Jangan Salah, Perhatikan Cara Merawat Tas Berdasarkan Bahannya!

Merawat tas tidak boleh sembarangan supaya tidak mudah rusak!

14 Februari 2019

Jangan Salah, Perhatikan Cara Merawat Tas Berdasarkan Bahannya
Pexels/Kristina Paukshtite

Bagi kebanyakan perempuan, keberadaan tas merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang penampilan.

Tidak jarang warna pakaian dan kebutuhan akan disesuaikan dengan jenis tas yang hendak dikenakan.

Agar tas dapat awet dan tidak cepat rusak maka diperlukan penanganan yang tepat bergantung pada jenis bahan masing-masing tas. Yuk simak lebih lanjut ulasan Popmama.com berikut ini:

1. Suede

1. Suede
Pexels/Dom J

Tas berbahan suede seringkali terlihat mewah dan menawan. Bahan seperti beludru ini memiliki tekstur yang unik.

Tetapi meskipun sangat cantik dikenakan, perawatan tas ini agak sulit jika dibandingkan tas lainnya. Kamu tidak perlu mencucinya menggunakan air, cukup hapus noda menggunakan penghapus karet agar tas bersih kembali.

Apabila tas suede kesayanganmu terkena tumpahan kopi atau teh, segera letakkan handuk di atasnya agar cairan tersebut terangkat daan meresap ke handuk. Setelah kering, hapus noda yang tertinggal menggunakan penghapus karet.

2. Kulit

2. Kulit
Pexels/Godisable jacob

Tas kulit adalah salah satu tas andalan kaum hawa karena durabilitinya yang tahan lama. Hal ini dikarenakan bahan kulit merupakan bahan yang kuat dijadikan tas dan diisi dengan barang yang cukup banyak dan berat.

Karena kualitas tas kulit yang bagus maka harganya pun relatif mahal dan cara perawatannya memerlukan perlakuan khusus. Tas ini tidak boleh terkena air karena akan meninggalkan bekas dengan warna yang berbeda. Jika memang kota tempat kamu tinggal sering hujan, semprot tas kulitmu dengan lapisan waterproof agar tidak rusak saat terkena air.

Selain itu kamu perlu mengangin-anginkan tas kulit minimal selama dua minggu sekali agar tasmu bebas dari jamur. Bila ada noda yang menempel, bersihkan menggunakan kain microfiber agar tidak merusak permukaan kulit.

Editors' Picks

3. Kain

3. Kain
Pexels/Sanddollar

Tas kain merupakan tas yang mudah dalam perawatannya. Kamu hanya perlu mencucinya seperti biasa ketika mencuci pakaian menggunakan sedikit deterjen, air dan sikat lembut.

Apabila tas mu tidak begitu kotor kamu dapat mencucinya menggunakan mesin cuci. Mudah bukan?

4. Parasut/Nylon

4. Parasut/Nylon
Pexels/rawpixel.com

Bahan parasut atau nylon termasuk tas yang ringan sehingga digemari banyak perempuan. Meskipun ringan tas ini cukup kuat asalkan tidak diisi barang terlalu berat.

Cara perawatannya tidaklah sulit. Kamu cukup memberikan sedikit sabun di area yang terkena noda kemudian usap dengan lap basah berbahan microfiber.

Setelah itu lap kembali dengan lap kering lalu diangin-anginkan.

5. PVC

5. PVC
Pexels/Tofros.com

Tas PVC memiliki permukaan yang mengkilat dan agak kaku. Bahan ini biasa dikenal dengan sebutan kulit sintetis. Tas berbahan PVC cukup kuat meski digunakan untuk membawa beban yang cukup berat.

Kelebihan tas ini yaitu mudah dibersihkan dan tidak mudah menyerap air sehingga cocok digunakan saat musim hujan.

Untuk membersihkannya kamu cukup menghilangkan noda menggunakan kain yang telah dibasahi sedikit air. Sangat mudah kan?

Baca juga: 


 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!