8 Produk Kecantikan Lokal yang Punya Konsep Ramah Lingkungan

Membeli produk kecantikan dengan kesadaran yang lebih tinggi

11 April 2021

8 Produk Kecantikan Lokal Pu Konsep Ramah Lingkungan
Freepik

Tak bisa dipungkiri, umur Bumi semakin tua dan makin banyak polusi di dalamnya. Untuk membantu menyayangi Bumi, Popmama.com punya produk kecantikan yang ramah lingkungan. 

Jika kamu ingin menjajal produk kecantikan dan perawatan tubuh asal dalam negeri, tentu banyak pilihannya. Namun, mana saja yang ramah lingkungan dan bisa sekaligus menjaga kesejahteraan bersama?

Ini dia daftarnya!

1. Mineral Botanica

1. Mineral Botanica
Instagram.com/mineralbotanica

Merk lokal pertama yang akan dibahas adalah Mineral Botanica atau yang biasa disebut juga dengan nama Mica. Brand ini memiliki make up yang disukai banyak perempuan Indonesia. 

Tak hanya itu, mereka juga punya skincare yang dikenal ramah lingkungan. Mereka menggunakan bahan dasar yang alami dan minim bahan kimia.

Untuk pilihannya, mereka menggunakan tumbuhan sebagai bahan dasar pembuatan produk kecantikannya. 

2. Sensatia Botanicals

2. Sensatia Botanicals
sensatia.com

Brand kecantikan dan perawatan tubuh asal Bali, Sensatia Botanica semakin memperbanyak produknya yang berdasarkan konsep sustainable

Beberapa produknya telah diklaim bebas dari kandungan Sodium Lauryl Sulfate (SLS). SLS sering disingkat menjadi sulfat, atau deterjen, dan surfaktan yang biasa terkandung dalam produk perawatan tubuh dan rambut. 

Ada juga produk barunya yaitu sheet mask yang terbuat dari serat merk VEOCEL. Di mana serat dari merek ini telah tersertifikasi biodegradable atau bisa terurai ke alam. 

3. Klen and Kind

3. Klen and Kind
blibli.com

Klen and Kind adalah produk kecantikan dan perawatan tubuh yang dibuat oleh beberapa penggiat kecantikan dan alam. Mereka ingin membuat produk yang bermanfaat bagi tubuh sekaligus ingin terus menghidupkan semangat peduli lingkungan. 

Beberapa produknya seperti skincare, make up, dan minyak essential mengusung konsep yang ramah lingkungan.

Selain itu, kemasan produknya dibuat sedemikian rupa agar tidak banyak menggunakan plastik. 

Editors' Picks

4.Trope Cosmetic

Melangkah ke merek make up, ada Trope Cosmetic yang berdiri sejak tahun 2018. Brand ini mendukung sustainable beauty dengan cara menggunakan formula yang bebas paraben dan parfum. 

Tak hanya itu, mereka juga memiliki produk yang multifungsi. Seperti contohnya adalah multifunctional face colours yang bisa digunakan illuminator, lip colour, dan cheek colour. Sehingga, kamu tak perlu menggunakan banyak produk untuk memiliki make up yang lengkap. 

Ditambah lagi, brand ini mengusung produksi yang cruelty free sehingga tidak ada hewan yang tersakiti dalam pembuatan produknya. 

5. SeconDate Beauty

5. SeconDate Beauty
Instagram.com/secondatebeauty

SeconDate Beauty juga salah satu brand lokal yang juga menerapkan aturan cruelty free dalam pembuatan produknya.

Brand ini menggunakan formula yang ethically sourced sehingga tidak mengganggu kestabilan alam. 

6. SASC

6. SASC
Instagram.com/sascofficial

SASC atau kepanjangan dari Socially Aware Sexy Cosmetic ini juga mengusung produk yang bebas dari percobaan pada binatang dan juga mengangkat nilai-nilai sosial. 

Selain brandnya yang sustainable, brand ini juga banyak membantu dan mendukung komunitas perempuan lokal dengan melalui donasi. 

Satu lagi, mereka bisa memastikan semua produknya halal, Ma. 

7. Rose All Day

7. Rose All Day
Dok. Rose All Day

Untuk kamu yang senang dengan make up natural atau nude, bisa melirik brand yang satu ini.

Rose All Day termasuk brand yang menggunakan bahan kimia tidak beracun, bebas dari percobaan pada binatang, dan juga halal. 

8. Runa Beauty

Produk kecantikan lokal lainnya yang ramah lingkungan dan bisa dilirik adalah Runa Beauty. Seluruh produk dari brand ini diklaim tidak mengandung gluten, paraben, phthalates, sulfat, dan parfum sintetis. 

Sehingga, kamu yang yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi bisa menggunakan produk ini dengan tenang. Juga, produk ini vegan friendly!

Itulah beberapa produk kecantikan dan perawatan tubuh lokal yang mengusung konsep ramah lingkungan. Menjaga lingkungan bisa dari langkah sederhana, salah satunya dengan memilih produk yang tepat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.