6 Cara Merawat Tas Branded agar Tak Cepat Rusak!

Bingung bagaimana cara merawat tas branded agar tak cepat rusak? Yuk simak cara di bawah ini!

11 Januari 2022

6 Cara Merawat Tas Branded agar Tak Cepat Rusak
Pinterest.com/people

Tas di zaman sekarang sudah seperti layaknya pakaian, di mana tas termasuk kelengkapan fesyen yang pasti dibutuhkan bagi setiap kaum perempuan, baik itu hanya sebagai tempat menyimpan barang ketika pergi ataupun untuk bergaya agar terlihat modis. 

Banyak kita jumpai tas branded yang beredar di tengah masyarakat dengan berbagai model gaya serta ukuran. Bagi pencinta tas branded, mungkin nggak akan keberatan untuk mengeluarkan uang dengan jumlah besar untuk membeli beberapa tas branded itu. 

Namun sayangnya, hanya sedikit orang yang mengetahui cara merawat tas dengan benar. Maka dari itu, Mama harus tahu bagaimana cara merawat tas branded agar tak cepat rusak. Berikut Popmama.com akan merangkumnya. Yuk simak!

1. Perhatikan tempat penyimpanan

1. Perhatikan tempat penyimpanan
Pinterest.com/wishapp

Cara pertama yang perlu diperhatikan ketika ingin merawat tas branded dengan benar dan tidak cepat rusak adalah perhatikan tempat penyimpanan ya, Ma. 

Penyimpanan tas harus tertata rapih, tidak bertumpuk dan juga bersih. Mama juga harus jaga kelembabannya. Jangan sampai menaruh tas branded ini di udara yang lembap, basah atau terlalu panas. Apalagi jika tas branded itu berbahan kulit. 

Tipsnya adalah Mama bisa lindungi tas branded dengan memasukannya ke dalam tas khusus cover bag agar terlindung dari debu ataupun kerusakan lainnya. 

2. Hindari membersihkan tas dengan tisu basah

2. Hindari membersihkan tas tisu basah
Pinterest.com/estelafidalgo

Cara kedua yang perlu Mama perhatikan adalah jangan membersihkan noda atau kotoran di tas branded dengan tissue basah, kenapa? Karena hal tersebut justru membuat warna tas akan lebih cepat pudar. 

Sebagai gantinya, Mama bisa gunakan tisu kering atau kain yang sebelumnya sudah diberi cairan pembersih khusus. 

Tisu kering ini juga aman dari bahaya alkohol yang dapat memudarkan tas berbahan dasar kulit. Sesekali tidak apa, Ma tetapi jangan terus-menerus ya! Agar warnanya tidak luntur dan tidak cepat rusak. 

Editors' Picks

3. Kenali jenis noda dan cara membersihkannya

3. Kenali jenis noda cara membersihkannya
Pinterest.com/lifesavvysite

Setiap noda yang mengotori tas branded Mama, memiliki jenis perawatannya masing-masing. Tipsnya adalah jika hanya noda debu Mama bisa menggunakan spons setengah basah dan membersihkannya perlahan. 

Untuk noda tinta, bisa diatasi dengan alkohol dan gosok noda tinta tersebut. Setelah itu, keringkan dengan pengering pukulan tetapi tetapkan pada pengaturan rendah ya. 

Lalu, jika noda darah atau makanan yang sangat sulit dihilangkan, Mama bisa membuat pasta dari perasan lemon dan baking soda. Kemudian gosokkan pasta pada noda dan biarkan selama 10 menit.  Hapus pasta dengan kain dan pelembap sabun basah, keringkan dengan kain lembut atau handuk. 

4. Gunakan pouch saat menaruh kosmetik

4. Gunakan pouch saat menaruh kosmetik
Freepik.com/freepik

Mama pasti selalu membawa alat kosmetik ketika pergi kemanapun. Nah, biasanya ketika tidak diletakkan dengan benar kosmetik akan terlihat berceceran dan menyebabkan tas tersebut menjadi kotor dan tergores.

Untuk meminimalisir kerusakan pada tas tersebut, tips yang perlu Mama ketahui adalah dengan menggunakan pouch untuk menyimpan kosmetik tersebut. Dengan begitu tas Mama akan awet dan tidak cepat rusak. 

5. Gunakan tas secara bergantian

5. Gunakan tas secara bergantian
Freepik.com/lookstudio

Cara selanjutnya untuk merawat tas branded agar tidak cepat rusak adalah dengan menggunakan tas secara bergantian. 

Meskipun memiliki tas branded kesayangan, tetapi jangan sampai Mama terlalu sering menggunakan tas tersebut ya! Karena penggunaan tas yang terlalu sering juga membuat warna tas dan serat jadi menurun dan akan cepat rusak lho, Ma. Oleh karena itu, ketika Mama pergi bisa selingi dengan tas lainnya. 

6. Gunakan Dehumidifier

6. Gunakan Dehumidifier
Pinterest.com/realsimple

Udara lembab merupakan masalah umum bagi kita yang tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Jika tidak terkontrol, udara lembap menyebabkan tumbuhnya lumut, jamur, serta berkembang biaknya bakteri di ruangan. 

Oleh karena itu, tipsnya adalah dengan menggunakan dehumidifier yang nantinya akan membantu melindungi tas branded Mama! Tetapi, dehumidifier ini tidak hanya bisa digunakan untuk tas saja kok, tetapi juga bisa digunakan untuk pakaian, jaket, dan sepatu agar terhindar dari kelembaban.

Nah, itulah tadi beberapa cara merawat tas branded agar tidak cepat rusak. Jadi, pastikan Mama merawat tas branded dengan benar ya. Jika Mama ada tips lain mengenai cara merawat tas, boleh tulis di komentar bawah ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.