5 Tren Fashion di Tahun 2022, Gaya 2000-an dan K-Fashion Jadi Favorit!

Warna cerah dan padu padan mencolok akan kembali meramaikan fashion di tahun depan

7 Desember 2021

5 Tren Fashion Tahun 2022, Gaya 2000-an K-Fashion Jadi Favorit
Freepik/lookstudio

Sudah di akhir tahun, kini saatnya mengintip seperti apa tren fashion di tahun depan. Ternyata, pilihannya jatuh di gaya tahun 2000-an dan juga K-fashion. 

Meski banyak terobosan yang terjadi di dunia fashion, bukan berarti tak ada tren yang kembali mencuat. Dari akhir tahun ini saja sudah terlihat bagaimana generasi Millenial jadi perhatian. 

Cara berpakaian mereka saat remaja pun jadi sorotan. Gaya fashion tahun 2000-an akan diprediksi jadi tren di tahun depan. Selain itu, ada juga gaya K-fashion. Untuk lebih jelasnya, Popmama.com akan menjabarkannya untuk Mama. 

1. Kembalinya tren tahun 2000-an yang meriah

1. Kembali tren tahun 2000-an meriah
Freepik/lookstudio

Setelah tahun 2020 yang cukup melelahkan, kini banyak orang sudah bisa menyesuaikan diri dengan pandemi. Hal ini terlihat dari cara berpakaian. "Tadinya orang hanya mengenakan pakaian simple dan esensial, tapi sekarang mulai lebih berwarna, lebih girang," ujar fashion stylist Alva Susilo dalam acara Mega Gathering ZALORA 12.12 Mega Sale.

Di tahun depan, Alva melihat bahwa tren fashion akan lebih berani, dengan warna dan model pakaian atau aksesoris yang berbeda dari yang sebelumnya sudah kita miliki. Alya Dimitri menambahkan, tren Y2K memang sudah terlihat akan booming di tahun depan.

"Melihat gaya Britney Spears yang banyak warna dan artis-artis di tahun tersebut akan jadi pilihan banyak orang di tahun depan," tuturnya dalam acara yang sama.

Editors' Picks

2. K-Fashion juga akan menjadi kiblat

2. K-Fashion juga akan menjadi kiblat
instagram.com/lalalalisa_m

Selain gaya Y2K, gaya yang berkiblat pada fashion Korea pun tak kalah ramai. Apalagi saat ini, hampir semua orang menyempatkan diri untuk menonton K-drama atau tak sengaja melihat K-Idol. 

Secara tak langsung, gaya K-Fashion lebih mudah diadaptasi, terlebih kita sesama Asia, jadi masih merasa relate, demikian ungkap Alya.

"Jadi menurutku di 2022 nanti, tren berpakaian seperti aktor dan aktris k-drama/k-movies akan menjadi populer juga, contohnya seperti kemeja dengan kerah lebar, warna-warni pakaian yang lebih cerah, serta dress bermotif juga sudah sering kita lihat saat ini," kata Alya.

3. Tidak sekadar mengikuti tren, tapi sadar apa yang dibutuhkan

3. Tidak sekadar mengikuti tren, tapi sadar apa dibutuhkan
fashiongum.com

Lebih lanjut, Alva mengungkapkan bahwa saat ini sudah banyak orang yang bisa menyesuaikan cara mereka berpakaian. Meski tren sering berubah, namun mereka tetap memilih apa yang dibutuhkan. 

Untuk mengikuti tren ini, kamu perlu mengetahui cara belanja yang tepat. Alva pun punya tipsnya. 

"Bangun dulu seperti apa gaya kamu, list barang yang kamu suka tapi belum punya, dan kemudian pasangkan dengan tren yang sedang disukai," ujarnya. 

Perbanyak menyimpan foto saat melihat gaya yang menarik menurut kamu. Karena bisa jadi inspirasi untuk mencari pakaian yang mirip atau cocok untukmu. 

4. Warna fuschia dimiliki hampir setiap brand

4. Warna fuschia dimiliki hampir setiap brand
Freepik/wayhomestudio

Seperti ciri khas gaya tahun 2000-an, warna meriah jadi pilihan di tahun depan. Salah satu warna yang akan banyak digunakan brand-brand fashion dunia adalah pink fuschia. 

"Pink fuschia ini akan tren banget di tahun depan," ujar Alva. 

Tidak semua orang bisa percaya diri mengenakan warna yang cerah. Untuk itu, penting sekali untuk mengetahui warna apa yang cocok untukmu, dan bagaimana cara padu padannya.

"Kita pastiin dulu color blocking. Kita harus tahu karakter warna yang kita suka dan apa yang cocok untuk kita," lanjutnya.

5. Mulai meninggalkan fast fashion

5. Mulai meninggalkan fast fashion
Pexels/RODNAE Productions

Di tahun ini dan tahun depan, banyak orang yang memutuskan untuk lebih bijak dalam belanja dan mengikuti tren fashion. 

"Mereka juga mementingkan quality dan longevity, apakah produk ini esensial," ungkap Alva. 

Hal ini sesuai dengan survei yang dilakukan oleh KG Media Fashion Shopping Landscape Research. Di mana hanya sekitar 20% responden saja yang mengaku belanja karena mengikuti tren. 

Sementara selebihnya, sekitar 67% responden mengaku belanja berdasarkan kualitas barang dan harga yang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Itu dia prediksi tren fashion di tahun 2022. Ada yang sudah jadi koleksi kamu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk