7 Makanan yang Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kamu penderita darah tinggi? coba Konsumsi makanan berikut ini!

29 Juli 2019

7 Makanan Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Freepik/Nensuria

Tekanan darah tinggi mengacu pada tekanan darah terhadap dinding arteri. Seiring waktu tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan dan akhirnya menyebabkan penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke, dan masalah lainnya.

Hipertensikadang disebut sebagai silent killer karena tidak menunjukkan gejala, terkadang tidak diobati selama bertahun-tahun namun ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

Banyak faktor risiko tekanan darah tinggi di luar kendali kamu seperti beberapa hal berikut ini:

  • Usia,
  • riwayat keluarga,
  • jenis kelamin,
  • ras.

Tetapi ada juga faktor yang bisa dikendalikan, seperti olahraga dan makanan. Makanan yang dapat membantu mengontrol tekanan darah adalah potasium, magnesium, serat.. 

Berikut popmama.comrangkum informasi makanan mana yang dapat membantu kamu melawan hipertensi.

1. Buah berry

1. Buah berry
Pixabay/1195798

Buah berry terutama blueberry, kaya akan senyawa alami yang disebut flavonoid. Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi senyawa ini dapat mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah.

Buah yang termasuk kelompok berry yaitu, blueberry, raspberry, dan stroberi mudah didapatkan selain itu buah-buahan ini bisa melengkapi diet kamu. 

Kamu bisa menggunakan buah ini untuk ditambahkan pada sereal atau granola di pagi hari atau menyimpan buah ini secara beku untuk dijadikan hidangan penutup yang cepat dan sehat. 

Baca juga:

2. Susu skim

2. Susu skim
Freepik/Vasiliybudarin

Susu skim adalah sumber kalsium yang sangat baik dan rendah lemak, ini merupakan nutrisi penting untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita tekanan darah tinggi. Menurut American Heart Association, perempuan yang mengonsumsi lima porsi susu skim atau lebih dalam seminggu mengalami penurunan 20 persen risiko terkena tekanan darah tinggi.

Baca juga: Ini Dia Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil dengan Hipertensi

Editors' Picks

4. Mengonsumsi Ikan

4. Mengonsumsi Ikan
Pixabay/Robert-Owen-Wahl

Ikan adalah sumber protein ikan berlemak seperti itenggiri, kembung dan salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan trigliserida. Selain sumber ikan ini, jenis ikan air tawar juga mengandung vitamin D.

Makanan jarang mengandung vitamin D, dan vitamin seperti hormon ini memiliki sifat yang dapat menurunkan tekanan darah.

Salah satu kemudahan megonsumsi ikan adalah mudah dibumbui dan dimasa, untuk mencobanya letakkan fillet salmon di kertas perkamen dan bumbui dengan bumbu, lemon, dan minyak zaitun. Panggang ikan dalam oven yang dipanaskan pada suhu 450° F selama 12-15 menit.                                   

Baca juga:

3. Dark chocolate

3. Dark chocolate
Freepik/Vectorpocket

Sebuah studi 2015 menemukan bahwa makan dark chocolate atau cokelat hitam dikaitkan dengan risiko lebih rendah untuk kardiovaskular (CVD), kardiovaskular merupakan penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

Studi ini menunjukkan bahwa hingga 100 gram cokelat hitam per hari dapat dimenurunkan risiko CVD.

Cokelat hitam mengandung lebih dari 60 persen kakao padat dan memiliki lebih sedikit gula daripada cokelat biasa. Kamu dapat menambahkan cokelat hitam ke yogurt atau memakannya dengan buah-buahan, seperti stroberi, blueberry, atau raspberry, sebagai makanan penutup yang sehat.

Baca juga: 8 Manfaat Konsumsi Cokelat Hitam untuk Kesehatan

5. Sayuran Hijau

5. Sayuran Hijau
Pixabay/Marijana1

Kalium membantu ginjal kamu menyingkirkan lebih banyak natrium melalui ekskresi urin, sehingga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah kamu.

Sayuran hijau yang tinggi kalium dan bisa jadi menu sehari-hari antara lain:

  • Selada romaine,
  • arugula,
  • kubis,
  • lobak hijau,
  • sawi,
  • bayam,
  • bit hijau.

Semua yang disebutkan itu adalah sayur-mayur yang dapat menurunkan tekanan darah kamu.

Sayuran beku mengandung nutrisi sebanyak sayuran segar dan lebih mudah disimpan, kamu juga bisa mencampurkan sayuran ini dengan pisang dan susu kacang untuk membuat jus hijau yang sehat dan manis.

Hindari sayuran berbentuk kaleng karena biasanya sayuran tersebut sudah ditambahkan natrium.

Baca juga:

6. Yogurt

6. Yogurt
Freepik/Nensuria

Kamu juga dapat memilih yogurt jika tidak menyukai susu, yogurt memiliki rasa asam, manis yang menyegarkan dan enak untuk dikonsumsi sebagai pengganti camilan yang tidak sehat.

Cobalah memasukkan granola, irisan almond, dan buah-buahan ke dalam yogurt kamu untuk mendapatkan manfaat jantung yang sehat.

Saat membeli yogurt pastikan untuk memeriksa tambahan gula semakin rendah jumlah gula per sajian, semakin baik kandungannya untuk dikonsumsi.

7. Buah pisang

7. Buah pisang
Freepik

Makan-makanan yang kaya kalium lebih baik daripada mengonsumsi suplemen, Kalium menurunkan tekanan darah pada tubuh, salah satu buah yang mengandung kalium adalah pisang. Iris pisang menjadi sereal atau oatmeal untuk mengisi nutrisi kalium pada tubuh.

Pisang mempunyai rasa yang manis dan legit dan sangat enak untuk dikonsumsi, selain itu pisang juga memberi kenyang lebih lama jadi sangat bagus untuk kamu yang sedang melakukan diet.

Banyak cara untuk menurunkan tekanan darah di tubuh kamu, rajinlah untuk mengonsumsi makanan diatas ya karena akan membantu kamu untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang kamu derita selain itu banyak manfaat yang akan kamu rasakan juga, selamat mencobanya ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk