5 Manfaat Tomat untuk Kulit Wajah yang Harus Diketahui

Bisa membuat kulit menjadi lebih cerah

21 Juni 2021

5 Manfaat Tomat Kulit Wajah Harus Diketahui
Freepik/dashu83

Untuk melakukan perawatan kulit, Mama bisa mendapatkan bahan-bahan alami yang berada di sekitar Mama lho, salah satunya adalah tomat. Mudah didapatkan dan disukai oleh banyak orang, tomat memiliki manfaat yang banyak untuk kulit wajah.

Tomat seringkali digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan kulit karena memiliki manfaat yang beragam untuk kulit.

Lalu sebenarnya apa saja manfaat tomat untuk wajah? Yuk, simak 5 manfaat tomat untuk kecantikan kulit wajah yang telah Popmama.com rangkum berikut ini.

1. Mengurangi minyak berlebih

1. Mengurangi minyak berlebih
Freepik/lookstudio

Produksi minyak yang berlebih pada wajah tentunya akan membuat penampilan menjadi berkurang karena wajah yang tampak berminyak. Minyak berlebih pada wajah menjadi masalah utama bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat

Karena tomat memiliki sifat asam alami, maka tomat dapat membantu untuk menyeimbangkan pH kulit dan mengatasi produksi minyak berlebih pada kulit.

Hanya dengan menggosokkan tomat yang telah di potong menjadi dua ke seluruh wajah dapat menyeimbangkan kulit berminyak.

Editors' Picks

2. Menghilangkan kulit mati

2. Menghilangkan kulit mati
mtc-academy.com

Kulit wajah yang kita miliki dapat menyerap kotoran, minyak, dan polusi yang ada di lingkungan sekitar sehingga dapat membuat kulit menjadi tampak kusam. Selain itu, warna kulit wajah tidak akan merata karena kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah.

Enzim yang terkandung dalam tomat dapat membantu untuk mengelupas kulit mati yang ada pada wajah. Mama bisa menjadi tomat sebagai lulur dengan mencampurkan tomat dengan gula pasir.

3. Mengatasi masalah jerawat

3. Mengatasi masalah jerawat
Freepik/diana.grytsku

Jerawat merupakan masalah paling umum yang seringkali di rasakan baik oleh remaja ataupun orang dewasa. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah jerawat, namun yang paling utama adalah mengatasinya dari akar.

Karena tomat memiliki sifat antibakteri, maka akan cocok digunakan untuk mengatasi masalah jerawat dan memperbaiki tingkat pH kulit. Selain itu, kandungan vitamin C dan vitamin A yang ada di dalamnya dapat meminimalisir munculnya jerawat baru.

4. Mencerahkan kulit

4. Mencerahkan kulit
Freepik/diana.grytsku

Mungkin Mama seringkali melihat sheet mask atau produk perawatan pencerah kulit lainnya yang menggunakan tomat sebagai bahan utamanya. Hal ini karena tomat yang memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, dan juga beta karoten yang dapat mencerahkan kulit.

Tak ada lagi warna kulit yang tidak merata dan juga kusam jika Mama menggunakan perawatan kulit yang berbahan dasar tomat. Efek mencerahkan yang diberikan oleh tomat terlihat sangat alami sehingga wajah akan tampak lebih sehat.

5. Menunda munculnya tanda-tanda penuaan

5. Menunda muncul tanda-tanda penuaan
Freepik/diana.grytsku

Hal inilah yang ditakutkan oleh banyak perempuan, munculnya tanda-tanda penuaan. Ditambah lagi jika Mama tinggal di daerah perkotaan yang memiliki tingkat polusi yang tinggi sehingga dapat merusak kesehatan kulit dan menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.

Tingginya jumlah antioksidan yang ada di dalam tomat juga berperan besar untuk memudarkan garis-garis halus dan juga kerutan pada wajah. Selain itu, tomat juga dapat membentuk kolagen dan elastin untuk menjaga elastisitas pada kulit dan membuatnya menjadi lebih halus dan kenyal.

Demikian 5 manfaat tomat yang bisa Mama rasakan untuk membuat kulit menjadi lebih bersinar dan juga terawat. Apakah Mama sudah pernah mencoba perawatan dengan menggunakan tomat?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.