TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Hindari 7 Kebiasaan Sepele yang Buat Kulit Wajah Makin Berminyak

Stop hal-hal kecil berikut ini agar kulit lebih sehat di tahun yang baru!

6 Januari 2022

Hindari 7 Kebiasaan Sepele Buat Kulit Wajah Makin Berminyak
Pexels/Makidotvn

Memiliki kulit yang berminyak kerap kali membuat beberapa perempuan menjadi kesal dan jengkel karena mengganggu penampilannya. 

Kulit dapat berminyak karena disebabkan adanya kelenjar di kulit yang memproduksi sebum berlebih. Nantinya, sebum tersebut akan menyebabkan kulit menjadi berminyak hingga berjerawat lho. 

Nah, ternyata terdapat kebiasaan sehari-hari yang kamu tidak sadari justru dapat membuat kulit kamu semakin berminyak. 

Ada apa saja kebiasaan yang harus kamu hindari? 

Langsung saja simak rangkuman yang telah Popmama.com rangkum berikut ini mengenai 7 kebiasaan sepele yang bikin kulit wajah jadi semakin berminyak. 

Catat dan simak sampai habis ya! 

1. Mencuci muka lebih dari dua kali sehari

1. Mencuci muka lebih dari dua kali sehari
Pexels/Ron Lach

Kalau sebelumnya kamu berpikir dengan membersihkan wajah yang terlalu banyak dapat menghilangkan minyak, kamu harus mulai mengubah pola pikiran tersebut. 

Mengapa? Karena ternyata mencuci wajah dengan intensitas yang sering justru akan menambah produksi minyak berlebih pada wajah lho. Dengan mencuci wajah, kulit akan menjadi lebih kering sehingga secara otomatis kelenjar kulit akan memproduksi sebum.

Pada umumnya, mencuci wajah hanya boleh dilakukan sebanyak 2 kali saja dalam sehari sehingga tidak boleh dilakukan lebih dari 2 kali atau dengan intensitas yang berlebih. 

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, mulai berhenti melakukan kebiasaan yang satu ini. Mencuci wajah yang dianjurkan hanya dilakukan di pagi sebelum beraktivitas dan di malam hari setelah beraktivitas saja ya!

2. Menggunakan produk skincare dan makeup tanpa berlabel oil-free

2. Menggunakan produk skincare makeup tanpa berlabel oil-free
Pexels/Karolina Grabowska

Kebiasaan yang satu ini sering kali dilakukan bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak yaitu menggunakan produk skincare dan makeup yang tidak memiliki label oil-free.

Apa itu arti label oil-free? Bebas minyak bukan berarti tidak mengandung minyak, tetapi produk yang dilabeli oil-free tidak akan menyumbat pori-pori yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. 

Hal ini sama halnya dengan label “non-acnegenic” yang tertera pada produk skincare atau makeup tersebut. 

Nah, mulai sekarang penting untuk memerhatikan sebuah label yang tertera pada produk terlebih dahulu sebelum menggunakan makeup atau skincare terutama bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak ya! 

Editors' Picks

3. Terlalu sering menggunakan kertas minyak

3. Terlalu sering menggunakan kertas minyak
Pexels/puhhha

Walaupun kertas minyak dibuat khusus untuk menghilangkan minyak yang ada di wajah, ternyata kebiasaan menggunakan kertas minyak yang terlalu sering juga bisa menyebabkan kulit kamu semakin berminyak nih. 

Bukannya menyerap minyak yang ada pada kulit wajahmu, kertas minyak malah justru akan menekan minyak yang semakin masuk ke dalam pori-pori wajah. 

Itu mengapa penggunaan kertas minyak harus kamu hilangkan terutama untuk kamu dengan jenis kulit wajah oily

Parahnya lagi, menggunakan kertas minyak bisa memicu wajah kamu jadi berjerawat lho! 

4. Mengabaikan menggunakan pelembab sebelum beraktivitas

4. Mengabaikan menggunakan pelembab sebelum beraktivitas
Pexels/EKATERINA BOLOVTSOVA

Kebiasaan buruk yang suka disepelekan berikutnya yaitu sering melupakan penggunaan pelembap sebelum beraktivitas. 

Mengapa menggunakan pelembab cukup penting sebelum beraktivitas? Ternyata, pelembab wajah bisa membantu kulit jadi lebih terhidrasi dan menyeimbangkan kadar minyak yang berlebih. 

Itu mengapa kamu yang memiliki kulit berminyak disarankan untuk mengurangi kebiasaan buruk tidak menggunakan pelembap saat beraktivitas. 

Penting juga untuk memilih pelembap yang non-comedogenic dan oil-free ya!

5. Stres yang berlebih dapat membuat wajah semakin berminyak hingga berjerawat

5. Stres berlebih dapat membuat wajah semakin berminyak hingga berjerawat
Pexels/Andrea Piacquadio

Kebiasaan yang satu ini sering kali kamu lakukan secara tidak sadar saat beraktivitas yaitu banyak pikiran hingga stres. Jika kamu stress berlebih, ternyata bisa menyebabkan wajah menjadi berminyak lho. 

Hal ini disebabkan karena stres tidak hanya mempengaruhi kesehatan mental dan fisik saja, tetapi bisa juga berdampak kepada kesehatan kulit. 

Ketika kamu sedang stres, tubuh secara otomatis akan menghasilkan jumlah hormon kortisol dengan jumlah yang banyak alias berlebih. Dengan begitu, akan menyebabkan reaksi hormonal yang membuat jerawat semakin bermunculan.

Selain mengakibatkan wajah menjadi jerawatan, hormon tersebut juga dapat memicu produksi minyak pada kulit. 

Maka dari itu, sebaiknya kamu menghindari stres dengan mengontrol diri jika ingin memiliki wajah yang tidak mengeluarkan minyak berlebihan. 

6. Terlalu sering mencoba dan ganti skincare pada wajah

6. Terlalu sering mencoba ganti skincare wajah
Pexels/Pavel Danilyuk

Tidak heran jika banyak beauty enthusiast yang bereksperimen dengan skincare yang baru di tengah maraknya dunia per-skincare-an. Namun, kebiasaan yang satu ini justru bisa mengakibatkan wajah kamu menjadi lebih berminyak lho. 

Alasannya karena mencoba dan mengganti skincare pada wajah bisa merusak skin barrier kamu yang memicu permasalahan kulit wajah terutama minyak yang berlebih. 

Tidak hanya itu, minyak berlebih pada kulit wajah bisa juga diakibatkan karena kandungan dari skincare yang tidak cocok dengan jenis kulitmu.

Maka dari itu, kamu harus mulai menghentikan kebiasaan yang satu ini ya! 

7. Tubuh kurang terhidrasi karena tidak minum cukup air

7. Tubuh kurang terhidrasi karena tidak minum cukup air
Pexels/Daria Shevtsova

Salah satu penyebab wajah kamu menjadi berminyak yaitu karena kurang menghidrasi tubuh akibat minum air dengan intensitas yang sedikit. 

Kebiasaan yang satu ini harus dihindarkan dan diberhentikan karena ketika kamu kekurangan air, tubuh akan segera mengirimkan sinyal kepada kelenjar. Nantinya, akan memicu produksi minyak yang berlebih untuk menyeimbangkan kelembaban kulit sekaligus wajah. 

Hal ini disebabkan karena kelenjar penghasil minyak mencoba untuk melumasi kulit dan menyebabkan kulit menjadi semakin berminyak. 

Jika kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, pastikan untuk minum cukup air di setiap harinya sekitar 8 gelas perhari ya!

Nah, itu dia rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai 7 kebiasaan sepele yang bisa bikin kulit wajah jadi semakin berminyak. 

Sudah tahu kebiasaan apa saja yang bisa bikin wajah kamu jadi berminyak bukan?

Jadi, stop melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk