Hal-Hal yang Kamu Perlu Ketahui Tentang Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini, apa saja ya Ma?

20 Januari 2020

Hal-Hal Kamu Perlu Ketahui Tentang Kulit Kombinasi
Pexels/Shiny Diamond

Ketika kulit kamu jenisnya kering atau berminyak, mungkin kamu bisa lebih mudah merawatnya. Tetapi ketika kamu memiliki sedikit kulit berminyak, namun beberapa bagian ada yang kering, ini jadi tantangan yang rumit saat merawatnya. Tandanya, kami memiliki jenis kulit kombinasi.

Dilansir dari allure.com, Ranella Hirsch, asisten profesor klinis dermatologi di Boston University School of Medicine mengungkapkan bahwa ia memiliki banyak pasien yang memiliki kulit kombinasi, dan jenis kulit ini sangat umum.

Ciri khas kulit kombinasi, biasanya terlihat di area T-zone wajah. Dilansir dari Cosmopolitan.com menurut Dr Sam Bunting, seorang dokter kulit dan pakar kosmetik mengatakan hampir dari 60% dari kita berjuang pada tingkat yang berbeda-beda dengan jenis kulit kombinasi ini. Maka dari itu, kamu harus memerhatikan kebutuhan tersendiri dari setiap bagian yang terdapat di kulit kombinasi.

Cara sederhana untuk menentukan apakah kamu memiliki kulit kombinasi adalah mencuci muka dengan pembersih yang formulanya ringan, bebas sulfat, dan larut dalam air.

Lalu tunggu 20 menit, dan jika hidung, alis, dan dagu kamu menjadi berminyak dengan pori-pori menjadi lebih terlihat, sementara area pipi kamu terasa halus, kencang, atau bahkan kasar, bisa disimpulkan bahwa kamu memiliki kulit kombinasi.

Jenis kulit kombinasi disebabkan dari faktor genetik, tetapi faktor gaya hidup dan perawatan kulit yang salah dapat membuat area berminyak menjadi lebih kering dan berbintik-bintik. Area normal yang kering menjadi lebih kering dan lebih tipis.

Apakah yang Menyebabkan Kamu Memiliki Kulit Kombinasi?

Apakah Menyebabkan Kamu Memiliki Kulit Kombinasi
reflektskincare.com

Ada beberapa penyebab mengapa kamu bisa memiliki kulit kombinasi, diantaranya:

1. Genetika.

2. Produk perawatan kulit yang  digunakan terlalu keras di hidung, dagu, dan dahi. Jika kamu menggunakan pelembab yang salah, itu akan menyumbat pori-pori.

3. Kamu sedang mengalami masa-masa stres.

4. Tidak berolahraga sehingga kulit tidak menerima nutrisi sebanyak mungkin.

5. Saat berada di bawah sinar matahari, kamu tidak menggunakan perlindungan yang memadai.

Berikut adalah beberapa cara merawat kulit kombinasi yang sudah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber. Cek yuk, Ma!

1. Lakukan exfoliating pada wajah

1. Lakukan exfoliating wajah
thebestfacescrub.com

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mencoba dan memperbaiki kondisi kulit kamu.

Kamu bisa memulainya dengan melakukan pengelupasan kulit. Pastikan kamu merawat bagian kulit kering kamu agar tidak menjadi kasar.

2. Pilih skincare yang sudah di formulasikan khusus untuk kulit kombinasi

2. Pilih skincare sudah formulasikan khusus kulit kombinasi
skincare.com

Bisa jadi kamu menggunakan produk kulit yang terlalu keras di hidung, dagu, dan dahi yang membuat kelenjar kulit kamu di area ini menghasilkan lebih banyak minyak.

Sebaliknya, pilihlah produk yang telah diformulasikan khusus untuk kulit kombinasi dan bebas pewangi.

Jauh lebih mudah untuk melakukan ini daripada mencoba menerapkan produk untuk kulit berminyak dan kering secara terpisah karena kamu akan mungkin secara tidak sengaja menumpuknya. Jika ini terjadi, kemungkinan pori-pori akan tertutup dan menyebabkan munculnya jerawat.

Editors' Picks

3. Lakukan olahraga dan konsumsi makanan bergizi

3. Lakukan olahraga konsumsi makanan bergizi
Freepik

Jika saat ini kamu lagi malas berolahraga dan merasa kalau kulit kamu jadi berminyak, atau justru jadi lebih kering, ini menjadi tanda kalau kulit kamu mulai beralih menjadi kombinasi.

Kulit kombinasi disebabkan oleh sel-sel kulit kamu yang tidak menerima oksigen dan nutrisi sebanyak yang kulitmu butuhkan.

Selain berolahraga lebih banyak, kamu harus disarankan mengonsumsi makanan bergizi seperti salmon, sarden, dan kacang walnut karena makanan ini penuh dengan lemak baik yang dibutuhkan kulit kamu agar sehat.

4. Hindari stres yang berkepanjangan

4. Hindari stres berkepanjangan
Freepik/Yanalya

Jika kamu berpikir kondisi kulit akan menurun karena merasa stres, maka kamu harus mencoba untuk lebih rileks.

Mungkin bisa dicoba dengan menghabiskan waktu dengan menikmati minuman panas dan membaca buku atau berjalan-jalan santai.

Selain itu, kamu bisa mencari masker wajah yang cocok untuk kulit kombinasi. Lakukan maskeran minimal dua kali seminggu ya, Ma.
 

5. Wajib memakai sunscreen

5. Wajib memakai sunscreen
Freepik/Timonko

Jika kamu menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari dan tidak memakai perlindungan yang memadai, maka ini adalah sesuatu yang harus diluruskan dengan segera karena akan menyebabkan kerusakan serius jangka panjang pada kulit kamu. Gunakan sunscreen setiap hari untuk mendapatkan perlindungan pada kulit kombinasi. 

Wajah adalah aset utama. Oleh karena itu, apapun jenis kulitnya, perlu dilakukan perawatan yang sebaik mungkin. Itulah cara merawat jenis kulit kombinasi. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.