9 Manfaat Kandungan Vitamin pada Buah Anggur yang Harus Kamu Ketahui

Banyak Manfaat pada Buah Anggur yang Mama Harus Ketahui!

19 September 2021

9 Manfaat Kandungan Vitamin Buah Anggur Harus Kamu Ketahui
Pexels/Kai-Chieh Chan

Buah anggur merupakan salah satu buah yang digemari oleh banyak orang. Sudah menjadi rahasia umum bahwa anggur memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, karena memiliki banyak kandungan vitamin.

Seperti kandungan vitamin C sebanyak 4,83 mg dan vitamin B9 sebanyak 3,02 mcg di dalam buah anggur, serta kandungan vitamin lainnya yakni vitamin A, B1, B2, B3, B6, dan E. Selain itu, terdapat kandungan protein, karbohidrat, serat, dan kalori dalam buah anggur.

Dalam ulasan ini kami akan membahas tentang manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Melindungi Sel Tubuh dari Radikal Bebas

1. Melindungi Sel Tubuh dari Radikal Bebas
Pixabay/Bru-nO

Radikal bebas terbentuk dari adanya polusi udara yang dapat menyebabkan orang merasa stress, serta memicu berbagai penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Antioksidan dapat membantu tubuh untuk memperbaiki kerusakan sel yang diakibat oleh radikal bebas. Buah anggur memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, terutama di kulit dan bijinya.

Berdasarkan berbagai penelitian terhadap buah anggur, jika Kamu mengonsumsinya secara rutin, maka dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. 

2. Menjaga Berat Badan

2. Menjaga Berat Badan
Dok. Jovee

Selanjutnya, buah anggur dapat memberikan manfaat bagi Kamu yang sedang menjalani diet. Sebab buah anggur dapat mendukung penurunan berat badan dengan cara membuat Kamu merasa kenyang lebih lama, karena serat dalam buah anggur akan dicerna lebih lama.

Tetapi, Kamu bisa mengonsumsi buah anggur dengan sewajarnya saja. Jika bisa, Kamu juga dapat mengimbangi asupan nutrisi dari buah atau sayuran lainnya.

3. Memperlambat Kemunculan Tanda-Tanda Penuaan

3. Memperlambat Kemunculan Tanda-Tanda Penuaan
Freepik/Jcomp

Bagi Kamu yang merasa sudah terlihat tanda-tanda penuaan di sekitar wajah, Kamu bisa mulai memakan buah anggur secara rutin agar dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan tersebut.

Diketahui bahwa buah anggur ini memiliki kandungan resveratrol yang dapat membantu seseorang dalam mencegah penyakit degeneratif, membantu sel dapat hidup lebih lama, dan membuat gen panjang usia menjadi aktif.

Editors' Picks

4. Menjaga Saraf Otak

4. Menjaga Saraf Otak
Pixabay/JosepMonter

Buah anggur yang kaya akan kandungan antioksidan dapat memberikan manfaat dalam mencegah stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dan memberikan dampak buruk pada saraf otak.

Jika Kamu rutin memakan buah anggur, Kamu juga dapat merasakan manfaat lainnya seperti mengatasi gangguan saraf seperti penyakit alzheimer, meningkatkan kinerja memori verbal Kamu, dan meningkatkan fungsi motorik.

5. Meredakan Gejala Alergi dan Peradangan

5. Meredakan Gejala Alergi Peradangan
Pexels/Luiz M Santos

Pasti banyak dari kita yang pernah mengalami gejala alergi atau peradangan yang disebabkan oleh suatu hal berbahaya, misalnya saja disebabkan oleh stres, infeksi bakteri dan virus, dan bahan kimia yang beracun.

Jika Kamu memiliki gejala alergi dan peradangan, Kamu bisa mulai memakan buah anggur secara rutin. Sebab buah anggur mengandung sifat antiradang dan antihistamin yang mampu melawan gejala alergi dan peradangan.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Unsplash/Zac Durant

Dengan kandungan antioksidan di dalam buah anggur, maka dapat terjaga daya tahan tubuh Kamu. Sebab buah anggur dapat berperan untuk menjaga tubuh Kamu dari serangan bakteri, virus, jamur tertentu agar tetap sehat. 

Selain itu, buah anggur juga dapat melindungi fungsi sel yang memberikan tunjangan pada daya tahan tubuh. Terdapat beberapa penelitian yang menunjukan bahwa anggur dapat melawan gejala flu, cacar air, dan menjaga perkembangan bakteri E.Coli.

7. Membantu Menyehatkan Mata

7. Membantu Menyehatkan Mata
pixabay.com/stocksnap

Jika Kamu selalu menatap layar handphone atau laptop setiap hari, Kamu harus mulai pertimbangkan untuk mengonsumsi buah anggur secara rutin. Manfaat dari buah anggur salah satunya yaitu dapat membantu menyehatkan mata Kamu.

Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan nutrisi dalam buah anggur yang dapat memberikan kesehatan mata secara menyeluruh. Serta buah anggur bisa menurunkan risiko kebutaan dan terhindar dari katarak.

Selain nutrisi dari anggur, kandungan seperti antioksidan lutein dan zeaxanthin dapat melindungi mata Kamu dari radiasi yang terpancar dari layar gadget.

8. Mencegah Risiko Penyakit Kanker

8. Mencegah Risiko Penyakit Kanker
Pexels/Klaus Nielsen

Selain mengonsumsi daging buah anggur, Kamu bisa mengonsumsi biji dan kulit anggur yang bermanfaat bagi tubuh Kamu. Pasalnya, biji dan kulit dari buah ini dapat membantu dalam memperlambat atau mencegah perkembangan berbagai sel kanker.

Kanker tersebut seperti kanker mulut, paru-paru, usus besar, pankreas, esofagus, dan endometrium.

9. Meningkatkan Daya Ingat, Suasana Hati, dan Fokus

9. Meningkatkan Daya Ingat, Suasana Hati, Fokus
Freepik

Jika Anda fokus mengonsumsi buah anggur, maka dapat membantu Kamu dalam meningkatkan daya ingat dan fokus Kamu dalam mengerjakan sesuatu. Serta buah anggur juga berpotensi untuk membantu Kamu dalam meningkatkan suasana hati.

Sekian ulasan mengenai manfaat buah anggur yang dihasilkan dari kandungan vitamin, protein, antioksidan, dan lain lain yang baik bagi kesehatan tubuh Kamu. Bagaimana menurut Kamu mengenai manfaat dari buah anggur?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.