5 Cara Menghilangkan Bulu di Wajah dan Efek Sampingnya

Mencukur atau mencabut, ya?

4 April 2021

5 Cara Menghilangkan Bulu Wajah Efek Sampingnya
Freepik/valuavitaly

Bagi sebagian perempuan, ada bulu di wajah bisa mengganggu rasa percaya diri mereka. Popmama.com punya cara menghilangkan bulu di wajah dan efek sampingnya. 

Keadaan wajah dengan bulu adalah sebuah kondisi wajar yang bisa terjadi pada siapa saja. Pada dasarnya, setiap orang memiliki bulu sangat halus di wajah. 

Namun beberapa orang memiliki bulu yang lebih tebal dibanding yang lainnya. Inilah yang membuat seseorang jadi tak pede sehingga ingin menghilangkannya. 

Nah, inilah beberapa cara menghilangkan bulu wajah yang bisa kamu intip. Yuk!

1. Mencukur namun bisa membuat bulu makin kasar

1. Mencukur namun bisa membuat bulu makin kasar
Freepik/Fabrikasimf

Salah satu cara paling mudah menghilangkan bulu di wajah adalah dengan mencukurnya. Seringnya, bulu tumbuh jelas di dekat alis atau di atas bibir. 

Mencukurnya bisa membuatnya hilang dalam sekejap. 

Beberapa anggapan salah mengenai mencukur bulu adalah bahwa bulu bisa tumbuh lebih lebat dan cepat jika dicukur. Nyatanya, bulu akan tetap sama jumlahnya jika dicukur dan tidak juga tumbuh lebih cepat. 

Namun, bulu yang dicukur akan tubuh dengan ujung tumpul sehingga tampak lebih jelas dan terasa lebih kasar. 

Editors' Picks

2. Mencabut bulu wajah

2. Mencabut bulu wajah
Freepik/lookstudio

Beberapa orang hanya memiliki sedikit sekali bulu yang jelas terlihat di wajah. Sehingga, mencabutnya bisa jadi opsi untuk menghilangkannya. 

Sebenarnya, hal ini boleh saja dilakukan namun ada efek sampingnya. Saat mencabut, rasa sakit akan terasa di wajah. Apalagi jika posisinya di area yang sensitif, maka sakitnya akan lebih terasa. 

Jika sering dilakukan, maka bisa merusak saraf yang ada di area tersebut. 

Sedangkan mencabut bulu jika jumlahnya banyak maka akan sangat memakan waktu. 

3. Threading wajah

3. Threading wajah
angel-studio.ca

Salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan bulu di wajah adalah dengan melakukan threading. Metode ini menggunakan benang untuk menghilangkan bulu halus di wajah. 

Setelah melakukan threading, maka wajah akan terasa sangat mulus dan make up pun jadi lebih mudah menempel. 

Namun rasanya memang sedikit nyeri saat bulu diangkat dengan benang. Jadi, harap tahan rasa sakitnya, ya.

4. Waxing bulu wajah

4. Waxing bulu wajah
Annassalonelite.com

Meski bulunya halus, namun tetap bisa dilakukan waxing di wajah. Caranya mirip dengan waxing di bagian tubuh lainnya. Yaitu dengan mengoleskan cairan lilin atau gula di wajah dan kemudian menempelkan kain lalu mencabut melawan arah tumbuh bulu. 

Cara ini cukup ampuh menahan tumbuhnya bulu di wajah. Kamu bisa bebas bulu wajah sekitar 4-8 minggu. Jika dilakukan rutin, maka bulu akan lebih malas untuk tumbuh. 

Namun karena dilakukan di wajah, kamu harus mempertimbangkan kondisi kulit. Akankah ada reaksi alergi atau iritasi saat melakukan prosedur tersebut. 

5. Menggunakan epilator

5. Menggunakan epilator
Freepik/user18526052

Epilator adalah alat yang seperti cukur rambut dan bisa menghilangkan bulu sampai akarnya. Membersihkan wajah dengan epilator bisa membuat wajah lebih halus dan bulu tidak mudah muncul lebih lama. 

Seperti waxing, penggunaan epilator juga bisa menimbulkan rasa nyeri dan sakit. Lebih jauh lagi penggunaan alat ini bisa menyebabkan iritasi dan infeksi pada wajah. 

Setelah mengetahui manfaat dan efek samping cara menghilangkan bulu wajah, manakah yang akan Mama pilih?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.