5 Langkah Membuat Floating Eyeliner, Riasan Mata yang Sedang Tren!

Simak tutorialnya dan jangan lupa untuk diaplikasikan, ya!

15 Oktober 2020

5 Langkah Membuat Floating Eyeliner, Riasan Mata Sedang Tren
Pinterest.com

Sudah bosan membuat riasan mata dengan tampilan winged eyeliner? Kalau begitu, yuk tantang dirimu untuk mencoba tren kecantikan yang belum lama ini viral di kalangan beauty enthusiast.

Yap, tren kecantikan tersebut disebut dengan istilah Floating Eyeliner atau Floating Crease, yaitu riasan mata yang menampilkan eyeliner yang mengambang di area crease.

Meski mulai viral kembali di awal tahun 2020, ternyata teknik floating eyeliner ini sebenarnya bukan hal yang baru di dunia kecantikan.

Dilansir dari laman Irish Tatler, ternyata tampilan floating eyeliner sudah dipopulerkan oleh seorang model papan atas Twiggy di tahun 1960-an. Karena tampilannya yang unik, akhirnya floating eyeliner menjadi tren kecantikan di musim panas kala itu.

Berbeda dengan winged eyeliner yang biasanya digambar di garis mata, saat membuat tampilan floating eyeliner, kamu cukup menggoreskan eyeliner dengan berbagai warna pada area crease atau bisa berkreasi membentuk gradasi di area crease tersebut menggunakan eyeshadow.

Bagaimana, tertarik mencobanya? Nah, berikut Popmama.com telah merangkum 5 langkah mudah untuk membuat floating eyeliner. 

1. Gunakan eye primer terlebih dahulu

1. Gunakan eye primer terlebih dahulu
sassydove.com

Meski terkesan sepele, namun sebaiknya jangan lewatkan langkah pertama ini, ya. Untuk membuat tampilan floating eyeliner menjadi lebih maksimal tanpa khawatir kelopak mata berminyak, pemakaian eye primer sangatlah penting.

Selain itu, eye primer juga bisa mendukung warna eyeliner atau eyeshadow menjadi lebih tegas dan tahan lama. 

Editors' Picks

2. Pastikan kamu mengetahui jenis kelopak mata mu

2. Pastikan kamu mengetahui jenis kelopak mata mu
Coffeeandmakeup.com

Mungkin kamu telah meniru gaya floating eyeliner a la seleb atau beauty influencer, namun kecewa karena hasilnya gagal. Eitsss... jangan berkecil hati dulu, ya! Coba lihat bentuk matamu, apakah serupa dengan bentuk mata orang yang menjadi referensi gayamu?

Gaya floating eyeliner ini memang cukup tricky jika kamu memiliki lipatan kelopak mata (crease) yang dalam, seperti tipe hooded eyelids.

Triknya adalah, jangan aplikasikan eyeliner di atas garis lipatan kelopak mata, sehingga saat kamu membuka mata, eyeliner tidak akan ‘tenggelam’ di dalam crease.

3. Tentukan warna untuk kelopak mata

3. Tentukan warna kelopak mata
shopee.com

Untuk menghasilkan floating eyeliner, kamu bisa bebas memilih tanpa menggunakan eyeshadow untuk tampilan natural, atau menggunakan eyeshadow untuk kesan yang lebih bold.

Namun perhatikan, jika ingin mengaplikasikan eyeshadow, kamu yang masih pemula bisa menggunakan warna natural sebagai base untuk kelopak mata. 

4. Pilih eyeliner yang tepat sesuai tampilan yang diinginkan

4. Pilih eyeliner tepat sesuai tampilan diinginkan
sephora.co.id

Teknik floating eyeliner pada umumnya membutuhkan tampilan garis yang presisi, karenanya kamu yang masih pemula bisa memilih eyeliner pensil atau eyeliner cair yang punya aplikator tipis atau berbentuk spidol.

Pemilihan produk eyeliner yang tepat akan memudahkan kamu dalam menggambar eyeliner pada crease. Tak hanya hitam saja, kamu pun bisa berkreasi menggunakan eyeliner dengan berbagai warna, lho! 

5. Gambar eyeliner seperti membentuk winged liner di area crease

5. Gambar eyeliner seperti membentuk winged liner area crease
Pinterest.com

Masuk ke bagian paling penting, kamu harus menentukan area crease yang akan digambar dengan eyeliner. Pulaskan eyeliner di area crease seperti kamu membentuk winged eyeliner di garis mata.

Tak harus membentuk arc, kamu bisa berkreasi membentuk berbagai macam tampilan, yang pasti pulaskan eyeliner tepat pada bagian crease. 

Nah, itulah kelima langkah mudah membuat floating eyeliner. Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba tampilan yang satu ini?

Tak perlu takut gagal, karena berbagai tampilan riasan mata sejatinya bisa didapatkan dengan terus melatih kemampuanmu. Jadi, selamat mencobanya ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.