6 Tips dan Trik Menggunakan Makeup bagi Pemula

Langkah yang mudah untuk diikuti

15 Desember 2021

6 Tips Trik Menggunakan Makeup bagi Pemula
Freepik/KamranAydinov

Untuk mendapatkan penampilan yang terlihat menawan, Mama bisa melakukan berbagai macam perawatan kulit dan juga menggunakan makeup. Dalam penggunaan makeup sendiri Mama memerlukan trik khusus agar hasil riasan yang digunakan bisa terlihat bagus dan membuat wajah menjadi flawless.

Namun, tidak semua orang ahli dalam mengaplikasikan makeup di wajah, terlebih lagi bagi para pemula. Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 6 tips dan trik dalam menggunakan makeup bagi pemula untuk membuat hasil riasan tampak sempurna. Yuk, disimak!

1. Menggunakan BB cream sebagai langkah pertama

1. Menggunakan BB cream sebagai langkah pertama
pinterest.com/Makeup Tutorials

Jika Mama baru belajar menggunakan makeup, langkah pertama yang bisa Mama lakukan adalah dengan menggunakan BB cream. Untuk mendapatkan hasil yang terlihat natural, ada baiknya jika menggunakan BB cream karena lebih mudah untuk diratakan pada wajah.

Menggunakan BB cream akan lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan foundation sehingga tidak akan membuat makeup menjadi pecah.

2. Gunakan bedak padat

2. Gunakan bedak padat
Freepik

Untuk mempertahankan base makeup agar tidak mudah luntur, Mama bisa menggunakan bedak padat atau translucent powder. Bedak padat akan cocok untuk Mama yang memiliki jenis kulit berminyak.

Gunakan bedak padat secara tipis-tipis dengan cara menepuk-nepukkan spons secara perlahan agar dapat menyebar dengan rata. Hindari menggosokkan bedak padat karena dapat membuat BB Cream menjadi ikut tersapu.

Editors' Picks

3. Menggunakan eyeshadow dengan warna yang natural

3. Menggunakan eyeshadow warna natural
sassydove.com

Menggunakan warna natural untuk eyeshadow adalah sebuah keharusan yang harus Mama lakukan untuk mendapatkan penampilan yang terlihat lebih segar. Warna natural seperti coklat, pink, orange, atau peach bisa menjadi pilihan.

Mama hanya perlu mengaplikasikan eyeshadow secukupnya untuk membuat mata tampak lebih cantik.

4. Menggunakan eyeliner pensil

4. Menggunakan eyeliner pensil
Pexels/Aleks

Seringkali menggunakan eyeliner menjadi tahap yang paling sulit saat menggunakan makeup, terlebih lagi jika yang digunakan adalah eyeliner cair. Untuk pemula, lebih baik menggunakan eyeliner pensil agar lebih mudah di pakai.

Hanya dengan membentuk garis sepanjang bulu mata secara tipis atau hanya pada bagian ujung mata untuk membentuk garis yang lebih menukik.

5. Blush on dengan rona yang alami

5. Blush on rona alami
Freepik

Jangan sampai melewatkan tahap ini jika Mama ingin membuat wajah tampak memiliki rona alami. Menggunakan blush on akan membantu membuat rona alami yang membuat wajah tampak lebih segar dan juga cerah.

Cukup dengan mengaplikasikan blush on sambil tersenyum, Mama bisa menggunakannya secara diagonal dari pipi ke arah garis rambut dekat telinga. Jangan sampai terlalu tebal ya, Ma!

6. Menggunakan lipstick dengan warna natural

6. Menggunakan lipstick warna natural
Jcomp / Freepik

Sebagai langkah akhir, Mama bisa menggunakan lipstick yang memiliki warna natural seperti pink atau peach. Gunakan lipstick yang sekiranya memang nyaman untuk Mama gunakan dan tidak membuat lipstick menjadi berantakan.

Nah, itulah enam tips menggunakan makeup untuk Mama yang masih pemula dalam dunia rias wajah. Tidak perlu terlalu tebal, Mama bisa menggunakan makeup tipis yang akan membuat penampilan tampak lebih natural.

Jadi, Mama sudah mau mencoba untuk menggunakan makeup?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk