5 Manfaat Baca Buku untuk Kesehatan Otak

Ternyata penting untuk memiliki kebiasaan membaca buku karena baik untuk kesehatan otak

6 April 2021

5 Manfaat Baca Buku Kesehatan Otak
Pixabay/StockSnap

Otak merupakan salah satu organ terpenting dalam sistem tubuh manusia. Otak menjadi pengendali utama dari seluruh aktivitas yang terjadi di dalam tubuh. Otak yang menjaga setiap organ tubuh dapat berfungsi dengan seharusnya. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kondisi kesehatan otak.

Untuk menjaga otak bisa berfungsi dengan baik, otak memerlukan nutrisi. Nutrisi yang diperlukan oleh otak ternyata tidak hanya berupa makanan yang sehat saja. Ada nutrisi utama lainnya yang sangat dibutuhkan oleh otak, yaitu pengetahuan.

Otak juga perlu diasah layaknya pisau. Jika tidak digunakan dengan benar maka ia akan tumpul. Maka dari itu, salah satu cara agar otak tetap bisa bekerja dengan baik maka sangat penting untuk rajin membaca buku.

Dalam berbagai macam penelitian, membaca buku sangat baik untuk otak. Bahkan, orang-orang yang sukses dan sehat biasanya memiliki kebiasaan membaca buku. Keseharian mereka sangat dekat dengan buku-buku.

Sayangnya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat peminatan buku yang sangat rendah. Coba tanyakan kepada diri Mama sendiri, kapan terakhir membaca buku? Berapa banyak buku yang dibaca dalam waktu sebulan? Kalau Mama termasuk salah satu yang suka membaca maka hal tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan otak.

Tapi kalau masih jarang membaca buku, ada baiknya simak penjelasan Popmama.com yang satu ini terkait alasan mengapa membaca buku sangat baik untuk otak.

1. Mencegah diri dari penyakit Alzheimer

1. Mencegah diri dari penyakit Alzheimer
Pexels/Matthias zomer

Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami penurunan kemampuan kognitif yang dapat memengaruhi kondisi mental dan sosial seseorang. Biasanya, penyakit ini dialami oleh orang yang sudah lanjut usia.

Salah satu alasan mengapa membaca buku sangat baik untuk otak karena kebiasaan ini bisa mencegah seseorang mengalami penyakit Alzheimer ini.

Bahkan pada sebuah kasus, seseorang  yang telah terkena penyakit ini, aktivitas membaca buku dilakukan di sela-sela pengobatan pada untuk memperlambat menurunnya kemampuan daya ingat.

Editors' Picks

2. Meningkatkan kemampuan konsentrasi

2. Meningkatkan kemampuan konsentrasi
Freepik

Alasan lain mengapa membaca buku sangat baik untuk otak adalah dapat meningkatkan konsentrasi. Membaca buku dapat melatih kita untuk tetap fokus dengan apa yang sedang kita lakukan. Sebab, saat membaca buku kita cenderung seolah-olah memasuki ruang yang ada di dalam buku. Otak akan berusaha membuat kita harus berkonsentrasi untuk dapat memahami isi buku.

3. Mempertajam daya ingat

3. Mempertajam daya ingat
Freepik/diana.grytsku

Saat membaca buku, sel-sel memori yang ada di dalam otak akan saling terhubung satu sama lain. Terhubungnya sel-sel otak ini akan membuat aliran darah meningkat sehingga kemampuan otak dalam menyimpan memori menjadi meningkat. Hal ini juga yang menjadikan alasan mengapa membaca buku sangat baik untuk otak.

Selain itu, pada saat membaca otak akan mengatur penglihatan dan kemampuan pemahaman bahasa untuk bekerja sama agar bisa memahami dan mengingat. Otak akan memproses tulisan menjadi sebuah gambar atau ucapan pada saat membaca. Dengan cara inilah otak akan mengumpulkan seluruh ingatan untuk menerjemahkan gambar dan ucapan yang terbentuk di otak agar bisa dipahami.

4. Mengurangi risiko stres dan depresi

4. Mengurangi risiko stres depresi
Freepik/diana.grytsku

Mampu mengurangi risiko stres dan depresi juga menjadi alasan mengapa membaca buku sangat baik untuk otak. Membaca buku dapat menenangkan otak saat sedang berada di situasi penuh tekanan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mindlab International di University of Sussex pada tahun 2009 menunjukkan bahwa tingkat stres seseorang bisa turun hingga 68% hanya dengan membaca buku selama 6 menit. Membaca buku dinilai lebih efektif dibandingkan aktivitas lainnya seperti mendengarkan musik dan berjalan kaki.

5. Meningkatkan kemampuan komunikasi

5. Meningkatkan kemampuan komunikasi
Pexels/Breakingpic

Kemampuan berkomunikasi sangat dipengaruhi oleh kondisi otak. Saat berkomunikasi dengan orang lain tentu kita akan melibatkan otak agar bisa memberikan respon yang baik. Oleh sebab itu, otak harus dirangsang dengan input yang baik.

Agar otak mendapatkan input yang baik, ada baiknya untuk membiasakan membaca buku. Membaca buku akan meningkatkan kemampuan komunikasi di dalam otak. Sebab otak akan merekam informasi. Semakin banyak buku yang dibaca maka akan semakin banyak informasi yang terekam di dalam otak.

Itulah beberapa alasan mengapa membaca buku sangat baik untuk otak. Ternyata membaca buku bisa meningkatkan kualitas hidup. Bahkan, manfaatnya bisa dirasakan di hari tua agar terhindar dari kepikunan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.