9 Tipe Jeans yang Digunakan Perempuan, Mana Favorit Kamu?

Ketahui jeans yang cocok dengan bentuk tubuhmu ya

7 Desember 2019

9 Tipe Jeans Digunakan Perempuan, Mana Favorit Kamu
Freepik.com/Vgstockstudio

Jeans menjadi pakaian yang tentunya dimiliki oleh sebagian besar orang. Terkadang 1 orang khususnya perempuan, memiliki berbagai jeans dengan jenis dan warna yang beragam sesuai dengan kebutuhan favoritnya.

Jeans dipilih sebagian besar orang karena praktis, kamu dapat menggunakannya dengan gaya dan atasan apapun. Selain itu, kamu tidak perlu sering-sering mencucinya agar jeans tidak menjadi lebar dan berubah warna.

Namun, tidak mudah lho untuk mencari jeans yang sesuai dengan bentuk tubuh perempuan dan juga terdapat berbagai macam jeans yang membuat kamu bingung untuk menentukan jeans mana yang terbaik untuk bentuk tubuhmu. Sehingga, kamu hanya memilih yang menurut kamu cocok.

Berikut ini Popmama.com akan menjelaskan 9 tipe-tipe jeans yang bisa kamu sesuaikan dengan bentuk tubuh kamu.

1. Skinny jeans buat kaki kamu terlihat ramping

1. Skinny jeans buat kaki kamu terlihat ramping
Eu.wrangler.com

Skinny Jeans, sesuai dengan namanya, jeans ini sangat ketat hingga membentuk dan memperlihatkan lekukan tubuh bagian bawahmu. Jika kamu memiliki kaki yang ramping, mungil, atau tubuh tipe jam pasir kamu dapat menggunakan jeans ini.

Namun, untuk kamu yang memiliki tubuh dengan bentuk buah pir atau memiliki masalah pada bentuk paha atau betis yang besar kamu perlu menghindari penggunaan skinny jeans. Karena lekukan yang ketat akan membuat kamu tidak nyaman.

Skinny jeans memiliki banyak tipe, seperti potongan pinggang yang rendah, sedang, dan tinggi. Jika kamu memiliki masalah dengan tinggi badan, potongan pingging yang tinggi mungkin cocok untuk kamu karena membuat tubuh kamu menjadi terlihat lebih ramping dan kaki yang lebih jenjang.

2. Skinny crop jeans membentuk bagian tubuh perempuan bagian bawah

2. Skinny crop jeans membentuk bagian tubuh perempuan bagian bawah
Loft.com

Skinny crop jeans sangat mirip dengan celana skinny jeans biasa, perbedaannya terletak pada panjang jeansnya. Skinny crop jeans memiliki ukuran yang lebih pendek, orang banyak menyebutkannya dengan ukuran 7/8. Beberapa jeans crop menambahkan lipatan dibawah jeans untuk menambahkan estetika.

Dalam hal bahan atau potongan, tidak ada banyak perbedaan antara skinny jeans biasa dengan skinny jeans crop. Kedua jeans sama-sama ketat dan membentuk bagian tubuh perempuan bagian bawah.

Skinny crop jeans cocok digunakan untuk kamu yang memiliki tubuh mungil dengan kaki yang ramping.

Namun jika kamu memiliki bentuk tubuh pir dan memiliki paha dan betis yang cukup besar, kamu mungkin akan menghindari jeans ini karena akan memperlihatkan lekukan tubuhmu yang besar.

3. Straight leg jeans bikin kaki kamu terlihat lebih jenjang

3. Straight leg jeans bikin kaki kamu terlihat lebih jenjang
Amazon.com

Mungkin kamu menyukai bentuk jeans yang menyesuaikan bentuk tubuh kamu, tapi kamu tidak memiliki kepercayaan diri untuk jeans yang “super ketat” seperti skinny jeans dan skinny crop jeans. Kamu dapat memilih straight leg jeans atau jeans dengan potongan kaki yang lurus.

Jeans ini mempunyai potongan yang lurus dan sedikit lebar dari bagian pinggang hingga mata kaki dan yang pasti tidak ketat dan membuat kaki kamu terlihat lebih jenjang dari sebelumnya. Kabar baiknya, jeans ini cocok dalam segala jenis tubuh perempuan.

Straight leg jeans juga memiliki ketinggian pinggang yang beragam. Agar menunjang penampilan agar terlihat lebih ramping dan tinggi, kamu dapat menggunakan straight leg jeans berpinggang tinggi dan padukan dengan baju yang dimasukan kedalam jeans. Gunakan sepatu hak tinggi 7-10cm atau sneaker yang memiliki sol tebal.

Editors' Picks

4. Jeggings mampu buat penampilan terlihat kasual

4. Jeggings mampu buat penampilan terlihat kasual
Dillards.com

Jegging adalah singkatan dari jeans legging atau jeans lejing yang pada dasarnya adalah celana lejing yang berbahan denim.

Kamu dapat menggunakan jegging jika kamu ingin terlihat lebih santai, kasual, mudah bergerak namun terlihat stylish. Berbeda dengan lejing biasa yang biasanya polos. 

Dengan berbahan dasar jeans, jegging tetap ketat namun dapat melar sesuai bentuk tubuh kamu. Gunakan atasan yang sedikit dibawah pinggul agar tidak membuat bokong menjadi lebih terlihat menonjol. Namun, kamu dapat menggunakan jegging dengan style seperti seperti skinny jeans.

Sebagian besar perempuan merasa lebih nyaman dengan celana jegging, karena tidak menggunakan kancing dan tersedia dalam berbagai ukuran. Untuk perempuan yang sedang hamil, terdapat jegging yang dapat kamu gunakan juga lho!

Kamu dapat menggunakan jegging dengan warna-warna gelap seperti hitam dan biru denim agar kesan jeans menjadi lebih menarik karena tidak terlihat seperti menggunakan lejing.

5. Boot cut jeans cocok buat yang ingin tampil lebih tinggi

5. Boot cut jeans cocok buat ingin tampil lebih tinggi
Wrangler.co.uk

Boot cut jeans awalnya dianggap dengan mom jeans oleh kalangan perempuan karena memiliki bentuk pola jahitan yang sama pada bagian bawah. Namun, Boot cut jeans memiliki ujung yang lebih runcing dan sedikit lebih lebar daripada mom jeans.

Jeans ini memiliki ciri-ciri jahitan yang lurus sampai lutut dan kemudian jahitan lebih lebar hingga semata kaki. Kamu juga dapat menemukan boot cut jeans yang ukurannya lebih tinggi dari mata kaki atau 7/8.

Jika kamu memiliki tubuh yang tinggi dan ramping, kamu cocok dengan jeans yang satu ini. Namun kalau kamu memiliki tubuh yang lebih rendah, kamu akan terlihat lebih pendek saat menggunakan jeans yang satu ini.

6. Flared jeans sangat pas untuk bentuk tubuh buah pir

6. Flared jeans sangat pas bentuk tubuh buah pir
Modcloth.com

Apakah kamu mengenali jeans yang satu ini? Jeans ini populer dikalangan orang pada tahun 90an karena disebut mirip dengan bentuk celana penyanyi Elvis Presley. Saat ini flared jeans kembali menjadi populer karena digunakan oleh beberapa penyanyi seperti Lisa Blackpink”.

Jika celana boot cut jeans terbuka lebih kecil, celana yang satu ini jauh lebih lebar dan memiliki gaya seperti bell bottom style. Kamu dapat memadukan celana ini dengan sepatu yang tinggi agar kaki kamu tidak terlihat tenggelam.

Celana ini cocok untuk perempuan yang tinggi dan ramping, atau bentuk buah pir yang memiliki paha dan betis yang besar karena jeans ini dapat menutupi bagian besar tersebut. Namun, hindari jeans ini jika kamu memiliki tubuh yang mungil.

7. Short ladies jeans bisa dipadupadankan dengan berbagai pilihan atasan

7. Short ladies jeans bisa dipadupadankan berbagai pilihan atasan
Castro.com

Celana pendek jeans atau yang disebut dengan short ladies jeans adalah cara modern untuk menggunakan jeans. Celana ini memiliki panjang diatas lutut dan beberapa celana dapat sangat pendek seperti setengah dari paha kamu yang disebut dengan celana hotpants.

Celana ini memberikan kesempatan sempurna untuk kamu yang ingin memamerkan kaki kamu. Beberapa celana pendek memberikan kesan ripped seperti terpotong dari celana jeans panjang yang terlihat memiliki benang-benang jeans yang keluar.

Kamu dapat menggunakan jeans ini pada saat musim panas, kamu bisa memadukan jeans ini degan sweater besar, kemeja yang dimasukan, bahkan kaos. Hal ini juga membuat kamu terlihat lebih santai. Gunakan sepatu sneaker atau sandal agar tampilan santai dapat menjadi terlihat lebih stylish.

8. Ripped jeans untuk penampilan trendi

8. Ripped jeans penampilan trendi
Very.co.uk

Ripped jeans yang dikaitkan oleh penyanyi-penyanyi musik rock dikalangan dunia. Namun sebelumnya jeans ini ternyata dipopulerkan oleh pekerja-pekerja pada jaman dahulu yang tidak sengaja menyobekan celananya pada saat bekerja.

Saat ini, ripped jeans kembali dipopulerkan dengan berbagai macam jenis sobekan jeans. Ripped jeans awalnya hanya diproduksi dengan sobekan pada bagian lutut, tetapi dengan perkembahan dan perubahan mode, membuat berbagai jenis sobekan di seluruh bagian jeans. Seperti bagian paha dan betis.

Ripped jeans hadir dalam berbagai bentuk jeans, seperti boyfriend jeans dan skinny jeans kamu dapat menyesuaikan jeans ini tergantung jenis bentuk tubuh kamu.

Bahkan ripped jeans juga ada yang hadir untuk pengguna jeans yang muslim, sobekan jeans terlihat lebih tertutup dan ada kain yang menutupi hingga bagian paha tidak terlihat.

9. Embroidered womens jeans bisa jadi pilihan celana untuk berbagai momen

9. Embroidered womens jeans bisa jadi pilihan celana berbagai momen
Asos.com

Kamu mungkin bosan dengan tampilan jeans yang hanya polos satu warna, namun kamu juga merasa ripped jeans tidak bisa digunakan dalam acara formal karena banyak sobekan. Sebagai alternatif kamu dapat menggunakan jeans dengan bordiran yang menghiasi jeans agar tidak terlalu polos.

Pada jeans dengan bordiran, membuat jeans terlihat lebih menarik dan tangguh. Bordiran pada jeans dapat lebih menarik karena ada jeans dengan bordiran hanya pada 1 sisi, kedua sisi, pada saku, hingga bordiran sampai sepanjang bagian paha.

Kamu dapat membuat jeans dengan bordiran seperti yang kamu mau dengan memilih berbagai macam bordiran lalu kamu dapat menjahitnya sendiri atau di jasa profesional jahit agar jahitan lebih kencang dan tidak mudah lepas.

Bordiran jeans ini dapat kamu temukan dalam berbagai bentuk jeans sesuai dengan favorit kamu. Pilih bordiran yang sesuai dengan dengan warna pakaian favoritmu agar dapat digunakan dengan senada.

Sekarang kamu telah mengetahui 9 jenis jeans yang dapat digunakan oleh perempuan, yang mana jeans favoritmu? 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.