Kamu Harus Ketahui 13 Manfaat Cokelat yang Baik Bagi Kesehatan

Ayo untuk Para Penggemar Cokelat!

23 September 2021

Kamu Harus Ketahui 13 Manfaat Cokelat Baik Bagi Kesehatan
Freepik

Cokelat merupakan camilan yang disukai oleh kebanyakan orang, karena rasanya yang manis membuat suasana hati menjadi membaik. Tidak hanya itu, ternyata cokelat memiliki kandungan yang menyehatkan bagi tubuh.

Umumnya, banyak sekali produk atau olahan makanan dan minuman yang menggunakan bahan dasar cokelat. Biasanya dapat ditemukan pada es krim, biskuit, permen, dan kue.

Bagi Kamu yang menyukai cokelat, pasti Kamu ingin mengetahui manfaat apa saja yang diberikan cokelat bagi kesehatan tubuh Kamu. Berikut ini terdapat beberapa manfaat cokelat yang perlu diketahui, yaitu:

1. Meningkatkan suasana hati

1. Meningkatkan suasana hati
videohive.net

Manfaat yang satu ini sudah menjadi rahasia umum bagi para pecinta cokelat. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang menunjukan bahwa cokelat dapat menurunkan hormon kortisol yang dihasilkan oleh tubuh ketika seseorang sedang stress.

Selain itu, cokelat akan membantu Kamu meningkatkan suasana hati atau mood dengan merangsang otak untuk melepaskan lebih banyak hormon endorfin dan serotonin, sehingga Kamu akan merasa lebih senang dan bahagia.

2. Menurunkan tekanan darah

2. Menurunkan tekanan darah
Pixabay/rawpixel

Bagi Kamu penderita darah tinggi, Kamu bisa mencoba konsumsi cokelat yang dinilai ampuh dan efektif untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan cokelat memiliki kandungan senyawa yang akan menenangkan saraf seseorang, sehingga tekanan darah akan menurun. Mengonsumsi cokelat hitam secara rutin terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL sebanyak 10%.

3. Membuat seseorang panjang umur

3. Membuat seseorang panjang umur
Freepik

Cokelat memiliki manfaat untuk membuat seseorang panjang umur, karena terdapat kandungan zat yang mampu memperlambat penuaan dini, seperti mengurangi keriput pada wajah dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

4. Mengendalikan nafsu makan

4. Mengendalikan nafsu makan

Terdapat sebuah studi yang menunjukan bahwa memakan cokelat sebelum makan atau sesudah makan dapat membuat Kamu merasa kenyang lebih lama. Hal ini membuat cokelat dapat mengendalikan nafsu makan Kamu agar tetap memiliki berat badan tubuh yang ideal.

5. Memelihara fungsi dan kesehatan otak

5. Memelihara fungsi kesehatan otak
Pixabay/jill111

Cokelat memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, terutama untuk memelihara fungsi dan kesehatan otak. Seperti adanya kandungan flavonoid yang memberikan manfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta kandungan epikatein dapat mencegah penurunan fungsi otak agar Kamu tidak mudah pikun.

Editors' Picks

6. Membantu penderita alzheimer

6. Membantu penderita alzheimer
Pixabay/jhusemannde

Manfaat cokelat yang satu ini dapat ditemukan melalui studi yang menyatakan bahwa cokelat dapat membantu perbaikan sel-sel otak yang rusak akibat penyakit alzheimer, tetapi perbaikan tersebut tidak memberikan efek secara signifikan.

7. Membantu mengurangi komplikasi pada kehamilan

7. Membantu mengurangi komplikasi kehamilan
Unsplash/Juan Encalada

Sebuah penelitian menjelaskan mengenai seorang ibu hamil yang mengonsumsi cokelat sebanyak 30 gram sehari dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin. 

Teobromin yang terdapat dalam cokelat juga dapat menurunkan risiko terjadinya preeklampsia selama masa kehamilan, karena cokelat dapat membantu merangsang jantung dan melebarkan pembuluh darah arteri.

8. Meningkatkan memori otak

8. Meningkatkan memori otak
Pexels/Lisa Fotios

Terdapat penelitian yang menjelaskan bahwa lansia yang diberikan esktrak kokoa yang memiliki kandungan flavonoid akan mengalami peningkatan kognitif dengan cara adanya peningkatan peredaran darah. Kandungan kafein dan teobromin juga dianggap dapat meningkatkan memori otak.

9. Menghindarkan kamu dari kemungkinan serangan jantung

9. Menghindarkan kamu dari kemungkinan serangan jantung
Pexels/Puwadon Sang-ngern

Seorang peneliti melakukan riset terhadap keefektifan cokelat terhadap penurunan risiko serangan jantung yang hasilnya mencapai 50%. Hal ini dikarenakan adanya pembekuan trombosit yang melambat jika seseorang memakan cokelat hitam secara teratur dan tidak berlebihan.

10. Obat anti stress dan depresi

10. Obat anti stress depresi
Free

Cokelat memang berperan seperti serotonin yang dapat berperan sebagai obat anti stress dan depresi, karena cokelat dapat mengatur tingkat emosi seseorang menjadi lebih tenang dan mengurangi risiko terkena sress dan depresi.

11.Memberikan dampak yang baik bagi mama dan janin

11.Memberikan dampak baik bagi mama janin
Freepik/bristekjegor

Selama masa kehamilan, ibu hamil pasti mengalami beberapa hal yang tidak menyenangkan dan membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman, hal ini bisa menyebabkan ibu hamil menjadi stress. Di Finlandia, terdapat penelitian bahwa mengonsumsi cokelat beberapa gram dapat membantu penurunan risiko stress bagi ibu hamil dan janin.

12. Melembabkan kulit

12. Melembabkan kulit
Pexels/Andrea Piacquadio

Selain dimakan sebagai camilan, cokelat bisa digunakan sebagai masker sebagai perawatan kulit agar terlihat lebih sehat. Kandungan vitamin E dalam cokelat dapat merawat kulit Kamu dengan memberikan kelembapan dan elastisitas kulit, serta menghalangi proses penuaan dini.

13. Mengatasi diare

13. Mengatasi diare
Womandays.com

Jika Kamu mengalami diare, pastinya akan sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu manfaat cokelat yaitu mengatasi diare, karena cokelat memiliki kandungan flavonoid yang dapat membantu dalam mengikat protein, sehingga dapat membantu proses penyembuhan.

Itulah ulasan mengenai manfaat cokelat yang memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh, perlu diingat untuk memakan cokelat secara rutin dan tidak berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh Kamu. Bagaimana menurut Kamu mengenai manfaat cokelat?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.