TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus saat Berpergian

Cara mudah menjaga kesehatan usus saat berpergian jauh!

16 Juni 2022

5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus saat Berpergian
nowpatient.com

Mama mungkin pernah dengar betapa pentingnya menjaga kesehatan usus saat melakukan aktivitas. Memiliki kesehatan usus yang baik, artinya organ-organ saluran pencernaan seperti kerongkongan, lambung, dan usus, bekerja secara efektif untuk mencerna makanan.

Ketika Mama sedang melakukan perjalanan jauh, penting untuk memperhatikan kesehatan usus Ma. Memang, semua orang pernah mengonsumsi makanan terlalu banyak, misalnya makanan olahan.

Pada kasusnya, usus yang tidak sehat juga membuat perut menjadi sakit, kembung, mencret, sembelit, mulas, mual hingga muntah-muntah.

Sehubungan dengan kesehatan usus, kali ini Popmama.com merangkum cara menjaga kesehatan usus yang dilansir dari beberapa sumber. Simak ya Ma!

1. Konsumsi buah-buahan

1. Konsumsi buah-buahan
pixabay.com

Setiap kali Mama berpergian jauh, utamakan konsumsi buah-buahan sebagai sarapan atau camilan. Karena, buah adalah cara yang bagus untuk mikroba usus. Ada beberapa buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk kesehatan usus, mulai dari apel, nanas, buah naga, jeruk, dan lain-lain.

Kandungannya pun juga tak kalah penting untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh. Tentunya, buah juga baik untuk kesehatan usus Ma.

Editors' Picks

2. Konsumsi jus buah

2. Konsumsi jus buah
pixabay.com

Untuk meningkatkan kesehatan usus, Mama bisa konsumsi jus dari buah-buahan. Ada banyak buah yang bisa Mama jadikan jus untuk konsumsi sehari-hari. Dan tak kalah penting, sumber jus buah juga baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya vitamin C.

Tidak hanya itu saja, jus buah juga dikenal dapat bermanfaat untuk menjaga tingkat energi tubuh. Selain rasanya enak dan manis, jus buah juga dapat menghndari Mama dari dehidrasi. 

3. Hindari salad mentah

3. Hindari salad mentah
pixabay.com

Saat berpergian jauh atau melakukan perjalanan, sebaiknya hindari makan salad mentah Ma. Karena salad mentah bisa mengiritasi lapisan usus. Memang tidak ada salahnya makan salad, sebab ada banyak kandungan sumber yang baik untuk kesehatan.

Hanya saja, Mama perlu menghindari sementara waktu untuk kesehatan usus. Dan sebaiknya, perlu mengonsumsi buah-buahan untuk menjaga usus agar bekerja dengan baik. 

4. Batasi makanan karbohidrat

4. Batasi makanan karbohidrat
eatthis.com

Mengonsumsi makanan bersumber karbohidrat memang tidak ada salahnya. Bahkan sumber ini bisa ditemukan lewat ubi jalar, jagung, kentang, singkong, produk makanan dari gandum, hingga permen yang mengandung gula.

Tapi bila ingin menjaga kesehatan usus Mama, sebaiknya batasi asupan karbohidrat saat sedang sarapan pagi. Dan ingatlah, untuk selalu mengonsumsi makanan hanya 80 persen dari total nafsu makan. 

5. Tetap terhidrasi

5. Tetap terhidrasi
unsplash.com

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sangatlah penting. Dan ini berlaku juga untuk kesehatan usus Ma. Maka dari itu, sediakan air kelapa muda untuk dikonsumsi setidaknya dua liter. Pastikan tubuh Mama tetap terhidrasi selama melakukan perjalanan ya.

Pastikan juga Mama juga mengonsumsi air mineral secara konsisten. Mulai dari bangun setelah tidur, minum satu gelas air setengah jam sebelum makan, minum air saat merasa lelah, hingga sebelum atau setelah berolahraga. 

Berikut rangkuman tentang menjaga kesehatan usus. Semoga informasi bermanfaat dan jagalah usus kamu ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk