlian

3. Ketahui karakteristik berlian
unsplash.com/basvde

Selain tingkat keaslian, berlian juga memiliki karakteristik dengan bentuk yang berbeda-beda. Umumnya berlian yang paling dikenal bagi pecinta berlian adalah round diamond. Selain punya bentuk yang cukup ini, berlian ini juga mudah dijadikan perhiasan dalam bentuk apapun.

Maka dari itu, bagi pemula yang sedang memilih berlian, round diamond menjadi pilihan yang tepat untuk investasi.

4. Perhatikan berat berlian

4. Perhatikan berat berlian
unsplash.com/@basvde

Sebelum membeli berlian, ada hal yang harus kamu perhatikan lho. Salah satunya adalah melihat berat berliannya.

Dalam proses memilih berlian, akan ada perbedaan harga yang cukup jauh antara berlian yang sudah dipotong dengan berlian yang masih utuh.

Untuk investasi awal atau pemula, lebih baik cari berlian yang sudah menjadi perhiasan dengan ukuran yang cukup. Selebihnya, sesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

5. Ciri-ciri berlian yang asli dan palsu

5. Ciri-ciri berlian asli palsu
unsplash.com/sabrinnaringquist

Seperti yang dijelaskan di tahap pertama, kamu perlu kenali bentuk berliannya. Asli atau palsu. Bagi kamu yang berencana ingin membeli berlian, kamu perlu kenali ciri-ciri berlian asli dan juga palsu.

Kalau berlian asli, basanya memiliki tekstur yang keras dan kokoh, juga tidak mudah retak atau pecah. Selain itu, berlian yang asli juga tidak berembun, tidak mudah tergores, tidak mudah tergores, dan tidak mudah tenggelam.

Sedangkan bagi berlian yang palsu, ciri-cirinya mudah tergores dan mengambang di atas air. Sementara itu, berlian yang palsu juga mudah hancur atau meleleh saat terkena panas.  

Berikut lima hal yang harus diperhatikan sebelum membeli berlian. Jadi, perhatikan dulu ya sebelum investasi berlian!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk