7 Manfaat Buah Labu, Semua Bagian Termasuk Bijinya Sangat Menyehatkan

Biji labu memiliki segudang manfaat bagi tubuh

16 Oktober 2019

7 Manfaat Buah Labu, Semua Bagian Termasuk Biji Sangat Menyehatkan
Freepik/Nndanko

Buah labu sangat tinggi nutrisi sehingga banyak manfaatnya buah labu biasanya dijadikan bahan tambahan untuk dijadikan olahan makanan maupun minuman, buahnya yang segar bertekstur lembut dan juga kaya sumber protein, zat besi, kalsium dan vitamin B tentu akan membuat badan kita semakin sehat.

Tidak hanya daging buahnya saja yang bisa dikonsumsi biji labu juga bisa dimanfaatkan dan diolah sebagai makanan. Tekstur biji labu sangat berlendir jadi sebelum diolah pastikan dicuci sampai benar-benar bersih ya.

Biji labu juga telah banyak dijual di berbagai toko, namun jika kamu ingin mengolahnya sendiri dirumah juga sangat mudah dan akan lebih baik.

Segudang manfaat yang dihasilkan dari biji labu yaitu untuk menjaga kesehatan tubuh mulai dari memberi manfaat untuk kulit hingga organ dalam tubuh.

Berikut popmama.com rangkum informasi mengenai manfaat biji labu.

1. Bisa menjadi anti inflamasi

1. Bisa menjadi anti inflamasi
Freepik.com

Anti inflamasi adalah obat yang mampu mengurangi peradangan pada sendi, kebanyakan obat anti inflamasi berisiko menghasilkan efek yang negatif. Pada biji labu terdapat asam lemak omega 3, seng, dan fosfor. Kandungan omega 3 telah terbukti bisa mengurangi kekakuan pada sendi dan membuat tulang menjadi kuat.

Biji labu bisa menghilangkan rasa nyeri pada sendi yang meradang, selain itu biji labu sebagai anti inflamasi juga aman dan tidak memberi efek samping apapun pada tubuh.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

2. Mengurangi risiko penyakit jantung
Freepik.com

Biji labu bisa membuat tubuh kamu terhindar dari risiko penyakit jantung, penyebab penyakit jantung diantaranya kolestrol dan tekanan darah yang tinggi. Nutrisi yang dibutuhkan untuk menekan risiko penyakit jantung adalah dengan memperbanyak asupan makanan yang mengandung antioksidan, magnesium, seng dan asam lemak.

Badan yang sehat merupakan impian semua orang, jantung salah satu organ yang paling penting untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat  fungsi jantung yaitu memompa darah keseluruh tubuh. Maka dari itu kita harus memelihara kesehatan jantung kita, salah satu makanan yang mengandung kebutuhan nutrisi jantung yaitu biji labu karena tinggi akan antioksidan, magnesium, seng dan asam lemak.

Di dalam biji labu juga terdapat nitrit oksida yang dapat membantu memperluas pembuluh darah dan mencegah penumpukan plak pada jantung.

3. Terhindar dari risiko diabetes tipe 2

3. Terhindar dari risiko diabetes tipe 2
Pixabay/Myriams-Fotos

Biji labu memiliki nutrisi magnesium yang mampu membuat gula darah kamu menjadi sehat, penderita diabetes mengalami kekurangan magnesium di dalam tubuhnya oleh karena itu kadar glukosanya meningkat dan menghilangkan magnesium dalam urin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengonsumsi biji labu satu porsi sekitar satu ons dapat menurunkan kadar gula darah, bila kamu melakukannya secara rutin maka manfaat tersebut akan kamu rasakan sehingga kamu akan terhindar dari risiko diabetes tipe 2.

Editors' Picks

4. Menurunkan berat badan

4. Menurunkan berat badan
Freepik/Maksymiv_yu

Kamu sedang melakukan diet atau menginginkan berat badan yang ideal, tentu kamu memerlukan nutrisi fosfor karena fosfor membantu menurunkan kalori. Biji labu juga memiliki serat dan vitamin mineral yang sangat membantu memperlancar pencernaan di dalam tubuh.

Biji labu bisa memberi hasil yang signifikan jika kamu mengonsumsi biji labu secara berkelanjutan selama 12 minggu dengan begitu kamu akan melihat perbedaanya. Biji labu juga kaya akan serat bisa membuat tubuh kamu menjadi sehat dan penuh energi.

5. Kecemasan dan depresi berkurang

5. Kecemasan depresi berkurang
Freepik/Katemangost

Selain mengurangi peradangan biji labu bermanfaat untuk menurunkan kecemasan dan meringankan risiko depresi, bila kamu mempunyai gangguan kecemasan atau depresi kamu bisa mengonsumsi biji buah labu ini. Biji labu ini mempengaruhi serotonik di otak oleh karena itu suasana hati kamu akan menjadi stabil dan membuat pola tidur kamu menjadi teratur.

Biji labu juga mengatur keseimbangan elektrolit serta mengelola tekanan darah pada tubuh kamu, saat tubuh kamu menjadi seimbang maka pikiran akan ikut seimbang juga, terhindar dari stres dan kecemasan yang berlebihan.

6. Meningkatkan kesehatan tubuh

6. Meningkatkan kesehatan tubuh
Freepik.com

Radikal bebas sangat berbahaya dan mempengaruhi kesehatan pada tubuh, secara tidak langsung radikal bebas perlahan menyerang tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit. Biji labu adalah sumber antioksidan yang tinggi dan memiliki beta karoten serta vitamin E yang mampu menangkal radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan.

Kerusakan yang disebabkan radikal bebas diantaranya membuat kerusakan pada sel, DNA, infeksi tumor, dan kanker. Hindari radikal bebas dengan memperbanyak konsumsi biji labu agar kesehatan tubuh kamu selalu terjaga.

7. Membantu menigkatkan kualitas sperma

7. Membantu menigkatkan kualitas sperma
Pixabay/Geralt

Kualitas sperma yang menurun disebabkan karena terjadinya kekurangan kadar seng dalam tubuh, banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan laki-laki salah satunya antioksidan dan kadar seng. Keduanya dapat meningkatkan kesehatan testosterone.

Bersama biji labu kualitas sperma menjadi sehat, bagi kamu laki-laki perbanyaklah mengonsumsi biji labu selain membuat sperma menjadi sehat dan berkualitas. Badan kamu juga akan mendapatkan banyak manfaatnya.

Ternyata banyak sekali kebaikan dari mengonsumsi biji labu, jadi tunggu apalagi segera perbanyak konsumsi biji labu ya agar kamu mendapatkan segudang manfaat kesehatan!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!