5 Cara Mengatasi Blackhead pada Wajah

Cek hal-hal berikut ini yuk, Ma

18 Januari 2021

5 Cara Mengatasi Blackhead Wajah
Freepik/katemangostar

Blackhead atau komedo hitam adalah salah satu masalah wajah yang mana kehadirannya seringkali mengganggu.

Berbeda dengan whitehead, blackhead muncul karena kumpulan minyak, sel kulit mati, dan bakteri yang kemudian akan menyumbat pori-pori.

Ketika kotoran tersebut secara perlahan keluar ke permukaan kulit dan kemudian terkena udara sehingga teroksidasi dan berubah menjadi gumpalan hitam.

Cara mengatasi blackhead tentu berbeda dengan whitehead, oleh karena itu Popmama.comtelah merangkum 6 cara mengatasi blackhead. Yuk, disimak!

1. Mencuci wajah setidaknya dua kali sehari

1. Mencuci wajah setidak dua kali sehari
Freepik/Tonefotografia

Mencuci muka adalah hal yang paling dasar untuk dilakukan dalam hal melakukan perawatan kulit wajah.

Tidak hanya sekedar membersihkan, mencuci wajah juga akan membantu mencegah kotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori.

Mencuci wajah secara teratur akan membantu menghilangkan kotoran, minyak, sel kulit mati, bakteri, atau sisa makeup yang tertinggal di wajah.

Mencuci wajah sebanyak dua kali adalah hal umum yang dilakukan oleh banyak orang, namun jika Mama memiliki jenis kulit yang sensitif maka ada baiknya jika mencuci wajah hanya satu kali dalam sehari.

Editors' Picks

2. Membasuh wajah setelah berolahraga

2. Membasuh wajah setelah berolahraga
Freepik/Freepic.diller

Keringat dapat bercampur dengan kotoran dan bakteri dan kemudian akan menyumbat pori-pori Mama. Selain itu sel kulit mati yang diakibatkan oleh keringat yang mengendap akan membuat munculnya blackhead pada kulit.

Karena hal itulah, sangat perlu untuk mencuci wajah setelah melakukan aktivitas berolahraga yang menyebabkan keluarnya keringat berlebih.

Namun, penting untuk tetap mencuci muka secara lembut agar tidak menyebabkan kulit menjadi iritasi karena gosokan yang terlalu kuat. Menggosok wajah terlalu kuat akan memperburuk peradangan dan jerawat.

3. Melakukan eksfoliasi untuk menjaga kebersihan kulit berminyak

3. Melakukan eksfoliasi menjaga kebersihan kulit berminyak
Freepik

Jika membersihkan wajah secara teratur tidak juga cukup untuk menghilangkan blackhead, maka Mama bisa melakukan eksfoliasi pada kulit. Eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati ini dapat menjadi pilihan jika mencuci muka saja tidak cukup.

Mama bisa melakukan eksfoliasi dengan cara yang alami yaitu dengan menggunakan campuran madu dan juga gula.

Atau Mama bisa menggunakan produk masker yang memiliki butiran scrub yang tidak besar agar tidak membuat kulit menjadi iritasi. Lakukan selama 2 kali dalam seminggu untuk menghindari iritasi kulit.

4. Fokus mengatasi blackhead dibandingkan perawatan seluruh wajah

4. Fokus mengatasi blackhead dibandingkan perawatan seluruh wajah
Freepik/drobotdean

Jika memiliki blackhead pada bagian tertentu di wajah seperti pada hidung dan juga dagu, Mama tidak perlu melakukan perawatan ke seluruh kulit wajah. Ada baiknya jika fokus untuk menghilangkan bagian wajah yang terdapat blackhead saja.

Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran bakteri dari daerah yang memiliki blackhead ke daerah wajah yang bersih. Selain menghindari penyebaran bakteri, hal ini juga bermaksud untuk mencegah terjadinya iritasi pada bagian kulit yang lainnya.

5. Menggunakan sunscreen yang bebas minyak setiap hari

5. Menggunakan sunscreen bebas minyak setiap hari
Freepik/nakaridore

Memakai sunscreen adalah salah satu bagian terpenting dari rutinitas perawatan kulit harian Mama karena dapat membantu mencegah kanker kulit dan tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, sinar UV dapat mengeringkan kulit dan memperburuk jerawat.

Karena hal itulah, penting untuk memberikan pelindungan pada wajah untuk menghindari berbagai kerusakan yang mungkin akan terjadi pada wajah. Pilih produk sunscreen yang bebas minyak dan juga non-comedogenic yang dapat menyumbat pori-pori di T-area wajah Mama.

Nah, jadi itu dia beberapa hal yang perlu Mama perhatikan untuk mengatasi blackhead yang ada pada wajah Mama. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.