Kenali Perbedaan Garis Halus dan Kerutan di Wajah

Keduanya berbeda lho, Ma

15 Oktober 2021

Kenali Perbedaan Garis Halus Kerutan Wajah
Freepik

Kulit wajah menjadi area kulit yang seringkali mengalami permasalahan yang beragam sehingga memerlukan perawatan yang lebih untuk membuatnya tetap sehat. Penuaan dini menjadi salah satu permasalahan kulit yang dimiliki oleh banyak orang.

Biasanya kulit yang mengalami penuaan dini ditandai oleh berbagai macam faktor seperti munculnya garis halus dan juga kerutan. Lalu apakah Mama sudah tahu kalau kedua permasalahan kulit tersebut adalah hal yang berbeda?

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 hal yang perlu Mama ketahui mengenai perbedaan kerutan dan garis halus. Yuk, disimak!

1. Apa itu garis halus?

1. Apa itu garis halus
Freepik/katemangostar

Garis halus muncul sebagai tanda awal adanya kerutan pada wajah berbentuk lipatan-lipatan kecil. Biasanya garis halus akan muncul pada bagian dahi, sekitar mata, dan juga mulut karena merupakan daerah wajah yang ekspresif.

Melakukan pergerakan secara berulang pada bagian-bagian tersebut maka secara otomatis kulit otot akan mengencang atau mengendur.

Editors' Picks

2. Penyebab garis halus

2. Penyebab garis halus
Pexels/Andrea Piacquadio

Garis halus dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor eksternal dan juga gaya hidup yang tidak sehat. Garis halus pada wajah juga dipengaruhi oleh kadar mineral yang ada pada tubuh, semakin cukup cairan yang ada dalam tubuh maka sel-sel kulit akan lebih terhidrasi, begitu juga sebaliknya.

Faktor eksternal yang paling umum penyebab munculnya garis halus adalah paparan langsung sinar matahari yang dapat merusak kulit. Kulit akan kehilangan kelembapannya sehingga akan menjadi kering dan memicu munculnya garis halus.

3. Apa itu kerutan?

3. Apa itu kerutan
Pexels/Los Muertos Crew

Berbeda dengan garis halus, kerutan dapat muncul karena faktor bertambahnya usia dan dapat lebih terlihat dibandingkan dengan garis halus. Jika haris halus dapat terlihat saat membuat ekspresi wajah, kerutan dapat terlihat meskipun Mama tidak sedang berekspresi apapun.

Kerutan biasanya akan terlihat jelas pada bagian garis mata dan dahi karena area tersebut yang paling sering membuat ekspresi.

4. Penyebab kerutan

4. Penyebab kerutan
Freepik/Wavebreakmedia

Penyebab munculnya kerutan yang paling utama adalah faktor bertambahnya usia sehingga kulit akan kehilangan elastisitas nya dan membuatnya menjadi kendur. Pada awalnya kerutan muncul karena garis halus yang seiring berjalannya waktu akan berubah menjadi kerutan.

Faktor eksternal kemunculan kerutan adalah radikal bebas yang kemudian akan membahayakan lapisan kulit. Selain itu, paparan sinar UV dapat menyerang bagian luar hingga dalam kulit dan membuat kerutan terlihat semakin jelas.

5. Cara mengatasi garis halus dan kerutan

5. Cara mengatasi garis halus kerutan
Freepik

Tanda penuaan pastinya akan muncul cepat atau lambat, tetapi Mama bisa mengurangi tampilan garis halus dan kerutan dengan melakukan perawatan kulit. Menghidrasi kulit menjadi hal yang sangat penting untung menjaga kulit tetap lembap dengan kadar mineral yang cukup di tubuh.

Selain melakukan perawatan dari dalam, Mama juga bisa melakukan perawatan kulit secara eksternal untuk mengurangi garis halus dan kerutan dengan menggunakan berbagai macam rangkaian skincare, khususnya yang mengandung hyaluronic acid dan retinol.

Hyaluronic acid berfungsi untuk membuat kulit tetap terhidrasi dan juga kenyal, sedangkan retinol dapat berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen dan membantu pergantian sel.

Jadi, Mama perlu mengingat bahwa kedua masala kulit ini adalah hal yang berbeda. Garis halus bisa muncul dengan gerakan wajah yang ekspresif namun hanya berupa garis tipis, sedangkan kerutan muncul karena faktor usia yang juga disebabkan oleh garis halus yang semakin lama berubah menjadi kerutan.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan dari dalam dan luar ya, Ma, agar kulit tetap sehat meskipun sudah bertambah usia.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.