Bukan Hanya dari Debu dan Polusi, Inilah 7 Makanan Penyebab Komedo

Banyak faktor yang menyebabkan komedo, salah satu pemicunya adalah makanan

8 Oktober 2020

Bukan Ha dari Debu Polusi, Inilah 7 Makanan Penyebab Komedo
Pexels/Savage

Berbicara mengenai komedo, ada dua jenis komedo yaitu komedo terbuka dan tertutup. Komedo terbuka adalah komedo yang sering kita sebut sebagai “blackheads” yaitu pori-pori yang tertutup oleh sel-sel kulit mati dari dalam folikel dan sebum berlebih sehingga warnanya menjadi abu-abu atau hitam ketika teroksidasi dengan udara luar.

Komedo tertutup dikenal sebagai "whiteheads". Benda putih yang ada ditengah-tengah whiteheads memang nanah, nanah terjadi karena ada peradangan. Whiteheads sering terlihat bengkak dan merah.

Banyak faktor yang berkontribusi dalam menyebabkan komedo, termasuk produksi sebum dan keratin, bakteri, hormon, pori-pori tersumbat dan peradangan.

Hubungan antara makanan dan komedo sampai saat ini menjadi kontroversi, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa makanan dapat memainkan peran penting penyebab komedo. Dibawah ini adalah beberapa makanan yang memicu terjadinya komedo:

Setelah mengetahui 7 makanan penyebab komedo, kini Mama dapat memilih dan memperhatikan jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Mengkonsumsi makanan yang tepat, bukan saja berfungsi untuk mencegah timbulnya komedo, namun juga mampu membantu merawat kesehatan dan kecantikan. Cek daftarnya di Popmama.com!

1. Refined grain (biji-bijian olahan) dan refined sugar (gula refinasi/gula putih)

1. Refined grain (biji-bijian olahan) refined sugar (gula refinasi/gula putih)
livemint.com

Contoh refined grain yaitu: beras putih, tepung terigu  dan produk olahan lain yang terbuat dari bahan dasar biji-bijian olahan seperti roti tawar, sereal, biskuit, cake, pasta yang terbuat dari tepung terigu,

Sedangkan minuman yang mengandung refined sugar, biasanya ditemukan dalam minuman sirup, minuman kaleng bersoda, teh dalam botol atau kotak, dan jus dalam botol atau kotak.

Gula dan karbohidrat  yang terdapat dalam makanan dan minuman ini cenderung masuk ke dalam darah dengan sangat cepat. Itu berarti, makanan dan minuman tersebut tinggi indeks glikemik, ukuran bagaimana makanan mempengaruhi gula darah.

Ketika tubuh membuat lebih banyak insulin untuk menurunkan gula darah, itu mempengaruhi hormon lain yang meningkatkan produksi minyak di kulit Mama.

2. Makanan yang mengandung produk olahan susu (dairy products)

2. Makanan mengandung produk olahan susu (dairy products)
foodnavigator.com

Belum jelas bagaimana susu dapat menyebabkan komedo, namun susu diketahui meningkatkan kadar insulin, terlepas dari pengaruhnya terhadap gula darah, yang dapat memperburuk kadar keparahan komedo dan jerawat.

Susu sapi juga mengandung asam amino yang merangsang hati untuk menghasilkan lebih banyak Insulin-like growth factor-1 (IGF-1), yang banyak dikaitkan sebagai penyebab komedo dan jerawat.

Editors' Picks

3. Makanan cepat saji (fast food)

3. Makanan cepat saji (fast food)
scinexx.de

Penyebab komedo juga sangat terkait dengan makan makanan gaya Barat yang kaya kalori, lemak, dan karbohidrat olahan seperti burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda, dan milkshake.

Beberapa peneliti menyatakan bahwa makanan cepat saji dapat mempengaruhi ekspresi gen dan mengubah kadar hormon sehingga mendorong pertumbuhan komedo.

4. Udang dan lobster

4. Udang lobster
yourdiningcenter.com

Makanan laut yang dapat menyebabkan komedo adalah udang dan lobster, dan keduanya tinggi mineral.

Meski mineral yang terkandung dalam kedua seafood ini penting bagi kesehatan dan kulit, namun makanan tersebut dapat memicu komedo apalagi jika dikonsumsi terlalu banyak atau memang Mama memiliki kulit yang sensitif.

5. Makanan yang banyak mengandung lemak trans (Trans fat)

5. Makanan banyak mengandung lemak trans (Trans fat)
healthhub.sg

Makanan yang mengandung lemak trans adalah makanan salah satu komponennya adalah minyak sayur terhidrogenasi.

Makanan jenis ini banyak ditemukan dalam makanan olahan mulai dari biskuit, sampai keripik. Pastikan untuk memeriksa bahan-bahan apa saja yang dikandung dalam makanan kemasan untuk memastikan Mama menghindari lemak trans.

Lemak trans dapat menyumbat arteri dijantung, lemak trans juga menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah kecil di kulit.

6. Sering mengonsumsi cokelat dengan kandungan susu

6. Sering mengonsumsi cokelat kandungan susu
candyfavorites.com

Makanan ini yang menyebabkan komedo karena mengandung beberapa pemicu yang paling umum yaitu gula rafinasi, susu, dan kadang juga mengandung lemak trans.

Jika memang Mama ingin memakan cokelat, sebaiknya pilihlah dark chocolate (cokelat hitam)  yang mengandung 70 persen kakao karena dark chocolate jauh lebih aman untuk kulit.

7. Minuman koktail beralkohol

7. Minuman koktail beralkohol
vinepair.com

Margarita, mojito, dan minuman koktail lainnya sarat dengan gula dan menyebabkan peradangan dan lonjakan gula darah.

Selain itu alkohol bersifat diuretik yang dapat mendehidrasi kulit. Ketika kulit kering, kulit tidak dapat beregenerasi dengan benar, pori-pori tersumbat, sehingga menyebabkan komedo.

Itulah beberapa makanan yang diperkirakan dapat menyebabkan komeda dan pori-pori tersumbat pada wajah. Perbanyak makanan sayur dan buah serta minum air putih untuk membuat kulit terhidrasi dengan baik.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.